Contoh Alamat Email Lengkap Dengan Penjelasannya

Electronic mail atau yang dikenal sebagai email merupakan salah satu layanan yang membantu pekerjaan banyak orang. Setiap orang akan memiliki alamat email yang berbeda-beda, salah satu contoh alamat email yang seringkali dijumpai adalah yang berdomain Gmail.

Ada juga pengguna yang menggunakan domain email lain yang memang menawarkan pembuatan secara gratis dan fitur menarik lainnya. Kamu juga bisa membuat akun email di berbagai layanan menggunakan satu identitas untuk mencoba setiap fitur yang ditawarkan dari setiap layanan email.

Pengertian Alamat Email

pengertian email
Source: Pixabay

Alamat email dapat diartikan sebagai sebuah alamat khusus atau ID khusus yang dimiliki oleh setiap pengguna di layanan email tertentu. Apabila di layanan email A ternyata sudah menggunakan username yang kamu inginkan, maka kamu tidak bisa menggunakan atau mengambil alihnya.

Sebaliknya, kamu harus membuat username lain yang mengandung nama pribadi dengan menambahkan unsur angka dan sejenisnya asal sesuai peraturan. Dalam satu layanan email, tidak mungkin jika satu user memiliki alamat email yang sama dengan user lainnya.

Sejarah Alamat Email / Surat Elektronik

sejarah alamat email / surat elektronik
Source: Pixabay

Awal kemunculan Email (surat elektronik) yaitu pada tahun 1971 oleh Roy Tomlinson seorang mantan MITian yang pernah bekerja sebagai kontraktor ARPANET pada sistem operasi di TENEX untuk BBN teknologi.

Ia mulai membuat sebuah program electronic mail (surat elektronik) atau yang sering kita sebut dengan email. rogram email Roy Tomlinson merupakan program lokal (SNDMSG) yang merupakan penyempurnaan aplikasi email (CPYNET).

Bersama teman-temannya program pertama email yang memperkenalkan fitur menyalin dokumen dan mengirim email melalui jaringan. Email pertama yang bersisi pesan “QWERTYUIOP” kata yang merupakan baris pertama pada layout keyboard.

Setelah itu Tom juga mengembangkan fitur-fitur lainnya, seperti penggunaan tanda “@” pada alamat email.

Manfaat Alamat Email

manfaat alamat email
Source: Pixabay

Seperti yang telah disinggung di awal bahwa adanya alamat email ini bisa digunakan sebagai identitas pribadi. Identitas ketika kamu mengirimkan atau menerima email dari orang lain. Alamat email ini bersifat unik dan tidak bisa dimiliki oleh orang lain begitu saja.

Selain dijadikan sebagai identitas pribadi, ID email juga bisa bermanfaat untuk memasarkan sebuah produk atau jasa. Pemasaran ini tentu bisa memanfaatkan fitur email blast yang dimiliki oleh beberapa layanan email lainnya.

Pada dasarnya, manfaat yang didapatkan dengan adanya alamat email ini tidak jauh berbeda dengan fungsi email pada umumnya. Tinggal bagaimana orang-orang memanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan tidak menyalahgunakan fungsinya.

Baca Juga: 5 Peran Administrasi Infrastruktur Jaringan beserta Contoh dan Software

Contoh Alamat Email

Pembuatan alamat email memang harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Ada yang memang digunakan untuk email alternatif, ada juga yang memang digunakan dalam hal pekerjaan dan sebagainya. Berikut ini beberapa contoh alamat email yan bisa dibuat :

Jenis Jenis Alamat Email

contoh alamat email
Source: Unsplash

Berikut 8 jenis alamat email yang bisa kamu gunakan dari yang banyak orang gunakan sampai bisa kustom menggunakan domain sendiri.

1. Gmail

Gmail menjadi salah satu layanan penyedia email terbesar dan populer hingga saat ini. Penggunanya terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Ada banyak benefit yang didapatkan ketika kamu menggunakan penyedia layanan email dari Google ini, yaitu :

  • Setiap akun akan mendapatkan penyimpanan gratis hingga 15GB dan dapat diupgrade sesuai kebutuhan.
  • Satu layanan email terintegrasi dengan layanan lainnya.
  • Memiliki fitur sinkronisasi yang cepat dan akurat di perangkat Android.
  • Dapat digunakan untuk Sign Up atau Login di berbagai macam platform.

2. Outlook

Jenis layanan email selanjutnya ada dari Microsoft dengan produknya Outlook. Design email dari Outlook ini modern, stylish dan tentunya responsif. Seperti halnya Gmail, kamu juga akan mendapatkan fitur :

  • Dapat diintegrasikan dengan produk Microsoft via Microsoft Office Online.
  • Kamu bisa menginstall aplikasi Outlook di Windows dan tidak perlu repot-repot login ulang.
  • Terkoneksi dengan Skype.
  • Tersedia layanan lain seperti Outlook Calendar dan sejenisnya.

3. Yandex

Menjadi salah satu layanan email yang berasal dari Rusia, Yandex tidak hanya menawarkan email gratis saja, tapi juga menawarkan produk mesin pencari. Menjadi salah satu perusahaan besar di Rusia, layanan email ini juga populer digunakan. Berikut fitur-fitur yang didapatkan :

  • Seperti halnya Gmail, kamu akan mendapatkan ruang penyimpanan gratis hingga 10GB.
  • Satu email Yandex akan terintegrasi dengan layanan Yandex lainnya.
  • Memiliki fitur import gambar hanya dengan URL saja.
  • Kamu bisa menunda pengiriman email dan menjadwalkannya.
  • Variasi pilihan tema email banyak.
  • Dukungan fitur notifikasi email jika email telah terkirim, terbaca, namun tidak mendapatkan balasan dari alamat yang dituju.
  • Bisa membuat alamat email sendiri dengan domain website secara gratis.

4. iCloud

Pengguna iOS mungkin sudah tidak asing lagi dengan iCloud Mail yang memang ditawarkan oleh pihak Apple bagi pengguna iOS. Layanan email hanya dapat diakses melalui produk Apple ID. Kelebihannya adalah dalam hal sinkronisasi dengan perangkat lainnya. Berikut fiturnya :

  • Setiap user akan mendapatkan penyimpanan gratis hingga 5GB.
  • Dapat dihubungkan dengan Mail Drop dan kamu bisa melampirkan berbagai macam jenis file dengan batas maksimal ukuran mencapai 5GB.
  • Memiliki fitur forwarding otomatis, sehingga bisa mengirimkan email ke alamat email lainnya.

5. AOL

Layanan email satu ini dahulunya lebih dikenal sebagai AOL Instant Messenger (AIM), namun layanan AIM telah berhenti. Meskipun demikian, layanan emailnya masih tetap berjalan dan kamu bisa mendapatkannya secara gratis. Fitur yang ditawarkan diantaranya :

  • Dukungan fitur spelling check sebelum email terkirim, namun hanya untuk penulisan dalam Bahasa Inggris.
  • Memiliki variasi tema yang banyak dan gratis digunakan.
  • Kalender dapat terhubung dengan email, sehingga bisa menambahkan agenda khusus di kalender tersebut.
  • Bisa melakukan import kontak dari berbagai macam format seperti TXT, CSV dan LDIF.

6. Mail.com

Macam layanan email lainnya yang bisa kamu coba secara gratis adalah Mail.com. Layanan email ini memiliki salah satu keunggulan yang tidak dimiliki oleh layanan email lainnya, yaitu bisa melakukan custom domain email. Berikut detail fitur yang ditawarkannya :

  • Pengguna bisa memilih salah satu dari ratusan domain yang tersedia untuk alamat email masing-masing.
  • Setiap akun email akan mendapatkan storage gratis hingga 2GB.
  • Meskipun menggunakan domain gratis, namun kamu tetap bisa menerima maupun mengirim pesan seperti fungsi email pada umumnya.

7. Zoho

Penyedia layanan email satu ini mungkin masih asing dan jarang digunakan oleh masyarakat, terutama di Indonesia. Padahal, Zoho ini memiliki tampilan yang minimalis, bersih dan mudah digunakan bagi pemula sekalipun. Adapun fitur yang dimiliki diantaranya :

  • Memiliki fitur stream yang memungkinkan pengguna untuk mengirim email ke beberapa pengguna lain dengan tampilan seperti halnya chat di media sosial.
  • Setiap user akan mendapatkan penyimpanan gratis 5GB.
  • Pengguna bisa melakukan upgrade ke domain website atau pribadi secara praktis dan gratis.
  • Kamu bisa menambahkan file gambar dari sumber-sumber seperti One Drive, Drop Box, Zoho Docs hingga G-Drive.

8. Domain Pribadi atau Tempat Kerja

Jenis terakhir yang akan dibahas kali ini adalah custom domain pribadi atau dari tempat kamu bekerja. Bahkan jika kamu memiliki domain pribadi atau pihak tempat kerja menyediakan layanan email gratis, maka bisa memanfaatkan keduanya. Fitur yang biasanya didapatkan :

  • Setiap pengguna akan mendapatkan domain pribadi dan ini akan terlihat lebih profesional.
  • Bagi yang menggunakan domain pribadi, kamu bisa mengatur kapasitas penyimpanan untuk alamat email tersebut.
  • Kamu bisa membuat lebih dari satu alamat email menggunakan domain pribadi.
  • Bagi yang menggunakan domain tempat kerja, umumnya akan memiliki storage yang disesuaikan oleh pihak admin.

Selain contoh alamat email diatas, kamu juga bisa mencoba variasi atau kombinasi lain yang memang diizinkan oleh pihak penyedia layanan. Jika digunakan sebagai akun pribadi, akan lebih baik membuat username yang bagus dan tidak aneh-aneh.

Terimakasih banyak telah mengunjungi website ini semoga pembahasannya mudah dipahami dan juga bermanfaat.

Leave a Reply