Aplikasi Web Server Yang Biasa Digunakan

Aplikasi Web Server – sebuah perangkat aplikasi dimana kita dapat menerima request dan bisa mengirim respon dalam protokol HTTP. Dalam menjalankan aplikasi web server, tentunya sudah diperogram dalam bahasa tertentu atau beberapa bahasa pemrograman.

Aplikasi web server ini di peruntukan bagi kita yang ingin membangun sebuah client / server untuk membangun web, dan dikalangan para IT Development banyak yang menggunakan web server ini.

Macam Macam Aplikasi Web Server

Apache HTTP Web Server

aplikasi web server
Source: kinsta

Bagi kalangan orang-orang yang berkecimpung di dunia we server pasti mereka tau web server ini,  salah satu web server terbaik diantara yang lainnya.

Apache HTTP web server atau disebut juga “Apache” adalah salah satu web server yang digunakan diberbagai sistem operasi seperti: Linux, Windows, Unix, Novell Netware, dan OS lainnya. Apache sendiri mendukung tampilan GUI (Graphic User Interface) sehingga memudahkan penggunanya tanpa harus menggunakan prompt (semacam CMD).

Apache juga merupakan salah satu bagian dari aplikasi Xampp, dan menjadi salah satu modul dari Xampp itu sendiri. Kita bisa menggunakan web server ini secara gratis dan belisensi bebas, karena bersifat open source.

Kunjungi websitenya: httpd.apache.org

NGINX

aplikasi web server
Source: Sina & Shahrir’s

NGINX (Engine X) adalah web server yang bersifat open source, digunakan sebagai proxy IMAP/POP3, sebagai jalur keluar/masuk yang menangani surat menyurat email. Pencetus NGINX ialah Igor Sysoev tahun 2002, dan deperkenalkan pada pubilk tahun 2004.

Kelebihan NGINX:

  • web server yang bisa menerima ribuan bahkan jutaan request, dan memakan resource yang sedikit dibandingkan apache, makannya para pengguna NGINX kebanyakan pengguna yang sebelumnya menggunakan Apache, mantan.
  • Fitur-fitur yang disediakan hampir semua digunakan dan dibutuhkan, berbeda dengan Apache yang memiliki banyak fitur, tapi banyak yang tidak digunakan. Fitur NGINX diantaranya: dukungan SSL/TLS, Static file serving, Access Controls, Server-side includes, Virtual Host, Load balancing, URL rewritting, compression, dan fitur lainnya.

XAMPP

aplikasi web server
Source: conexoo

XAMPP adalah gabungan dari huruf-huruf yang memiliki nama yaitu X = Cross Platform, A = Apache, M = MySql / MariaDB, P = Php, P = Perl, XMAPP merupakan web server yang berfungsi sebagai website offline dimana kita bisa menguji kinerja fitur-fitur atau melihat konten website tanpa menggunakan jaringan internet.

XAMPP juga berfungsi sebagai hosting, tapi tida bisa diakses oleh semua orang karena bersifat offline. aplikasi web server ini juga sering digunakan oleh orang-orang seperti mahasiswa dan para pelajar sebelum website yang mereka menjadi online (menggunakan hosting yang berbayar, agar bisa diakses orang-orang).

kelebihan XAMPP:

  • Aman, karena Xampp mampu membatasi hak akses untuk setiap akun.
  • Bisa berjalan pada background, sehingga tidak menganggu aktivitas lainnya.
  • Merupakan seb sever yang baik, bisa berjalan tanpa adanya jaringan internet, dengan sistem log-off.

Microsoft IIS (Internet Information Service)

aplikasi web server
Source: The Tech Journal

Microsoft IIS adalah web server yang digunakan oleh sistem operasi Windows, berfungsi sebagai mengelola web, pendukung protokol TCP/IP, File transfer Protocol (FTP), NNTP, dan Ghoper. Komponen IIS sudah digunakan dari Windows NT, Windows 2000, Windows XP, dan Windows server 2003.

IIS juga merupakan web server buatan Microsoft dan mendukung teknologi Microsoft seperti halnya ASP.NET dan lainnya. Awal pembuatan web server ini ketika salah satu proyeknya yang bernama Europan Microsoft NT Academic Center (EMWAC) di Universitas Edinburgh, Skotlandia dan didibustrikan sebagai software gratis atau open source.

IIS juga memiliki dukungan bahasa pemrograman seperti: PHP, Python, dan bahasa programan lainnya, sehingga web server ini banyak digunakan oleh pengguna ASP.NET.

Baca juga: Cara Mudah Dual Boot OS Windows Dan OS Linux

Apache Tomcat

aplikasi web server
Source: logos download

Apaceh Tomcat adalah web server open source yang dikhususkan untuk penggunaan pada Java seperti: Java web socket, Jawa Servlet, Java Server Page, dan Java Expression Language. Apache Tomcat sudah digunakan untuk berbagai apliasi web yang mempunyai skala besar dan konkurensi banyak dari berbagai industri dan organisasi.

Dukungan-dukungan teknologi Apache Tomcat juga diawasi oleh Java Community Process, dan dibawah kendali Apache Software Foundation. Yang terbaru aplikasi Apache Tomcat ini sudah memiliki versi ke 6.0.48.

Lighttpd

aplikasi web server
Source: youtube

Lighttpd adalah web server yang memiliki kemampuan untuk mengatur cpu-load lebih efektif, dan web server yang aman, cepat, sesuai standar dan fleksibel. Lighttpd juga memilik fitur seperti FastCGI, SCGI, URL-Rewriting, Auth, Output-Compression, dan lainnya.

Lighttpd menggunakan bahasa C dalam pemrogramannya, bersifat open source ( dapat diundih dan digunakan secara gratis tanpa iklan, dengan lisensi BSD), Lighttpd juga merupakan web server yang cross platform ( bisa dijalankan diberbagai operating sistem seperti: Linux, Windows, Unix, OS X dan lainnya).

Lighttpd juga mengklaik sebagai web server yang paling ringan, dan hanya membutuhkan sedikit ruan memori, contohnya ia hanya menggunakan 1 MB sedangkan yang web server yang lain menggunakan puluhan bahkan ratusan MB untuk penyimpanannya.

AMPPS

aplikasi web server

AMPPS adalah web servwr buatan softaculous, web server ini juga mirip dengan WAMP, dan XAMPP. Meskimun sama AMPPS memiliki beberapa keunggulan dari ke-4 web server tadi, diantaranya:

  • Menggunakan bahasa pemrograman Python, dan juga server Python.
  • Memiliki fitur MySqlLite Explorer, berguna sebagai pengganti dari PHPMyAdmin sebagai databes web servernya.
  • fitur lokal domain, dimana kita bisa meletakkan proyek kita dimana saja menggunakan AMPPS, berbeda dengan XAMPP yang hanya meletakkan proyeknya di folder htdocs.

LAMP

aplikasi web server

Sama halnya dengan XAMPP, tapi LAMP merupakan web server yang hanya dijalankan oleh sistem operasi yang bebasis linux ataupun distro linux lainnya, huruf “L” merupakan huruf yang mengartikan “Linux”.

LAMP terdiri dari tiga modul diantaranya A = Apache (sebagai web server), M = MySql (sebagai database web sever), dan P = Php, Perl, Python (sebagai bahasa pemrograman web server).

WAMP

aplikasi web server
Source: Lynda

WAMP adalah web server yang sama seperti XAMPP, LAMPP, dan MAMPP, web server ini berjalan pada operasi sistem Windows. huruf “M” merupakan huruf yang mengartikan “Macinthos”, lebih lengkapnya adalah Windows and The Principal Components of The Package : Apache, MySQL and PHP.

Kelebihan dari WAMPP yang tidak ada di XAMPP, yaitu konfigurasi yang dimili WAMPP paling mudah dan size dai WAMPP lebih ringan jika dibandingkan dengan XAMPP.

MAMP

mamp server web untuk mac OS

MAMP adalah web server yang sama seperti LAMP, web server ini berjalan pada operasi sistem MacOS, sedangkan LAMP untuk operasi sistem Linux. huruf “M” merupakan huruf yang mengartikan “Macinthos”.

Web server MAMPP memiliki dua versi yaitu versi berbayar dan versi gratis (free).

Easy PHP

aplikasi

Easy PHP adalah web server yang berisi aplikasi paket seperti Apache, MySql, dan Php, sama seperti XAMPP dan lainnya, meskipun sama Easy PHP memiliki keunggulan yang cukup unik, yaitu ia memiliki portabilitas yang lebih baik.

Contohnya, jika anda menginstall easy PHP lalu kita menyimpan hasil instalasinya di dalam Flash drive, ataupun perangkat penyimpanan lain, maka kita bisa menjalankan Easy Php ini di komputer lain.

baca juga: Jenis Jenis Komputer Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Easy PHP menggunakan System Tray, yaitu sistem yang memiliki menu konfigurasi secara manual. Easy Php juga menggunakan port 8888 yang jarang mengalami konflik atau error, berbeda dengan Tomcat yang menggunakan port 8080, sehingga sering terjadi masalah atau konflik.

Glassfish

glassfish

Glassfiss adalah web server yang sama seperti Apache Tomcat dan merupakan teman satu IDE, jika kita menggunakan Netbeans dan web server ini khusus untuk programan Java. Glassfish juga mengatakan bahwa ia merupakan web server yang pertama di dunia pada aplikasi Java EE 7.

Fitur-fitur yang ada di Glassfish:

  • mendukung load balancing.
  • halaman administrasi untuk konfigurasi dan manajamen yang mudah digunakan.
  • bagian inti yang ringan dan ekstensibel.
  • memiliki web container.
  • mendukung high availability clustering.

Bitnami Stack

bitnami
Source: Daily Host News

Bitnami stack adalah web server yang mendukung banyak bahasa pemrograman seperti: Php, Java, Perl, Ruby, dan bitnami stack juga memiliki kemudahan dalam peroses instalasi aplikasi.

Sama halnya dengan XAMPP dalam kualitas kinerja, tapi bintami memiliki banyak dukungan platform yang berbasis Django, JBoss, Tomcat, Ruby on Rails, Java, dan lainnya. Selain itu Bitnami stack bisa jalan di virtual machine sama seperti Xampp, bisa diinstall pada cloud server, dan mendukung beberapa CMS seperti Joomla, Drupal, WordPress, Prestashop, dan lainnya.

Jetty

software untuk server web

Jetty adalah web server yang menyediakan beberapa dukungan seperti avax servlet container plus mendukung HTTP/2, WebSocket, OSGI, JMX, JNDI, JAAS, dan integrasi lainnya. Jettu merupakan web server dalam duni pemrograman Java sama halnya dengan Tomcat dan Glassfish, yang berdiri tahun 1995. Web server ini dikelola dibawah perusahaan Eclipse Foundation.

Jetty bersifat open source, dan secara luas jetty memiliki berbagai proyek secara production atau development. Proyek Jetty dapat digunakan dalam device, framework, aplication, atau clutser.

Winginx

rumah web server
Source: Winginx

Winginx adalah web server yang memiliki banyak dukungan untuk web server seperti: PHP 7.1 (+5.6), MySQL 5.7, Node.js 6, Redis, MongoDB, CMS (WordPress, Joomla, Drupal, dll), Frameworks, dan Memcached.

Karena kinerja yang bagus dan memiliki ukuran yang ringan sekitar 22MB dan tentunya open source, menjadikan winginx sebagai salah satu web server yang cukup degemari oleh banyak orang.

Cherokee

software server web

Cherokee adalah web server yang memiliki dukungan bahasa pemrograman seperti PHP serta database MySQL dan banyak fitur diantaranya, CGI, SSI, Reverse HTTP Proxy, SCGI, Fast CGI, Virtual Hosts, dan lainnya.

Selain itu Cherokee merupakan web server yang memiliki ukuran yang sangat ringan dibawah 10MB, adn juga memiliki tampilan GUI yang menarik ciri khas dari Cherokee sehingga para pengguna tidak cepat bosan da web server ini menjadi andalan mereka.

Selain open source (gratis) dan juga cross platform Cherokee bisa kita download di website resminya untuk pengguna Windows atau pun Linux.

The Uniform Server

uniform server

The Uniform Server adalah salah web server terbaik yang memiliki paket diantaranya PHP, Perl, Apache, dan MySQL (PhpMyAdmin) dan tidak bersifat cross platform yang hanya bisa digunakan di operasi sistem Windows.

WEb server ini juga memiliki plugin-plugin tambahan seperti: FTP Server, SSH, Stunel, dan plugin lainnya, shingga mempermudah penggunanya dalam membangun website.

LiteSpeed

software server web

Lite Speed adalah web server yang dikembangkan pada tahun 2013 oleh perusahaan LiteSpeed Technologies, dan bersifat open source. Litespeed mendukung HTTP/2 yaitu dukungan yang banyak digunakan oleh banyak penyedia web hosting, litespeed mengatakan bahawa ia merupakan pengganti penus terhadap Apache HTTPd.

Keunggulan dari LiteSpeed diantaranya: web server yang kompatibel dengan fitur-fitur apache, bersifat cross-platform, peningkatan pada performa dan stabilitas, mengurangi ongkos hardware dan support, peningkatan keamanan server, keuntungan bagi para penggunanya.

Fitur-fitur dan kelebihan lain yang ada di LiteSpeed diantaranya:

  • mendukung bahasa PHP, Perl, Ruby, Python, dan lainnya.
  • HTTPS, HTTP/2 dan HTTP 1.0/1.1 compliant
  • IPv4 dan IPv6
  • GZIP
  • mendukung websocket proxy
  • kemasan bawaan untuk anti DDOS dan bandwith throttling.

Caddy

software server web
Source: Pandora FMS

Caddy adalah web server yang mendukung berbagai protokol dan teknologi bari sepert: Virtual Host, Clean URL, Gzip, Logging, Headers, Reverse Proxy, FastCGI, HTTPS, Multicore, Rewrites & Redirect, HTTP/2, IPv6, Markdown, WebSocket, Directory Browsing.

Caddy merupakan nama yang sebelumnya merupakan sebuah proyek pengembangan oleh Matt Holt. Web server ini cocok untuk para web developer, bloger, dan designer karena konfigurasinya humanis.

Virgo

software web

Virgo adalah web server yang berbasis Java digunakan unutk menjalankan aplikasi Spring powered da aplikasi java. Fitur-fitur dalam Virgo diantaranya: Provisioning, Spring 3, User Region, Web Container, Provisioning, Spring 3, User Region, Web Container, JMX Management, Logging, Hot Deployment, Advanced , esolution Failure Diagnostics, Legacy Library Support, Equinox Console Extension, Automatic Thread Stack Dump on Deadlock, dan lainnya

Sama seperti Jetty, Virgo merupakan web server yang dikelola dibawah perusahaan Eclipse Foundation.

Zen Server

software server

Zen server adalah web server yang memiliki fitur enterprse untuk Php, dan memiliki dua versi yaitu gratis dan berbayar. Tentunya di versi berbayar Zen Server memberikan fitur-fitur lengkap dan memiliki kualitas yang bagus.

Zen server sudah diintegrasikan dengan web-web lain seperti: IIS, Nginx, dan Apache, dan ia juga memiliki fitur menarik bernama debugger yaitu untuk memonitor aplikasi dan cache data,

Semoga bermanfaat😄😄😄

Default image
Nabil Tedjamaja
Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: