TEKNOLOGI

7 Manfaat Aplikasi Pengolah Kata Lengkap dengan Penjelasannya

Sebagian besar pekerja di balik komputer tentunya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi pengolah kata, mengingat setiap hari hampir selalu menggunakannya. Aplikasi satu ini memang membantu banyak orang dalam berbagai macam aspek, terutama dalam membuat dan mengedit dokumen.

Adanya aplikasi ini akan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah, cepat, dan tentunya praktis. Setiap orang tentu memiliki kenyamanan sendiri dalam memilih dan menggunakan program pengolah kata. Tidak mengherankan jika aplikasi ini tersedia dalam berbagai macam jenis.

Pengertian Aplikasi pengolah kata

Pengertian Aplikasi pengolah kata
Source: Pixabay

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memang dikhususkan untuk mengolah kata. Adapun mengolah kata yang dimaksud adalah dalam hal membuat tulisan, editing, hingga proses mencetak tulisan tersebut. Proses mencetaknya tentu membutuhkan alat tambahan, yaitu printer.

Hingga saat ini sudah ada berbagai macam program pengolah kata yang bisa digunakan secara gratis ataupun berbayar. Masing-masing tentu memiliki fitur, kelebihan dan kekurangan sendiri. Selanjutnya tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan sendiri.

Baca Juga: Contoh Alamat Email Lengkap Dengan Penjelasannya

Manfaat/Fungsi Aplikasi pengolah kata

Manfaat/Fungsi Aplikasi pengolah kata
Source: Pixabay

Banyak sekali manfaat dari apliksai pengolah kata berikut beberapa manfaatnya:

1. Membuat Dokumen

Sesuai dengan namanya, aplikasi satu ini memiliki fungsi utama untuk membuat dokumen dalam bentuk apapun. Contohnya di sini digunakan untuk membuat dokumen penawaran kerjasama, proposal kegiatan, makalah, karya ilmiah, dan lain sebagainya.

Setiap dokumen yang dibuat disesuaikan dengan aturan pembuatannya. Kamu juga bisa memanfaatkan berbagai macam fitur untuk merapikan dokumen tersebut. Pada beberapa tipe program pengolah kata, ada beberapa template yang digunakan untuk membuat dokumen tertentu.

2. Melakukan Editing dan Format Dokumen

Pembuatan dokumen, surat ataupun yang lain tentu tidak terlepas dari proses editing dan formatting. Setiap program memiliki tools editing dan formatting yang berbeda-beda dan kamu perlu mempelajarinya terlebih dahulu untuk bisa menggunakan fitur-fiturnya.

Beberapa program ada yang menawarkan kemudahan dalam proses editing dan format dokumen, dengan menampilkan beberapa shortcut perintah di toolbar. Proses editing dan formatting ini mencakup pengaturan margin, pemberian nomor halaman, spasi, tulisan, dan lain sebagainya.

3. Menghemat Kertas

Penggunaan program satu ini secara tidak langsung dapat membantu mengurangi penggunaan kertas. Ini karena jika terjadi kesalahan pengetikkan atau memasukkan data tertentu, maka masih bisa diedit terlebih dahulu.

File dokumen satu ini juga dapat disimpan dan dibagikan melalui berbagai macam platform seperti email, aplikasi chat, dan sejenisnya. Dengan demikian, penggunaan kertas lebih dapat ditekankan dan secara tidak langsung menjaga kelestarian hutan.

4. Penggunaan Praktis

Praktis yang dimaksud di sini adalah dalam hal penyimpanan dan membuka dokumen ketika suatu saat dibutuhkan. Kamu bisa menyimpannya di perangkat mana saja, baik itu flashdisk, ponsel, harddisk eksternal, atau sejenisnya.

Apabila ingin membuka di ponsel, maka pastikan kamu sudah menginstall aplikasi tambahan untuk membuka dokumen tersebut. Sehingga jika ingin mengedit, maka bisa menggunakan ponsel terlebih dahulu dan nanti dicek ulang di PC atau pada komputer.

5. Meminimalisir Typo

Beberapa aplikasi pengolah kata ada yang memiliki fungsi untuk memperbaiki atau membetulkan kata yang salah. Umumnya terdapat autocorrect dalam bahasa Indonesia ataupun Inggris, kamu tinggal memilih salah satu.

Kamu juga bisa menambahkan ejaan dalam bahasa lainnya dengan praktis jika program yang digunakan memang bisa mendukungnya. Sebagai contoh, di sini kamu bisa menggunakan program Ms. Word yang memiliki fitur auto correct tersebut.

6. Hemat Waktu dan Tenaga

Dengan menggunakan program pengolah kata, maka bisa menghemat waktu dan tenaga yang kamu keluarkan. Penulisannya cukup menggunakan keyboard dan mengetik menggunakan 10 jari dengan mudah serta cepat.

Keyboard yang terdapat di PC atau laptop ini merupakan evolusi dari mesin ketik menjadi lebih modern. Jika menggunakan mesin ketik kuno, akan membutuhkan waktu yang lama, terlebih jika terjadi kesalahan penulisan kata, maka harus mengulangnya dari awal.

7. Arsip Tulisan Digital

Arsip dokumen tidak hanya dalam bentuk cetak saja, karena bentuk cetak juga bisa kotor hingga hilang sekalipun. Menggunakan program satu ini secara tidak langsung akan membantu dalam hal arsip tulisan secara digital.

Maksudnya adalah seluruh dokumen yang tercetak berasal dari file yang tersimpan di penyimpanan masing-masing. Jika suatu saat membutuhkannya atau perlu mengeditnya, maka tidak perlu membuatnya lagi dari awal.

Baca Juga: 9 Contoh Perintah Dasar Linux untuk Pemula beserta Manfaat dan Tipsnya

Contoh/Jenis Aplikasi pengolah kata

contoh aplikasi pengolah kata
Source: Google

1. Ms. Word

Pertama ada Microsoft Word yang diperkenalkan oleh pihak Microsoft. Aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar, namun cukup membayarnya sekali saja. Pada mulanya aplikasi ini dijalankan di OS Xenix, lalu berkembang di OS lain.

Program pengolah kata ini memiliki segudang fitur menarik yang mudah digunakan. Pada versi tertentu hingga terbarunya menawarkan template yang bisa digunakan secara gratis, kamu tinggal mengeditnya. Ms. Word juga sudah dilengkapi dengan fitur autocorrect.

2. OpenOffice Writer

OpenOffice Writer menjadi salah satu aplikasi open source yang bisa dicoba. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengedit berbagai macam jenis dokumen. Fitur modern juga ditawarkan aplikasi ini, mulai dari indexing hingga autocorrect.

Salah satu keunggulan program ini adalah kemampuannya dalam menyimpan dokumen ke berbagai macam format, termasuk .rtf maupun .pdf. Tampilan UI tergolong user friendly dan toolbar yang sering digunakan dikelompokkan menjadi satu, sehingga lebih mudah mencarinya.

3. Lotus Word

Contoh aplikasi selanjutnya ada Lotus Word Pro yang mungkin sudah tidak asing lagi didengar. Program ini dikenal sebagai kembaran dari Ms Word karena memiliki fitur yang tidak jauh berbeda. Format penyimpanan filenya juga beragam dan dapat dibuka maupun diedit di program lain.

Salah satu fitur unik yang dimiliki adalah kamu bisa mendengarkan file dokumen yang sudah selesai dibuat menggunakan Voice Gold Information. Selain itu, kamu juga bisa mengatur dan mengubah menu sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

4. StarWriter

Selanjutnya ada StarWriter yang pada mulanya hanya bisa dijalankan di OS DOS. Namun seiring dengan berjalannya waktu, program ini bisa dijalankan di berbagai macam sistem operasi, mulai dari Linux, Windows, hingga Unix. Selain versi Writer, pihak Oracle Corp juga menawarkan paket StarOffice.

5. WordPerfect

Developer Corel ternyata juga mengeluarkan program pengolah kata yang diberi nama WordPerfect. Pada mulanya, aplikasi ini hanya digunakan untuk komputer pribadi saja. Ini karena awalnya hanya digunakan untuk kebutuhan komputer basis mini data.

Namun, seiring berjalannya waktu WordPerfect berkembang menjadi lebih baik baik. Dimana yang awalnya hanya digunakan pada OS tertentu, sekarang bisa digunakan di OS lain seperti di Linux, Mac OS, Windows, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 6 Macam Macam Perangkat Jaringan Komputer

6. Abi Word

Aplikasi satu ini mungkin masih asing, namun fitur dan fungsinya tidak kalah dengan aplikasi sebelumnya. Abi Word dapat dijalankan di berbagai macam sistem operasi dan bisa membaca sekaligus mengedit berbagai file dokumen disimpan dalam format yang beragam.

Salah satu keunggulan yang dimiliki adalah ukurannya yang tidak terlalu besar dan ringan, sehingga cocok digunakan untuk laptop atau komputer kelas menengah kebawah. Dukungan lebih dari 30 bahasa yang dimiliki juga menjadi salah satu fitur uniknya.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa aktivitas sehari-hari tidak terlepas dari aplikasi pengolah kata. Bahkan saat ini sudah terdapat berbagai macam variasi aplikasi yang bisa digunakan, baik itu berbayar atau gratis sesuai dengan kebutuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: