11 Text Editor Terbaik
TEKNOLOGI

Macam Macam Text Editor

Macam Macam Text Editor – Bagi para programmer text editor adalah sebuah senjata utama yang digunakan dalam mengetik kode-kode pemrograman.

Banyak sekali kode-kode dalam bahasa pemrograman seperti Java, Python, bahasa C, C++, HTML, dan bahasa pemrograman lainnya yang harus ditulis untuk membuat sebuah project. Untuk itu text editor menjadi software yang sangat dibutuhkan untuk menulis kode-kode tersebut.

Selain itu, text editor juga bisa digunakan untuk menulis text selain kode-kode pemrograman seperti halnya notepad.

Banyak sekali software text editor dari yang sederhana sampai yang kompleks (memiliki banyak fitur untuk membantu koding). Disini kita tidak akan membahas semua text editor, melainkan hanya beberapa saja.

11 Macam Text Editor Terbaik Yang Sering Digunakan

Berikut ada 10 text editor populer, terbaik dan juga yang sering digunakan dari banyaknya text editor yang ada.

1. Notepad & Notepad++

macam macam text editor

Seperti yang kita ketahui notepad merupakan aplikasi/software windows yang sering kita gunakan untuk mngetik catatan list atau catatan ringan. Tapi kegunaan lain dari notepad yaitu bisa digunakan sebagai text editor untuk menulis kode-kode pemrograman.

Selain itu ada dua versi notepad yaitu Notepad dan Notepad++, notepad++ merupakan pengembangan dari notepad biasa dimana kedua text editor tersebut bisa kita jalankan di Windows.

Adapun perbedaan dari keduanya yaitu Notepad ++ memiliki banyak fitur dibandingkan Notepad biasa seperti auto-complication, shortcut customization, macro recording, text-shortening, dan fitur-fitur lainnya.

Selain itu perbedaan tampilan dari keduanya yaitu pada notepad++ tampilan menu yang banyak pilihan serta icon-icon, sedangkan pada notepad biasa memiliki tampilan dengan beberapa menu dengan latar putih yang simpel.

Dari kekurangan dan kelebihan dari kedua text editor tesebut, keduanya termasuk text editor yang paling ringan dari banyaknya text editor yang ada. Bukan hanya ringan notepad/notepad++ juga bisa digunakan secara gratis.

Untuk kalian yang ingin mencoba notepad++ bisa mengunjungi web resminya di www.notepad-plus-plus.org

Baca Juga: Pengertian, Fungsi, dan Jenis Jenis Sensor Proximity

2. Sublime-Text

sublime

Salah satu text editor yang memiliki tampilan yang dinamis yang bisa kita ubah dengan beberapa tema pilihan. Selain itu text editor ini juga mendukung di berbagai operasi sistem seperti Windows, Linux, dan Mac. Jadi tidak usah khawatir jika kalian menggunakan beberapa sistem operasi yang berbeda.

Bagi pengguna linux sublime-text termasuk software yang banyak digunakan, karena karena sublime-text paling kompatibel dengan Linux. Bukan hanya itu Sublime-text di operasi sistem linux memliliki performa yang lebih baik, seperti fungsi pencariannya.

Keunggulan dari sublime-text diantaranya:

  • cepat,
  • gratis,
  • repository plugin,
  • bisa digunakan pada perangkat yang resource yang kecil,
  • bisa menginstall plugin dngan resource yang cukup.
  • dan lainnya.

Sublime-text tersedia dua versi yaitu gratis, dan berbayar. Kita bisa menggunakan secara gratis, tapi untuk lebih powerful lagi kita bisa membeli fitur premium dengan biaya $70 untuk lisensi permanen.

Kunjungi web resminya di www.sublimetext.com untuk mendownload sofwarenya.

3. Coda

coda

Coda merupakan salah satu text editor berbayar yang hanya bisa dijalankan di satu platform operasi sistem yaitu MacOS.

Meskipun berbayar Coda termasuk text editor yang memiliki tampilan / interface yang paling baik, sehingga developmentnya selalu rutin dalam memperbaharui tampilannya.

Kelebihan dari Coda yaitu repository plugin, yang mana fitur ini merupakan fitur yang cukup terkenal oleh penggunanya. Fitur-fitur lain yang dimiliki Coda seperti: Code higlight, auto-complete, dan fitur lainnya.

Harga untuk lisensi coda sekitar $99 selain itu kita akan mendapatkan ebook gratis dari setiap pembelian, dukungan pelanggan dan dukungan lainnya.

Kunjungi web resmi coda di www.panic.com/coda/ untuk membeli softwarenya.

4. BBEdit

macam macam text editor

Seperti halnya coda, BBEdit merupakan text editor berbayar yang hanya bisa digunakan di satu platform OS yaitu Macintosh. Meskipun berbayar text editor ini tidak akan mengecewakan para penggunanya, karena fitur-fitur yang disediakan cukup canggih.

Selain fitur-fitur yang baik tampilan dari BBEdit juga memilikisangat friendly, dan juga fitur unggulan dari text editor berbayar ini adalah terintegrasi dengan git dan juga memiliki fitur auto-completion.

Bagi kalian pengguna Mac yang ingin menceobanya, bisa kunjungi web resminya di www.barebones.com/bbedit/

5. Atom

atom
macam macam text editor

Atom merupakan salah satu text editor terbaik, bukan hanya itu Atom juga merupakan text editor yang open source yang bisa kalian gunakan secara gratis. Banyak para programmer yang menggunakan text editor yang satu ini karena banyak kelebihannya.

Untuk tanpilannya sendiri, Atom memiliki interface yang bagus tidak kalah elegan dengan sublime text. Selain itu text editor ini juga mendukung banyak bahasa, fitur-fitur tambahan, dan kita juga bisa menambahkan beberapa plugin.

Fitur-fitur text editor Atom diantaranya: fuzzy finder, fast project-wide, teknologi web based, textmate grammers, file system browser, dan juga terintegrasi dengan node.js.

Masih banyak lagi fitur-fitur yang disediakan oleh Atom yang tidak kalah dengan text editor lainnya. Karena banyaknya fitur yang disediakan resource yang digunakan juga cukup besar dibandingkan text editor lainnya.

Kalian bisa ngunjungi web resminya di www.atom.io/ untuk mencoba text editor yang satu ini.

6. Brackets

macam macam text editor

Bagi kalian yang berkecimpung di dunia web programming, Brackets merupakan text editor terbaik yang dikhususkan untuk web programing/ desainer web yang wajib kalian coba.

Brackets juga mendukung berbagai platform yang bisa dijalankan di berbagai operasi sistem seperti MacOS, Windows, dan juga Linux.

Meliliki tampilan yang friendly dan juga bersih, Brakets juga membawa banyak fitur-fitur yang menarik seperti keyboards shortcut, no-distraction mode, highlighting, split screen, editor inline dan fitur lainnya.

Selain itu fitur unggulan Brackets seperti Live preview yang mana kita bisa melihat secara langsung hasil koding HTML/CSS dengan web browser defaultnya.

Jangan khawatir text editor ini merupakan software open source yang bisa kalian gunakan secara gratis. Kalian bisa mengunjungi web resminya di www.brackets.io untuk file instalasinya.

7. Vim

vim

Vim merupakan text editor yang dikenalkan ke publik pada tahun 1991, salah satu text editor yang cukup tua namun masih eksis hingga sekarang.

Vim juga termasuk text editor yang stabil dan sudah terintegrasi dengan tools terbaru. Tampilan text editor ini menggunakan CLI (command line interface) dimana kita bisa menggunakan perintah “vim” pada Terminal ataupun CMD di windows.

Keunggulan dan juga fitur-fitur yang disediakan oleh Vim diantaranya: mendukung banyak bahasa pemrograman, dan juga catatan riwayat edit.

Para pengguna Linux pasti sudah tidak asing dengan text editor Vim, karena Vim termasuk software bawaan Linux. Vim juga tersedian untuk platform OS lain seperti MacOs, Windows, ataupun lainnya.

Kalian bisa mengunduh file instalasinya di web reminya www.vim.org/, selamat mencoba!!

Baca Juga: 8 Jenis Tata letak / Layout Pada Keyboard

8. Bluefish

bluefish

Bluefish merukpakan salah satu text editor yang banyak digunakan oleh para pemrograman karena sangat ringan dan bisa digunakan diberbagai platform seperti: Linux, Windows, dan juga MacOS.

Bluefish mampu menangani ukuran file yang cukup besar dan juga bisa menjaga kecepatan pemrosesannya secara stabil. Fitur-fitur lain yang disediakan bluefish diantaranya: pencarian, tabel, format baris kode, dan lainnya.

Kunjungi web resmi bluefish di www.bluefish.openoffice.nl/ untuk file instalasi dan informasi lainnya.

9. Visual Studio Code

Visual studio code
macam macam text editor

Visual code studio atau yang sering disingkat VSC merupakan text editor yang paling populer saat ini, yang digunakan oleh para programer karena gratis, fitur yang powerful, dan juga tampilan khas yang friendly.

Visual Studio Code juga tesedia untuk berbagai platform operasi sistem seperti Windows, MacOS, dan Linux.

Banyak sekali fitur-fitur yang ditawarkan oleh text editor satu ini mulai dari menu navigasi khasnya, keyboard shortcut, terintegrasi dengan Git, debugging checker, dan masih banyak fitur-fitur lainnya.

Kalian bisa mengenal lebih tentang Visual Studio Code di web resminya www.code.visualstudio.com/ mengenai informasi API, dokumentasi, extensi, update, dan lainnya.

10. Ultra Edit

ultraedit
macam macam text editor

Ultra editor merupakan text editor berbayar yang bisa kalian install di Windows, MacOS, dan juga Linux, namun jangan khawatir kalian bisa mencoba secara gratis dengan durasi 30 hari.

Meskipun berbayar Ultra Edit memiliki keunggulan lebih dan juga fitur-fitur pemrograman yang handal seperti: autocomplete, add ons, template, debugging, shortcut, live preview, dan lainnya.

Kalian bisa kunjungi web resminya di www.ultraedit.com untuk download dan informasi lainnya.

11. Komodo Edit

macam macam text editor

Komodo edit merupakan text editor yang open source yang bisa kita gunakan di operasi sistem Windows, Linux, maupun MacOS. Memiliki fitur yang tidak kalah baik dibandingkan text editor populer lainnya.

Komodo edit memiliki tampilan yang cukup mirip dengan Sublime text dengan tampilan yang sederhana dan juga ringan. Selain itukomodo edit memiliki banyak dukungan bahasa pemrograman seperti: HTML, CSS, SQL, Python, Ruby, PHP, dan lainnya.

Kalian bisa mencoba software ini di web resmi GitHub https://github.com/Komodo/KomodoEdit untuk mengunduh file instalasinya.

Selamat mecoba text editor diatas semoga, artikel diatas bermanfaat bagi kalian, Terimakasih.

2 Replies to Macam Macam Text Editor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: