11 Jenis Jenis Komputer beserta Fungsi dan Penjelasannya

Ketika kita ditanya apa itu komputer? maka jawabannya alat elektronik untuk ngetik, ngegame, ngedit, dll yang terdiri dari monitor, CPU, mouse, dan keyboard. Benarkah begitu?? ternyata jenis-jenis komputer itu banyak loh!!

Desktop PC yang biasa kita lihat, laptop, tablet, komputer besar seperti yang ada diperusahaan dimana hanya ada kotak-kotak besar di ruangan, dan itu merupakan jenis dari komputer. Bahkan jam tangan atau pun alat canggih yang dipakai (wearable) juga merupakan komputer.

Perkembangan komputer semakin maju dan berkembang sehingga memunculkan jenis jenis komputer yang banyak, dan tentunya masing-masing komputer memiliki kegunaan yang berbeda beda.

Berikut 11 Jenis-jenis komputer beserta fungsi dan penjelasannya:

1. All in One PC

jenis jenis komputer
Source: DELL

PC All in One adalah komputer desktop yang didesain secara ringkas, tiga komponen utama komputer diletakan menjadi satu dalam sebuah casing monitor. Menjadikan PC all in one ini lebih praktis, dan portable.

Memiliki 3 komponen utama yaitu Layar monitor, input device (keyboard,dan mouse), dan mesun utama komputer (CPU, motherboard, RAM, VGA, dan lainnya).

PC all in one ini memiliki bentuk layar flat, seperti layar-layar komputer yang banyak di gunakan, bahkan semakin kesini layar dari pc all in one memiliki bentuk yang tipis, tentunya dengan spesifikasi yang tinggi.

Fitur terbaru seperti touchscreen sudah terpasang pada PC all in one, sehingga kita tidak harus menggunakan mouse atau keyboard fisik.

Kelebihan dan Kekurangan PC All in One

PC All in One ini dubuat bertujuan untuk komputer rumahan, kantor, ruang lab komputer, kemputer untuk UN, dan untuk tempat kerja lainnya yang diharuskan menggunakan komputer.

Berikut kelebihan dan kekurangan dari PC All in One:

  • Kelebihan dari PC All in One
    • Hemat ruangan karena komputer ini praktis dan portable.
    • Mudah dipindahkan karena berat dari komputer ini termasuk ringan.
    • Memiliki banyak pilihan dan mudah digunakan.
    • kinerja AiO ini tidak jauh berbeda dengan Dekstop PC.
  • Kekurangan dari PC All in One
    • Susah untuk diupgrade, beda harnya dengan Desktop PC yang bisa diupgrade sampai ke motherboard dan processornya karena komponennya terpisah.
    • Mudah panas, ketika penggunaan berat seperti nge-game, dan lainnya.
    • Harga yang cukup mahal, dibanding dengan Desktop PC.

2. Desktop PC

desktop PC Asus Rog
Source: AnandTech

Desktop PC (personal computer) adalah komputer yang digunakan dalam suatu tempat dan memiliki tiga bagian utama yaitu Monitor, Desktop (Motherboard, CPU, RAM, VGA, dsb), dan input device (perangkat masukan seperti: Mouse dan Keyboard).

Sejarah awal dari Desktop PC ini yaitu dimana posisi desktop diletakkan secara vertikal, dan seiringnya perkembangan Desktop ini diletakkan secara horizontal (tower).

Pastinya kita sudah tau Desktop PC ini karena komputer ini sudah sangat familiar di kalangan orang-orang, apalagi para gamers.

Hal lain dari Desktop PC ini adalah bagi para teknisi komputer atau para pencinta komputer, mereka bisa merakit Desktop PC sesuai keinginan. PC ini bisa kita rakit dalam segala hal seperti mengupgrade Processoe, mengganti motherboard dan lainnya, berbeda halnya dengan PC All in One.

Baca juga: Cara Mudah Dual Boot OS Windows Dan OS Linux

3. Notebook Laptop

Notebook (Laptop)
Source: Pixabay

Notebook atau disebut juga dengan laptop adalah komputer portable, dimana komponen-komponen utama seperti layar, keyboard, trackball (perangkat petunjuk fungsi yang sama seperti mouse), processor, motherboard, memori, hard drive, dan hardware penting lainnya yang disusun dalam satu paket.

Berat dari notebook sendiri berkisar antara 1 – 6 kg, notebook ini dimaksudkan untuk memudahkan para pengguna komputer agar bisa digunakan dimana saja.

Notebook juga ditanam sebuah baterai sehingga memungkinkan untuk beropersi di sembarang tempat tanpa terhubung dengan stopkontak.

Kita juga sering mendengan istilah netbook, terus apa perbedaan antara Notebook dan Netbook itu sendiri??. Keduanya sama-sama komputer portable, tapi perbedaan umum pada keduanya adalah dalam segi ukuran. Ukuran Notebook lebih besar dari netbook dan Notebook juga memiliki ukuran layar kurang lebih 18 inch.

macam macam komputer
Source: Google

Netbook sendiri dibuat dengan ukuran yang lebih ringan dari Notebook dan biasanya harganya lebih murah dari notebook, akan tetapi untuk harga tergantung, ada juga netbook yang high-end dan memiliki harga yang mahal.

Kebanyakan Netbook tidak memiliki DVD-ROM, disebabkan karena ukuranya yang minimalis, memiliki layar sekitar 6 sampai 13 Inchi.

4. Rugged Laptop

laptop tahan banting
Source: Rakuten

Sama halnya dengan Notebook, Rugged laptop adalah komputer portable yang dikhususkan untuk keadaan yang ekstrim yang membutuhkan alat komputasi.

Laptop ini diperuntukkan bagi orang-orang yang melakukan pekerjaan di tempat-tempat ekstrim, seperti tempat yang penuh dengan goncangan atau potensi terhadap getaran, benturan, air, serta cuaca yang ekstrim, sehingga membutuhkan alat komputasi yang tahan terhadap itu semua.

Rugged laptop adalah solusi untuk para pekerja di setiap lingkungan apa pun. Digunakan seperti para pekerja pemadam kebakaran, militer, dan pekerja lainya.

Laptop ini didesain kuat mungkin dan juga telah dites dalam berbagai masalah ekstrim, laptop ini sudah bersertifikat IP65 dimana tahan terhadap pasir, debu, dan tahan terhdap masalah di luar ruangan.

DELL Latitude 14 Rugged Extreme merupakan salah satu laptop rugged seperti gambar.

5. PC Tablet

jenis jenis komputer
Source: Google

PC Tablet adalah komputer portable yang berukuran seperti buku, yang bisa dibawa kemana-mana. Tablet ini menggunakan monitor dengan teknologi touchscreen, dan memiliki alat seperti pena sebagai kontrol layar.

Tablet ini dirancang untuk penggunaan aktivitas kantor yang simpel seperti menulis, browsing, dan kegiatan komputasi lainnya. Tablet PC ini juga mempunyai bundle aplikasi penunjang yang dibawa oleh sistem operasi yang digunakan. Ukuran diagonal Tablet ini lebih lebar dari 7 inch, sehingga memiliki ketidaksamaan dengan PDA atau smartphone.

Saat ini tablet PC sudah berkembang dan tidak hanya menggunakan operasi sistem Windos tapi juga menggunakan OS lain seperti Android, dan Apple.

Pada tahun 2011, perusahaan Apple mengeluarkan persi tabletnya yang dinamakan dengan IPAD. Disusul dengan kehadiran Galaxy Tab dari perusahaan Samsung, Blackberry Playbook, Motorola Xoom, dan tablet-tablet dari perusahaan asal China.

5. PDA

PDA - jenis jenis komputer
Source: The Next Web

PDA singkatan dari Personal Digital Assistant adalah sebuah komputer yang memiliki ukuran yang kecil dan bisa dibawa kemana-mana.

Pada awalnya PDA banyak digunakan untuk perngorganisir pribadi, dan perkembangan teknologi PDA kemudian memiliki fungsi lain seperti kalkulator, jam dan waktu, permainan komputer, akses internet, dan lainnya.

komputer yang sejenis dengan PDA bernama Palm top yang menggunakan teknologi nano komputer dan IC.

7. Server

Komputer Server
Source: Dimensi Data

Server juga merupakan dari jenis komputer yang berfungsi sebagai penyimpan informasi, server juga mengelola suatu jaringan pada komputer, sehingga memiliki processor yang kuat, serta memory dan harddrive yang besar.

8. Wearable Computer

jam tangan canggih - smartwacth
Source: Wikipedia

Wearable komputer adalah jenis komputer yang menempel pada tubuh penggunanya atau aksesoris tubuh layaknya pakaian.

konsep wearable komputer ini sudah ada pada tahun 1960-an dimana diterapkan dalam film-film seperti star wars, star trek, dan film dengan konsep teknologi di era 90-an.

Dan sekarang, wearable komputer sudah ada dan diterapkan dan digunakan orang-orang utuk kegiatan sehari-hari, seperti: Ipod, Smartwatch, Kacamata pintar, Smart control, dan lainnya.

9. Super Computer

macam macam komputer
Source: Super Computer

Super komputer adalah merupakan komputer yang memiliki kapasitas pengolahan dan pengoperasian yang sangat cepat. Komputer ini juga bisa melakukan 1 juta trilium pengopersian atau pengolahan per detiknya.

Berbeda dengan jenis komputer lainnya ukuran dari super komputer ini lebih besar bahakan bisa satu ruangan, atau satu gedung dimana isinya adalah super komputer.

Perusahaan super komputer seperti IBM, HP dan superkomputer lainnya yang bermunculan seiring majunya perkembangan teknolgi.

Adapun Cray. Inc masih memegang bahwa perushaannya merupakan pembuat dari super komputer.

10. Mainframe

Jenis Jenis komputer
Source: venturebeat

Mainframe adalah komputer besar yang diogunakan untuk memproses data dan aplikasi dalam ukuran yang besar. Mainframe merupakan istilah bagi perusahaan-perusahaan besar sebagai mesin besar pengolahan jutaan tugas atau transaksi setiap harinya.

Mainframe sendiri digunakan untuk menangani data seperti riset penelitian, sensus, transaksi finansial, dan keperluan militer, dengan banyak pengguna dalam waktu yang bersamaan.

11. Workstation

Jenis jenis komputer
Source: Pixabay

Wokstation adalah komputer yang menghubungkan komputer-komputer yang memanfaatkan jaringan untuk melakukan kelompok tugas.

Workstation memiliki peningkatan kemampuaan seperti processor yang diperkuat, dan memory tambahan. Komputer ini biasanya digunakan untuk berbagai macam pekerjaan yang membutuhkan sebuah kelompok kerja seperti pekerjaan 3D Graphics, pengembangan game, dan lainnya.

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: