Aplikasi Linux yang Harus Kamu Install

Apa yang kita lakukan setelh install linux?? Jawabannya install aplikasi linux

Aplikasi yang membantu kita melakukan kegiatan sehari-hari dan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang diharuskan menggunakan komputer atau laptop.

Disini kami membahas tentang aplikasi linux yang penting dan harus diinstall ketika kita menggunakan operasi sistem yang berbasis Linux, dan juga sebagai pembiasaan ketika kita benar-benar mau migrasi dari windows ke linux.

Ada 13 aplikasi yang kami pilih meskipun banyak aplikasi alternatif seperti aplikasi yang ada di Windows.

Jika kamu pingin tahu linux secara singkat baca artikel kami sebelumnya yaitu tentang Sejarah Linux dan Distro Linux.

Aplikasi Linux

aplikasi tau software linux
Source : Pixabay

Mungkin kita tahu dalam sebuah operating system contohnya seperti Windows, ketika kita mau instal suatu aplikasi misalnya photoshop, kita pasti cari file yang familiar yaitu photoshop.exe entah itu software yang dibeli atau bajakan yang kita unduh di internet.

Windows sendiri mempunyai file format yang bisa berjalan di operasi sistemnya salah satunya yaitu untuk file instalasi biasanya menggunakan .exe.

Adapun di Mac Os atau disebut juga OS X format file yang bisa berjalan di operasi sistemnya yaitu file .dmg dan masih banyak lagi format lainnya.

Begitupula dengan operating system Linux banyak format sistem yang bisa berjalan disana, karena banyak distro-distro turunan dari karnel linux. File format di linux sendiri ada beberapa distro yang berbeda dalam menyediakan paket-paket softwarenya.

Diantara format file yang bisa berjalan di linux yaitu .deb, .rpm, .tar, .bin, .apk, .sh, .appimag, .run, dll.

Jenis Jenis Aplikasi di Sistem Linux

aplikasi linux untuk laptop
Source : Pixabay

Adapun jenis jenis aplikasi yang bisa jalan di distro tertentu misalnya :

Debian yang menggunakan .deb dan disediakan dalam paket-paket seperti dpkg dengan aptitude atau synaptics. Semua turunan Debian bisa menjalankan ini format ini dan paket-paketnya.

Arch Linux menggunakan paket peaket yang disediakan yaitu pacman (package manager) . Begitu  juga dengan openSUSE dan Fedora salah satunya format filenya yaitu .rpm, dan juga ada FreeBSD,dll

Tapi sekarang lebih mudah karena setiap distro mempunyai software storenya masing masing.

Aplikasi Yang Harus Diinstal di Linux

aplikasi linux
Source : Pixabay

Jika kalian menginstall operasi sistem Linux tentunya kalian tidak bisa bekerja tanpa aplikasi. Ada aplikasi yang biasanya bawaan dari distro tersebut ada juga yang tidak ada dan harus install manual.

13 Aplikasi yang harus dipasang setelah instal OS Linux, diantaranya :

  1. Chromium atau Google Chrome

    chromium web browser
    Source : Google

    Chromium adalah sebuah web browser yang opensouce atau free yang memiliki repo resminya sendiri di Linux.

    Adapun google chrome merupakan salah satu pengembangan dari chromium dibawah perusahaan google dan tidak memiliki repo sendiri.

    Tapi Chromium dan Google chrome merupakan software web browser yang sangat cepat membaca halaman web modern.

    Untuk menggunakan chromium kita bisa mengginstall aplikasinya lewat software store atau melalui terminal.

    untuk contoh penginstalan chromium di ubuntu lewat terminal kita cuma mengetikkan :

    sudo apt-get install chromium-browser

    sedangkan untuk google chrome kita bisa mengunjungi website resmi google chrome .

  2. WPS Office atau LibreOffice

    wps office
    Source : Google

    WPS Office dan LibreOffice merupakan software pengganti dari Microsoft Office untuk linux.

    WPS Office adalah sebuah software office yang mempunyai kepanjangan Write, Presentation, Spreadsheets.

    Software ini dibuat oleh perusahaan pengembangan software di Zhuhai, Tiongkok yaitu Kingsoft, sofware ini free dan bisa di pakai di Linux, Windows, ataupun Mac.

    LibreOffice adalah  software perkantoran yang open source merupakan turunan dari OpenOffice dikembangkan oleh TDF (The Document Foundation).

  3. GDebi Package Installer

    GDebi Package Installer
    Source : Google

     

    Software ini merupakan software dari Debian, yang memudahkan kita untuk masalah penginstallan file yang berbentuk .deb jadi kita tidak perlu repot-repot menggunakan terminal dengan adanya aplikasi ini kita bisa langsung install.

    Software ini juga bisa memberitahu ketika aplikasi yang mau kita install ada error atau masalah dependensinya. Sama halnya seperti apt tapi apt memasang dengan paket jarak jauh dari (http, ftp).

  4. Thunar atau Nautilus

    File Manager
    Source : Google

    Software file manager untuk mengolah folder dan file di Linux biasanya aplikasi ini sudah terinstal otomatis ketika kita install OS Linux.Untuk thunar dia memiliki penyesuaian ketika kita mengkustom thema sedangkan nautilus tidak.

    Untuk penginstallan bisa melalui terminal dengan mengetikkan “$ sudo apt-get install thunar” tanpa tanda petik.

  5. Audacious

    audacious audio player
    Source : Google

    Merupakan aplikasi pemutar audio yang sangat simple untuk kita mendengarkan music, atau audio lainnya sehari-hari.

    untuk menginstall aplikasi ini bisa melalui software store atau mengetikkan “$ sudo apt-get install audacious” di terminal tanpa tanda petik.

  6. VLC

    Vlc Player
    Source : Google

    Vlc dalah aplikasi mutimedia yang gratis dan open source yang merupakan cross-platform yaitu aplikasi yang bisa digunakan di beberapa operasi sisrem seperti Linux, Mac, Windows, BSD,dll.

    Format yang bisa di putar di software ini hampir semua file multimedia seperti DVD, VCD, CD Audio, dan protokol streaming lainnya.

  7. Thunderbird ( pengganti OutLock)

    Thunderbird
    Source : Google

    Merupakan sebuah aplikasi untuk mengatur email kita seperti outlock di windows, thunderbird sendiri kepunyaan Mozila.

    Kita bisa Mengatur email yang masuk, menghapus, mendraft, membalas elmail.

  8. Tweak Tools

    tweaktools
    Source : Google

    Tweak Tools merupakan software yang bisa mengkonfigurasi dan mengatur desktop seperti mengubah pengaturan daya, mengolah tema dan ekstensinya, mengelola aplikasi startup dan mengganti icon desktop.

    Fungsi dari aplikasi ini memberikan penguna dengan antarmuka yang lebih cepat, mudah dan sederhana.  Bisa juga untuk mengakses banyak fitur, dan mengatur lingkungan yang berkerja di desktop.

    Untuk pilihan tweak tools ada dua yaitu : Tweaks Tool Unity, dan GNOME Tweaks.

  9. Inkscape

    inkscape
    Source : Google

    Inkscape adalah ilustrasi editor yang memiliki segala yang dibutuhkan untuk memproduksi sebuah karaya atau seni yang berkualitas.

    Kita bisa membuat berbagai macam karya seperti vector, diagram, grafik web, clip art, icon, ilustrasi, logo,dll. Dengan meberikan bayak tools di dalamnya.

    Kita bisa memnyimpan file karya kita ke beberapa format seperti :

    standar umum format vector yaitu Adobe Ilustrator, PDF, AutoCAD, dengan format standar web grafis yaitu SVG, dan juga format lain yaitu : PNG, EPS, HTML, dan lainnya.

    Software inkscape mirip seperti corel draw di Windows.

  10. GIMP

    gimp
    Source : Google

    Singkatan dari GNU Image Manipulation Program, yaitu sebuah software gambar editor untuk mengedit, memanipulasi, membuat, memperbaiki, dan memindai photo, dengan tools atau alat-alat editing dan filter yang mumpuni.

    Banyak format gambar yang didukung di gimp seperti JPEG, .psd, dan ,psp. Software ini mirip dengan Photoshop yang ada di Windows.

  11. VSC ( Visual Studio Code )

    visual studio code
    Source : Google

    Software ini merupakan aplikasi text editor untuk anda yang seorang programing yang berkutik di kode-kode, software ini bisa dijadikan solusi.

    Disajikan dengan Fitur yang lengkap berbagai macam baghasa pemrograman tersedia, sehingga ketika kita salah ketik software ini membantu untuk mengkoreksi.

    Untuk kamu yang ingin belajar pemrograman di Petani Kode.

  12. Blender

    blender
    Source : Google

    Software disain 3d yang cukup terkenal dengan terintegritas untuk animasi, permodelan, rendring, kreasi, pasca-produksi, dan juga untuk game.

    Memiliki ciri khas sendiri untuk tampilannya, Binding Python juga tersedia untuk melakukan scripting. Fitur impror atau ekspor untuk format file yang terkenal seperti Wavefront Obj, dan 3D Studio.

    Software ini biasa digunakan untuk para creator 3D, dan software bersifak cross-palform yaitu tesedia di berbagai macam operasi sistem lain.

  13. Docky

    chromium web browser
    Source : Google

    Docky ialah aplikasi dock-bar seperti kepunyaan MacOS, software ini sepenuhnya kepunyaan dari GNOME dan kita bisa konfigurasi aplikasi atau menambahkan aplikasi ke bar Docky.

    Dengan adanya aplikasi ini akan memebuat tampilan desktop linuxmu jadi keren dan kece tidak seperti windows yang tampilannya monoton dan tidak bisa dikustom.

2 Comments

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: