perintah dasar linux dengan terminal
TEKNOLOGI

9 Contoh Perintah Dasar Linux untuk Pemula beserta Manfaat dan Tipsnya

Linux merupakan salah satu sistem operasi open source yang sudah ada sejak tahun 90-an awal. Seperti halnya sistem operasi lainnya, Linux juga memiliki berbagai macam perintah dasar Linux yang bisa digunakan pada saat-saat tertentu.

Perlu diketahui ada perintah Linux dengan perintah dasar dan keduanya ini memiliki makna yang berbeda. Secara singkat, perintah Linux berisikan teks yang bisa diketikkan di terminal dengan tujuan untuk mengeksekusi aplikasi basis CLI. Perlu dicatat bahwa ini tidak bisa dijalankan pada basis GUI.

Pengertian Perintah Dasar Linux

Pengertian Perintah Dasar Linux
Source: Google

 

Seperti yang telah disinggung di awal bahwa perintah Linux dengan perintah dasar merupakan dua hal yang berbeda. Pengertian dari perintah dasar adalah perintah yang sudah ada di sistem tanpa harus menginstall aplikasi tambahan.

Umumnya perintah dasar ini berbasis console atau command seperti halnya pada Windows. Namun perlu dicatat, bahwa perintah dasar ini tidak seluruhnya bisa digunakan pada OS Linux yang sudah beredar di website.

Baca Juga: 7 Manfaat Aplikasi Pengolah Kata Lengkap dengan Penjelasannya

Manfaat Perintah Dasar Linux

Manfaat Perintah Dasar Linux
Source: Unsplash

1. Mempelajari Perintah Dasar

Sesuai dengan namanya, perintah dasar dari Linux ini bermanfaat untuk mempelajari seluruh perintah dasar yang terdapat pada OS Linux. Perintah dasar di Linux ini tentu berbeda jauh dengan perintah dasar yang ada di OS Windows.

Apabila seseorang telah mengetahui perintah dasar yang digunakan, setidaknya sudah mempelajari syntax masing-masing perintah. Ini sangat penting karena nantinya bisa digabungkan dengan perintah-perintah lain di Linux melalui command.

2. Mengasah Kemampuan Dasar Sebelum ke Level Menengah – Pro

Mempelajari perintah dasar juga tentunya bermanfaat untuk mengasah kemampuan dasar seseorang yang ingin belajar Linux. Ini sangat penting, terutama bagi kamu yang ingin lanjut ke level yang lebih tinggi dan memahami tentang Linux.

Proses pembelajaran perintah dasar ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Namun jika kamu adalah seseorang yang mudah mengingat sesuatu, maka membutuhkan waktu lebih cepat dibandingkan yang lain untuk ke level selanjutnya dari perintah dasar Linux.

3. Dapat Diterapkan Ketika Keadaan Mendesak

Linux memang salah satu sistem operasi open source, namun bukan berarti sistem operasi ini tidak memiliki masalah. Sama seperti halnya Windows, di Linux juga terkadang mengalami masalah seperti hang, lemot, dan lain sebagainya.

Dengan belajar perintah dasar, maka kamu bisa menerapkan beberapa perintahnya melalui command untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satu perintah yang seringkali diterapkan di Linux adalah perintah untuk melakukan shut down secara cepat.

Baca Juga: 5 Peran Administrasi Infrastruktur Jaringan beserta Contoh dan Software

Contoh Perintah Dasar Linux

Contoh Perintah Dasar Linux
Source: Google

Perintah dasar ini sangat berguna sekali buat kalian yang baru mempelajari operasi sistem linux, Berikut Beberapa perintah dasar linux yang wajib kalian ketahui:

1. sudo

SuperUserDo memiliki perintah untuk menjalankan task yang membutuhkan akses administratif atau yang dikenal sebagai root. Kamu bisa menggunakan perintah dasar ini untuk keperluan mendesak saja dan disarankan untuk tidak terlalu sering menggunakannya.

2. cd

Perintah ini digunakan untuk menjelajah atau mencari file di direktori Linux Debian. Command satu ini dapat dijalankan dengan mengetahui path atau nama direktori, tentunya disesuaikan dengan direktori yang sedang digunakan pada saat itu. Berikut contohnya:

  • Jika saat itu berada di path /home/userID/Docs dan ingin membuka folder File yang ada di subdirektori Docs, maka penulisan perintahnya menjadi: cd File.
  • Jika ingin berpindah ke path yang sepenuhnya baru, contohnya dari path saat ini ke path home/userID/Download. Maka kamu bisa menuliskan perintahnya menjadi: cd home/userID/Download.

3. pwd

Selanjutnya ada perintah dasar Linux yang bisa digunakan untuk mencari path direktori folder yang saat ini kamu gunakan. Ketika menjalankan perintah ini, maka path akan kembali secara penuh atau bisa dibilang ke direktori awal. Adapun yang dimaksud path awal adalah /home/userID.

4. ping

Perintah kali memiliki fungsi yang sama ketika digunakan di Windows, yaitu untuk mengecek konektivitas ke server. Format penulisannya tinggal menuliskan ping, kemudian diikuti situs yang ingin dicek konektivitasnya. Contohnya menjadi: ping youtube.com.

5. du

Digunakan sebagai perintah untuk mengecek sebanyak apa ukuran yang digunakan file atau direktori tertentu. Sayangnya perintah ini hanya menampilkan dalam bentuk ringkasan. Apabila ingin melihat dalam satuan kilobyte atau sejenisnya, maka bisa menambahkan elemen -h setelahnya.

6. locate

Sesuai dengan namanya, perintah ini bisa digunakan untuk mencari file seperti halnya di Windows. Kamu bisa juga menambahkan elemen -i di belakangnya dan membuatnya case-insensitive, sehingga bisa mencari file meskipun kamu tidak mengingat nama file tersebut.

Jika file yang dicari terdapat dua atau lebih dari dua kata, maka busa menambahkan elemen (*). Format penulisannya menjadi locate -i catatan*sekolah. Nantinya file yang muncul adalah file yang mengandung dua kata tersebut, baik huruf besar ataupun kecil.

7. head

Perintah kali ini memiliki fungsi untuk melihat baris pertama yang terdapat di file teks tertentu. Defaultnya, perintah ini akan memperlihatkan 10 baris pertama, namun kamu bisa mengubah jumlah barisnya. Contohnya bisa diubah menjadi head -n 5 namafile.ext.

8. tail

Kode perintah kali ini kebalikan dari nomor 7, yaitu memperlihatkan 10 baris terakhir suatu file teks. Sama seperti sebelumnya, kamu bisa mengatur jumlah baris yang ditayangkan. Sebagai contoh, kamu bisa menuliskan perintahnya menjadi tail -n 5 namafile.ext.

9. cp

Jika kamu ingin copy file dari direktori sekarang ke direktori lain, maka bisa menggunakan perintah ini. Contohnya bisa dituliskan menjadi: cp sunset.jpg /home/userID/Pictures. Dapat diterjemahkan bahwa kamu menyalin file gambar ke direktori baru, yaitu Pictures.

Baca Juga: Contoh Alamat Email Lengkap Dengan Penjelasannya

Tips Belajar Perintah Dasar Linux

tips belajar perintah dasar linux
Source: unsplash.com/@ogelamar

1. Pahami Masing-masing Perintah

Perintah dasar di Linux memang ada banyak sekali dan beberapa di antaranya memiliki kemiripan ketika mengetikkan perintahnya. Di sini kamu perlu berhati-hati dan belajar memahami masing-masing perintah tersebut.

Jangan sampai kamu salah dalam memahami perintah yang diketikkan. Kesalahan dalam memahami perintah akan berakibat fatal pada hasil akhir nanti. Kesalahan penulisan huruf, simbol, dan sebagainya juga mempengaruhi keberhasilan perintah tersebut.

2. Lakukan Latihan Secara Berkala

Latihan menjadi salah satu cara untuk melatih diri sendiri agar lebih memahami perintah dasar. Kamu boleh saja berambisi kuat untuk menyelesaikan atau memahami seluruh perintah dasar yang ada di Linux. Namun, harus tetap memperhatikan kondisi kesehatan dan situasi lainnya, ya.

Jangan sampai ambisi yang kuat tersebut membuat kamu lupa waktu, kesehatan, dan lain sebagainya. Akan lebih baik jika kamu membuat jadwal untuk latihan perintah dasar secara berkala. Contohnya bisa satu hari latihan, satu hari kemudian belajar, begitu seterusnya.

3. Cobalah Melakukan Tes Sendiri

Adapun yang dimaksudkan di sini adalah melakukan tes kemampuan setelah mempelajari perintah dasar tersebut. Contoh tes yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan kembali perintah dasar yang sudah dipelajari sebelumnya.

Apakah sudah benar-benar memahami setiap perintah yang dituliskan atau masih membutuhkan latihan lagi. Jika memang belum lancar, maka bisa melakukan latihan lebih banyak lagi atau mengganti metode belajar agar lebih mudah memahaminya.

Selain beberapa perintah dasar Linux di atas, kamu juga bisa mempelajari perintah dasar lainnya karena masih ada puluhan perintah yang bisa dipelajari. Namun, kamu bisa mencicil dari perintah-perintah dasar yang biasa kalian gunakan selama menggunakan os ini. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: