Alat Alat Fitnes Untuk Latihan Kebugaran

Penahkah kalian nge-gym ?? gym adalah sebuah tempat sebagai pusat kebugaran, ruang/gedung olahraga, atau dikenal juga klab fitnes. Di tempat itu banyak sekali alat-alat fitnes yang disediakan dan juga memiliki fungsi masing-masing.

Kata gym sering dipakai dalam keseharian menjadi nge-gym (kata kerja) padahal kata gym ini termasuk dalam noun (kata benda)

15+ Alat Alat Fitnes Dan Fungsinya

Ada banyak sekali macam-macam alat fitnes yang biasa digunakan oleh para fitnes mania untuk kebugaran tubuhnya. Tentunya lebih baik ketika kita memulai, kita harus tau tentang alat-alat yang kita pakai dan lebih baik bersama mentornya.

Berikut penjelasan tentang 16 macam alat fitnes yang ada di tempat nge-gym beserta fungsinya:

1. Dumbbell

alat alat fitnes
Source: Pixabay

Dumbbell adalah alat nge-gym yang sangat populer dan juga sebagai alat basic para fitnes. Alat ini terdiri dari bagian-bagian yaitu 2 buah beban yang di hubungkan oleh batang besi yang pendek, seperti gambar di atas.

Dumbbell juga bisa temui di setiap tempat gym bahkan alat bisa kita dapatkan dengan mudah dengan berbagai variasi ukurannya, sesuai kebutuhan kita.

Alat ini menjadi alat fitnes yang praktis, kita tidak perlu repot-repot ke tempat gym, kita bisa membelinya di toko online atau offline dan kita bisa menggunakannya di rumah.

Baca juga: Alat Alat Laboratorium Kimia Beserta Penjelasannya

2. Weight Plates

alat alat fitnes
Source: Pexels

Weight plates adalah piringan beban yang memiliki bentuk cakram terbuat dari logam. alat ini bisa kita gunakan untuk latihan fitnes, atau sebagai beban pada bar barbel (batang) yang kosong.

Biasanya alat ini terbuat dari besi yang dilapisi cat dan juga sebagai alat terpisah pada alat-alat latihan lain yang independen atau sebagai beban ekstra pada alat lain. Alat ini juga memiliki ukuran beban yang bervariasi.

3. Ez curl bar

alat alat fitnes
Source: Mirafit

Alat ini memiliki sudut untuk penempatan tangan, dan juga mepupakan jenis alat fitnes yang lebih pendek dari barbel. Fungsi alat ini untuk melatih otot lengan atau melatih otot biceps dan triceps.

Dengan sudut yang berbeda pada batangnya, kita bisa melatih otot-otot dari sudut yang berbeda dan juga menurunkan tekanan.

4. Barbell

alat alat fitnes
Source: Pexels

Barbell yaitu alat fitnes yang bebentuk besi panjang dengan ukuran yang macam-macam mulai dari 4 ft hingga 7 ft (1,2 m – 2.1 m). Batang ini dipasang pada bagian ujungnya dengan beban yaitu weight plates.

Fungsi dari barbel biasanya digunakan untuk melatih:

  1. otot punggung/back
  2. otot kaki (squat)
  3. otot dada (bench press)
  4. otot bahu (shoulder press)

Kita sering lihat alat ini pada ajang olimpiade dengan berat mulai dari 45lbs (20kg), 800lbs (363 kg), hingga 1000lbs (454 kg), dan biasanya memiliki panjang maksimal yaitu 7 ft (2,1 meter).

5. Barbell machine

alat alat fitnes
Source: Google

Selain barbell yang biasa digunakan pada ajang olimpiade, ada juga barbel dengan konsep mesin yang biasa kita lihat di tempat-tempat ngegym.

Alat ini dilengkapi dengan batang barbel dan juga piringannya beserta penopang yang berfungsi sebagai tumpuan agar gerakan saat mengangkat menjadi lebih stabil.

Dengan barbell machine kita bisa menghindari resiko cidera, apalagi bagi orang yang baru memulai fitnes.

6. Medicine ball

alat alat fitnes
Source: Google

Medicine ball merupaka alat fitnes berupa bola karet yang lentur dengan bobot yang bervariasi, tentunya sesui dengan kemampuan kita.

Ukuran bola ini biasanya memiliki diameter bahu sekitar 13,7 inch (34,7 cm) digunakan untuk latihan-latihan kekuatan yang tidak terlalu berat dan juga sering digunakan untuk pemulihan otot pasca cedera dan rehabilitasi.

Bahkan alat fitnes ini biasanya digunakan anak-anak sekolah pada pelajaran olahraga.

Baca juga: Macam Macam Alat Kesehatan Dalam Dunia Medis

7. Weighted bar

alat alat fitnes
Source: Google

tongkat besi yang memiliki bobot di pada bagia sisi ujungnya, alat ini biasanya digunakan untuk meningkatkan berat tubuh, ketika kita ingin melakukan latihan standar seperti sit up, lunge dan latihan standar lainnya.

8. Kettlebells

Source: Pexels

Kattlebells merupakan alat fitnes yang memiliki bentuk seperti bola yang memiliki pegangan yang terbuat dari besi, dengan bobot yang beragan mulai dari 4 kg hingga 79kg.

Alat ini digunakan untuk gerakan seperti mengangkat , mengayun, atau mendorong sebagai latihan pengendalian gerakan.

Ketika kita menggunakan kattlebells dengan gerakan-gerakan yang sesuai bukan hanya untuk memper kuat, namun juga untuk mempertinggi koordinasi pada otot.

Baca juga: Jenis Jenis Alat Berat [ no.11 Pasti Kamu Tau ]

9. Bench

Source: Google

Bench merupakan tempat duduk yang fleksibel yang bisa digunakan untuk melatih otot bahu, dada, punggung, dan otot lainnya.

Bench juga memiliki tiga jenis dalam bentuknya, yaitu flat bench (datar), decline bench (menurun), incline bench (menanjak). Beberapa jenis bench juga bahkan bisa kita atur sesuai latihan kita.

10. Abdominal bench

Source: Google

Abdimunal bench merupakan salah sarui jenis bench decling (menurun) yang digunakan untuk melatih otot perut.

Bench ini memiliki roller di bagian atas sehingga kita bisa mengaitkan kaki kita supaya tidak terjatuh ketika sedang melakukan latihan.

11. Static Bicycle

Source: Pexels

Static Bysicle merupakan alat fitnes yang berbentuk sepedah, yang digunakan untuk melatih otot-otot pada bagian kaki, dan untuk membakar lemak atau cardio.

kecepatan dan juga tekanan dalam mengayuh bisa kita atur sesuai kemampuan kita. Selain itu alat ini bisa kita gunakan didalam ruangan kita, sehingga tidak perlu repot-repot atau sedang tidak mau bersepedah outdoor.

12. Leg Press Machine

Source: Pexels

Leg press merupakan alat fitnes yang digunakan untuk latihan meningkatkan serta membentuk otot paha dan betis.

Alat-alat fitnes yang praktis seperti halnya alat ini, bisa mengurangi cedra dan juga mudah dalam pemakaiannya. Kita bisa mengatur beban sesuai kemampuan kita dengan dengan tingkatan kesulitan latihan.

13. Trademill

Source: Pexels

Alat ini merupaka alat yang populer bahkan biasanya alat ini ada di setiap tempat kebugaran. Alat yang bisa kita gunakan untuk latihan seperti jalan atau lari dengan posisi ditempat.

Kita bisa mengatur kecepatan dan juga kita bisa mengatur alat ini ke mode latihah dimana kecepatannya akan berubah-ubah sesuai kemampuan kita.

Harga trademill ini umumnya sekitar ±5jt – ±10jt, baik itu trademill yang digital atau manual.

14. Pec Deck Fly

Source: Google

Alat fitnes untuk melakukan gerakan isolasi pada otot dada dan juga untuk mengembangkan ukuran.

Alat ini terdiri dari beberapa baseperti dudukan dengan sandarannya, dan alat tarikannya.

15. Lat Pulldown Machine

Source: google

Alat ini merupakan alat yang digunakan untuk membentuk otot-otot punggung, dengan otot-otot utama yang bekerja yaitu otot teres major, otot lasissmus dorsi, dan otot posterior deltoid.

Alat ini akan membentuk dan juga meningkatkan otot pada bagian: trapezius, rhomboids, teres major, serta otot erector Spinae.

Baca juga: Jenis Jenis Alat Berat [ no.11 Pasti Kamu Tau ]

16. Cable crossover Machine

Source: Google

Cable crossover machine merupakan alat fitnes yang digunakan untuk melatih otot bagian dada sama seperti Peck Deck Fly. Namun alat ini menggunakan cabel besi yang kuat dan posisi gerakan kita bisa sambil berdiri atau duduk diatas bench.

Latihan menggunakan alat ini bersifat mengisolasi dada kita, baik itu pada otot pectoral major ataupun otot pectoral minor.

Para fitnes mania selalu menggunakan alat ini setelah mereka menggunakan alat seperti bench press, incline bench press, dan lainnya. Karena alat ini sangat bagus supaya dada kita lebih terdefinisi dan juga semakin lebar.

Default image
Nabil Tedjamaja
Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: