Fungsi Kabel HDMI

Mungkin dari kita masih ada yang belum tahu apa itu HDMI? atau sama sekali tidak tahu bentuk dan fungsi dari kabel HDMI.

Mohon disimak, karena kali ini saya akan membahas tentang apa itu HDMI, Fungsi, Sejarah, Jenis, Kelebihan dari kabel atau port HDMI.

Apa itu HDMI?

Fungsi Kabel HDMI
Source: Pixabay

HDMI adalah sebuah port dengan standar antarmuka multimedia yang digunakan sebagai konektor pada peralatan-peralatan audio/video dengan kualitas High Definition. Singkatan dari HDMI sendiri yaitu High-Definition Multimedia Interface. 

Teknologi HDMI memberikan kemampuan multimedia yang berkualitas, dengan sistem kompresi sinyal digital yang mampu meminimalkan cahaya berlebih dibandingkan analog.

Sinyal audio digital yang dihasilkan HDMI antara lain:

  1. PCM,
  2. DTS-HD Master Audio,
  3. Super Audio CD,
  4. DVD-Audio,
  5. Dolby TrueHD.

Adapun untuk siyal video digital yang dihasilkan HDMI antara lain: 480i, 480p, 576i, 576p, 720p, 1080i, 1080p, 1440p, dan lainnya.

Baca juga: Jaringan WAN | Pengertian, Sejarah, Fungsi, Kelebihan, DLL

Sejarah dan Perkembangan HDMI

Fungsi Kabel HDMI
Source: Pixabay

HDMI pertama kali dirancang pada bulan Desember 2002, dan mulai memproduksi dan dipasarkan pada tahun 2003 akhir.

PErangkat HDMI telah terjual hingga mencapai angka 4 miliar unit, pada tahun 2015.

Perusahaan-perusaan elektronik seperti SONY Corporation, PHILIPS N.V, Panasonic, Hitachi Maxell. Ltd, Sanyo Electric Co. Ltd, Silicon Image Inc, Tecnhicolor SA, Toshiba Corporation, dan perusahaan lainnya juga menyediakan port HDMI pada produk elektronik mereka.

Bahkan port HDMI sudah mendapat lisensi yang telah dipegang sekitar 1200 perusaan elektronik sebagai standar port multimedia.

Selain itu HDMI sebagai port dukungan oleh produser film besar seperti Universal, Warner Bros, Fox, dan Desney, dan juga untuk operator sistem EchoStar (Dish Network), dan DirectTV, seperti Samsung dan Cablelabs.

Hingga saat ini HDMI sudah menjadi perangkat yang digunakan di rumah. Bahkan kabel HDMI bisa kita lihat untuk menghubungkan banyak perangkat elektronik.

Kita bisa menghubungkan TV LED kita, pemutar DVD, pemutar Bluray, Laptop, Xbox, Play Station, Apple TV dan perangkat elektronik lainnya.

Jenis kabel HDMI 260

3 jenis kabel HDMI berdasarkan port konektor standar yang biasa digunakan:

Konektor HDMI type A (standar)

Type A merupakan tipe kabel HDMI yang umum dan biasa digunakan orang-orang sebagai kabel perlengkapan untuk DVI-D (Digital visual interface) atau audiovisual, konsole game, TV, Laptop, atau lainnya.

Fungsi dari kabel hdmi type A sebagai penghubung dengan konektor male-plug”, yang memiliki ukuran demensi pada bagian luarnya 13,9 mm x 4,45 mm. Sedangkan konektor yang “remale-plug” memiliki ukuran dimensi pada bagian dalamnya yaitu 14 mm x 4,55 mm.

Di dalam port type A memiliki 19 pin, dengan bandwith pada semua mode 4K, UHD, HDTV, EDTV, dan SDTV.

Konektor HDMI type C / mini HDMI

Fungsi Kabel HDMI
Source: Google

 

Pada port HDMI versi ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari port type A, dan port ini biasanya digunakan untuk perangkat-perangkat portable seperti: kamera DSLR, Tablet, atau Camera Recorder.

Selain itu ada juga smartphone yang port type C, kita bisa lihat pada salah satu smartphone nokia seri N8.

Port HDMI type C memiliki ukuran pada bagian luarnya yang berdimensi 10,42 mm x 2,42 mm, dengan konfigurasi 19 pin. Selain itu type C bisa dihubungkan dengan typ A, menggunakan kabel type A for type C.

Konektor HDMI type D / micro HDMI

 

port HDMI type D memiliki ukuran yang lebih kecil dari type C, port ini bisa kita temukan pada perangkat yang ringkas dan portable seperti smartphone.

Micro HDMI ini memiliki ukuran dimensi 5,83 mm x 2,20 mm, memiliki 19 pin standar, namun berbeda penugasannya.

Type di atas merupakan tipe yang biasa digunakan, adapun selainnya ada type B yaitu tipe port HDMI yang memiliki 29 pin.

Baca juga:Kenali Lebih Jauh Tentang Teknologi WAN

Fungsi Kabel HDMI

fungsi kabel hdmi
Source: Pixabay

Fungsi dari kabel HDMI yaitu sebagai penghubung (connector) antar perangkat, dengan kabel HDMI juga kita bisa mengirim data audio/video dengan kualitas yang tinggi (HD).

Fungsi kabel HDMI berdasarkan Kelebihannya:

  1. melakukan kompresi sinyal secara digital, berbeda dengan jenis kabel yang menggunakan analog, audio/video yang dihasilkan memiliki kualitas yang kurang.
  2. kecepatan transfer menggunakan kabel HDMI lebih cepat, kecepatan transfernya mencapai 5 GB/detik sehingga kualitasnya yang dihasilkan tinggi.
  3. kabel HDMI merupakan jenis kabel tunggal, jadi penggunaan HDMI lebih praktis, dari pada kabel audio/video lainnya.
  4. mendukung komunikasi dua arah sumber yaitu output video dan DTV.
  5. konfigurasi otomatis one touch play.

Fungsi kabel HDMI berdasarkan perangkatnya:

  1. DVD Player, sekarang sudah banyak DVD player yang menggunakan/support terhadap port HDMI. Kita bisa menghubungkan DVD player dengan LCD/TV LED, maka kita bisa memutar film dengan kualitas yang tinggi, berbeda jika dibandingkan dengan kabel AV.
  2. Smartphone, pada sebagian ponsel sudah ada yang menanamkan port ini salah satunya Nokia N8.
  3. Konsole Game, kebanyakan konsole game yang bekembang sudah menggunakan port HDMI untuk tampilan audio visual yang beresolusi tinggi. Contoh game konsole yang sudah menggunakan port HDMI yaitu PS 3, PS 4.
  4. Laptop / Komputer, hampir di setiap laptop sudah memiliki port HDMI untuk konektor multimedia yang bagus.

Kelebihan Kabel HDMI

fungsi Kabel HDMI
Source: Pixabay

Dalam multimedia HDMI merupakan port yang yang paling baik diantara kabel audio/video lainnya.

Berikut kelebihan dari Kabel HDMI:

  1. Kabel HDMI standar yang biasa digunakan pada umumnya, memiliki kemampuan resolusi HDTV, TV stelit hingga 720p dan 1080i.
  2. Kabel HDMI otomitif standar, memiliki resolusi yang sama seperti HDMI standar, dan biasanya digunakan untuk DVD portable atau in-car.
  3. Kabel HDMI dengan kecepatan tinggi yang dirancang untuk resolusi 1080p dan 4K (30Hz) dengan dukungan 3D dan Deep Color.
  4. Kabel HDMI otomotif berkecepatan tinggi untuk mengoptimalkan lingkungan otomotif.
  5. Kabel HDMI kecepatan tinggi premium untuk transfer video dengan resolusi UltraHD, termasuk 4K (60Hz), HDR dan warna yang diperluas.
  6. Kabel HDMI kecepatan ultra tinggi yang mencakup kemampuan kabel lain, serta dukungan video 8K dengan HDR.
  7. Kabel HDMI dengan ethernet bawaan, memiliki kecepatan yang tinggi mencakup kemampuan lainnya dengan dukungan saluran ethernet (HEC).

Pin-pin yang ada di kabel port HDMI diantaranya:

  1. Pin 1 TMDS Data2+
  2. Pin 2 TMDS Data2 Shield
  3. Pin 3 TMDS Data2–
  4. Pin 4 TMDS Data1+
  5. Pin 5 TMDS Data1 Shield
  6. Pin 6 TMDS Data1–
  7. in 7 TMDS Data0+
  8. Pin 8 TMDS Data0 Shield
  9. Pin 9 TMDS Data0–
  10. Pin 10 TMDS Clock+
  11. Pin 11 TMDS Clock Shield
  12. Pin 12 TMDS Clock–
  13. Pin 13 CEC
  14. Pin 14 Persediaan (N.C. pada perangkat)
  15. Pin 15SCL
  16. Pin 16SDA
  17. Pin 17Ground DDC/CEC
  18. Pin 18Power +5 V
  19. Pin 19Hot Plug Detect

baca juga: Bagian Bagian (Komponen) Yang Ada di Motherboard

Kekurangan, Batas Jarak Kabel HDMI

Source: Pixabay

Kabel HDMI memiliki batasan panjang jarak kabel maksimal, panjang pada sebuah kabel menyebabkan melemahnya sinyal yang diberikan. Adapun untuk kabel tembaga HDMI memiliki standar pada 28 AWG.

Selain itu pengguna kabel HDMI mengatakan bahwa sinyal menurun pada panjang sekitar 5 meter.

Website resmi HDMI mengatakan batasan jarak kabel HDMI adalah 10 meter.

HDMI technology has been designed to use standard copper cable construction at long lengths. In order to allow cable manufacturers to improve their products through the use of new technologies, HDMI specifies the required performance of a cable but does not specify a maximum cable length.

We have seen cables pass “Standard Cable” HDMI compliance testing at lengths of up to a maximum of 10 meters without the use of a repeater. It is not only the cable that factors into how long a cable can successfully carry an HDMI signal, the receiver chip inside the TV or projector also plays a major factor.

Receiver chips that include a feature called “cable equalization” are able to compensate for weaker signals thereby extending the potential length of any cable that is used with that device. With any long run of an HDMI cable, quality manufactured cables can play a significant role in successfully running HDMI over such longer distances.”

 

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: