15+ Contoh Dekorasi ruang kelas TK [Taman Kanak-kanak]

Dekorasi Kelas Untuk TK – Sekolah tingkat TK (Taman Kanak-kana), merupakan pendidikan pertama di sekolah bagi seorang anak yang berusia 3 – 5 tahun. Orang tua pastinya ini anaknya mendapatkan pendidikan yang baik dan bagus untuk kebaikan di masa depannya.

Dekorasi kelas yang ceria dan bersahabat untuk anak-anak TK, bisa membuat mereka percaya diri dan lebih kreatif. Fasilitas yang bersih, nyaman, membuat anak-anak betah di sekolah.

Berikut contoh dekorasi ruang kelas untuk TK, Semoga bermanfaat..

Tips Memilih Kelas Pendidikan untuk Anak TK

belajar menggambar
Source: Pixabay
  • Kualitas Pendidik atau Guru TK-nya
    kualitas guru untuk anak-anak ialah ia bisa memancing anak dalam berkreasi, rasa kingintahuan, bisa mengajarkan lingkungan positif dan disiplin. Guru TK juga merupakan Ibu bagi anak-anak di sekolah,
  • Sarana dan fasilitas 
    Meskipun sekolahan yang tidak besar akan tetapi sarana dan fasilitas inti arus ada seperti: keamanan sekolah, Kebersihan, ruangan bersih dan bersahabat. Sarana dan fasilitas bisa menunjang perkembangan anak dari segi motorik, kognitif, dan emosional anak.
  • Biaya Sekolah
    Untuk mendapatkan kualitas pendidikan yang bagus, tentu biayanya lebih mahal, tapi itu semua menunjang kebutuhan anak-anak di masa perkembangannya.
  • Kurikulum Sekolah
    Kurikulum setiap sekolah berbeda-beda, entah itu yang nasional, atau pun kurikulum yang islami. Sebagai seorang muslim maka krikulumnya harus berdasarkan Al-Quran dan As-Sunnah, untuk menjadikan anaknya paham akan nilai-nilai dasar keislaman, dan menjadi anak yang sholeh.
  • Lokasi sekolah 
    Lokasi sekolah untuk anak TK merupakan hal penting, sehingga waktunya bisa lebih hemat ketika orang tua mengantar dan menjemput anak.
  • Metode dan program sekolah
    Sekolahan bukan hanya untuk nilai dan hasil pada proses pembelajaran, akan tetapi program sekolah yang menjadikan anak memiliki karakter yang baik budi pekertinya, rajin, bersemangat.
  • Mensurvei sekolah
    Sebelum memasukan anak ke dalam sekolah taman kanak-anak, tentunya orang tua harus mengecek atau mensurvei sekolahan untuk anaknya. Setiap orang tua menginginkan anaknya bisa tumbuh dengan baik, maka hal ini harus dilakukan olah orang tua.

Contoh Desain Dekorasi Kelas Untuk Anak TK

Fasilitas kelas juga merupakan penunjang bagi anak-anak untuk berkembang, dengan dekorasi ruangan kelas yang bersahabat menjadikan ia lebih aktif dan kreatif.

Berikut contoh dekorasi ruangan kelas bagi anak-anak TK:

dekorasi kelas TK
Source: Pinterest

Dekorasi ruang kelas TK yang cerah, dengan lingkungan yang bersih dan rapih, ditambah dengan dekorasi dinding seperti huruf-huruf abjad, dan kreasi dinding yang keren.

Tedapat lemari-lemari, meja beserta kursinya yang tersusun rapih, dan mainan-mainan untuk anak-anak TK.

Dekorasi kelas TK
Source: education technology solution

Dekorasi ruang kelas TK yang memanfaatkan ruangan persegi panjang dengan lantau begaris, dan banyak fasilitas untuk anak-anak TK. Ruangan yang simpel yang memberikan kesan mewah, rapih, dan bersih.

Terdapat lemari, rak buku meja kelompok dengan kursinya, globe, kanvas untuk melukis, dan lainnya yang tersusun rapih.

Dekorasi kelas TK
Source: naturallywood

Ruangan kelas yang lebar dipenuhi fasilitas-fasilitas yang sangat lengkap dan dinding yang penuh dengan kreasi unik yang tentunya tersusun rapih, serta langit-langit yang fullcolor. Selain fasilitas lengkap yang tertata, terdapat sebuah rak baris memanjang, tempat untuk menaruh tas anak-anak.

ruangan nyaman untuk anak belajar
Source: Design share

Ruangan yang besar denga skat-skat lemari yang tersusun, meja-meja kelompok yang berbeda-beda, dan lantai menggunakan karpet abu-abu. Ruangan ini tidak terlalu mencolok dengan warna-warna, tapi dengan warna-warna pilihan yang sesuai menjadikan kelas ini keren.

kelas kreatifitas
Source: Fredi

Ruangan minimalis dengan lantai karpet susun (puzzel) dengan huruf-huruf abjad, disamping kiri dan kanan tedapat rak lemari yang sama besar, dan dua lemari kecil sama besar yang menglilingi ruangan. Dalam rak terdapat box-box untuk peralatan belajar anak-anak TK.

Ruangan ini juga terdapat bantal-bantal yang berbentuk hewan, dinding dengan kontur susunan bata berwarna kuninga dan abu-abu, dinding diberi lukisan pohon dan motifasi-motifasi.

anak-anak tk di china
Source: Pixabay

Di negara China anak-anak setingkat TK diajarkan kedisiplinan, sehingga negara itu maju karena sejak kecil anak-anak diajarkan dengan baik. Sekolah-sekolah TK di China memiliki ruangan kelas yang kreatif dan inofatif.

Sekolah-sekolah TK di China dengan basis asrama juga banyak diminati terdapat ribuan sekolah di seluruh negara China, dan di sejumlah kota-kota besar. Orang tua menitipkan anak-anaknya ke sekolah ini supaya anaknya bisa mandiri dan memiliki kemampian hidup yang baik, meskipun tradisi di China mengatakankatakan:

“Dalam satu rumah tedapat keluarga lengkap, bahkan seringkali memiliki empat nenek-kakek, dua orang tua, dan anak-anak”

Pada umumnya kelas-kelas TK d China sangat menjaga fasilitas-fasilitas yang ada, kebersihan kerapihan, dan lainnya.

ruangan anak tk
Source: Dekoruma

Ruangan kelas yang fullcolor, warna peralatan disesuaikan dan disusun bedasarkan warna pelangi, meja-meja kelmpon yang ditata rapih dengan kursinya. Lemari-lemari untuk menyimpan peralatan belajar anak-anak TK tersusun rapih.

Lantai dengan ubin kotak-kotak berwarna krem, dan beberapa ubin berwarna pelangi. Dinding kelas memiliki poster-poster, angka, dan huruf-huruf denga kreatif. Langit-langit kelas dipasang bola-bola yang menggantung menambah ruangan ini menjadi lebih hidup.

kelas yang ceria
Source: Dekoruma

Rangan kelas berwarna biru langit, dengan tempat yang dibagi-bagi, untuk melukis, kerja kelompok, area bermain dengan banyak mainan dan lainnya. Dinding yang dihias dengan rak dinding, kreasi gambar pohon, animasi lainnya, dan juga mading pengetahuan bergambar.

Semua fasilitas di kelas lengkap dan terususun dan tertata rapih, langit-langit digantung beberapa kreasi bentuk-bentuk daun dan bentuk hewan dari kertas.

tempat duduk di ruangan kelas
Source: Pixabay

Ruangan dengan pilihan warna coklat menghiasi dinding-dinding dan lantai, terdapat kertas-kertas hasil kreasi menggambar anak-anak TK dipasang dengan menjepitkan di tali yang ada di dinding.

Meja-meja dengan bentuk yang sama tersusun bejajar, dan tertata rapih, dan masing-masing meja terdapat enam kursi untuk setiap kelompok. Semua ruangan dan fasilitas didominasi dengan warna-warna coklat yang sesuai.

tempat belajar anak-anak
Source: Pixabay

Kelas TK outdoor yang fullcolor dengan fasilitas-fasilitas lengkap, lantai dengan banyak warna yang berbentuk bambar seni. Meja, kursi, dan lemari berwarna-warni menjadi kelas ini menjadi hidup, ditambah sejuknya angin.

papan kreatif untuk jasa guru
Source: Pixabay

Satu kelas TK membuat papan tulis menjadai sebuah kreasi, untuk memepringati hari guru, desain yang begitu ceria, dan penuh kegembiraan. Kreasi dari berbagai macam objek, ada bungan lebah,dll.

lukisan di ruang kelas
Source: Pixabay

Konsep ruang kelas dengan lukisan yang mencolok di dinding, lukisan tentang tumbuhan abstrak yang fullcolor, dibarengi dengan meja alami yang terbuat dari kayu, diatasny pot stroberi dan bunga.

ruangan ini juga terdapat pohon-pohon yang nampak tapi bukan dari tumbuhan asli. Dengan keragaman kreasi menjadikan kelas ini unik dan berbeda dari yang lain.

dekorasi ruang kelas TK yang nyaman
Source: Study

Ruang kelas tk diatas merupakan ruangan yang unik dan fullcolor, berbagai fasilitas belajar dan bermain juga ada, disusun secara teratur dan rapih. Lihat gambar di atas, kita bisa mencontoh struktur penempatan untuk ruang kelas TK di Indonesia, jika kelas TK seperti ini anak-anak pasti senang dan gembira di tambah gurunya yang aktif.

Di jepang konsep ruangan kelas seperti si atas sudah banyak diterapkan karena jepang sendiri mengedepankan pendidikan di usia dini.

Bukan hanya itu pendidikan di jepang sudan menerapkan hal-hal ketika ia masuk di tingkat taman kanak-kanan diantaranya:

  • Pendidikan dimulai sejak dini.
  • Dilatih kemandirian, kedisiplinan dan etika yang baik
  • Dilatih untuk selalu bertanggung jawab, dan memiliki moral
  • Penekana terhadap kreatifitas.
dekorasi fullcolor untuk kelas TK
Source: making the web

Contoh ruangan kelas yang minimalis, dan tetap mengedepankan kerapihan dan kebersihan, serta fasilitas yang memadai untuk menunjang belajar anak.

dekorasi ruang kelas TK
Source: dekoruma

salah satu hiasan kelas untuk anak-anak TK, dimana memberikan kesan yang ceria dan fullcolor, dan kreasi yang unik untuk dindingnya, lemari rak yang tertata rapih.

Default image
Nabil Tedjamaja
Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: