Jenis Jenis Lampu LED Yang Digunakan Dalam Kehidupan Sehari-hari

Di artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang apa itu pengertian fungsi lampu LED beserta penjelasannya, dan disini kita akan membahas tentang jenis-jenis Lampu LED.

Trend lampu LED sudah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari bahakan jenis dan macam-macam lampu LED sudah bisa kita temukan di pasaran.

Jenis Jenis lampu LED

Berikut jenis-jenis lampu LED beserta penjelasannya:

1. Lampu Miniature LED

Jenis Lampu Miniature LED
Source: Google

Miniature LED adalah jenis lampu LED yang biasa digunakan sebagai indikator pada sebuah alat, atau lampu LED ini juga bisa digunakan sebagai hiasan.

Lampu LED ini memiliki ukuran yang kecil, bahakan ukurannya bisa mendekati ukuran mikroskopic. Bahkan ukuran yang sangat kecil yaitu 200 – 1000 mikron (0,02 – 0,04 inch) disebut micro LED yang digunakan pada TV LCD atau monitor PC.

Adapun lampu LED yang biasa digunakan pada alat-alat yang sering kita jumpai seperti pada TV, Remote, Radio, Tape, atau lainnya, itu merupakan jenis miniature LED yang standar.

Jenis Jenis Lampu LED Yang Digunakan Dalam Kehidupan Sehari-hari

2. Lampu Super Flux LED

Jenis Lampu Super Flux LED
Source: Google

Super Flux LED adalah lampu LED yang memiliki ukuran persegi panjang dengan empat pin dan memiliki beberapa ukuran mulai dari 3mm, 5mm, dan juga ukuran yang flat lens.

Pilihan warna dari Super Flux LED juga beragam ada yang berwarna biru, merah, hijau, kuning, putih, orange bahkan RGB (gabungan warna merah, hijau dan biru, dalam satu lampu LED).

Jenis lampu LED ini sangat cocok untuk pencahayaan pada otomotif, lampu latar, lighting panggung, papan iklan, sinyal, atau lampu khusus.

Sementara untuk Super Flux LED yang berukuran 5mm, ia memiliki cahaya yang lebih terang dan pendekatan cahaya yang unik dibandingkan ukuran lainnya.

Masing-masing dari lampu LED ini memiliki sebuah lensa besar yang berfungsi untuk menghasilkan cahaya dengan sudut yang lebar.

Adanya lensa pada lampu LED ini menjadi sangat bagus, apalagi jika digunakan untuk instalasi khusus, yang mana membutuhkan cahaya sudut pandang yang lebar dan terang.

Selain itu lampu Super Flux LED juga memiliki resistensi termal yang rendah, sehingga memungkinkan untuk bekerja pada suhu yang relatif luas dan daya input yang lebih tinggi.

Jenis Jenis Lampu LED Yang Digunakan Dalam Kehidupan Sehari-hari

3. Lampu Bicolor LED

Jenis Lampu Bicolor LED
Source: Google

Bicolor LED adalah lampu yang dapat menghasilkan beberapa warna secara bergantian pada lampu LED yang sama pada satu waktu.

lampu LED ini sering digunakan dalam dekorasi taman, panggung konser, ruangan seperti cafe, karoke, dan ruangan lainnya, atau lampu ini juga biasa digunakan untuk aksesoris pada mainan anak-anak.

Jenis Jenis Lampu LED Yang Digunakan Dalam Kehidupan Sehari-hari

4. Lampu Surface Mount Device LED

Surface Mount Device LED
Source: Google

SMD atau Surface Mount Device adalah lampu khusus yang bisa dipasang dan disolder pada sebuah papan sirkuit cetak (PCB).

Lampu SMD LED ini tidak memiliki pin, kabel ataupun kemasan yang biasanya ada pada lampu LED lainnya, namu untuk menghubungkannya lampu LED ini menggunakan chip yang cukup kecil.

Pemasangan lampu LED ini juga biasanya bukan oleh manusia, tapi oleh peralatan otomatis dalam perakitan PCB.

Lampu LED ini memancarkan cahaya dengan sudut pandang yang luas, karena ia tidak memiliki standar selubung epoksi hemispherical LED yang bisa memfokuskan sinar.

Lampu Surface Mount Device LED ini biasanya digunakan dalam beberapa hal, diantaranya:

  1. Digunakan untuk menunjukan status perangkat pada motherboard, router WiFi, Hard Drive, USB Flash Drive, atau perangkat lainnya.
  2. Digunakan untuk lampu latar layar LCD, keyboard, dan tombol.
  3. Digunakan pada panel instrumen pada pesawat terbang, mobil, dan juga indikator-indikator digital maupun analog.
  4. Digunakan pada papan mikrokontroler seperti Arduino, 8051, AVR, dan lainnya.
  5. Digunakan untuk indikasi daya aktif dan juga serial communication yang sedang berlangsung.
  6. Digunakan pada lampu senter, lampu emergency, lampu hias, dan lainnya.

5. Lampu Chip On Board LED

Chip On Board LED
Source: Google

Chip On Boar LED atau sering disebut COB LED adalah salah satu lampu yang memiliki teknologi baru chip multi LED dikemas dalam satu board atau modul pencahayaan.

Bisa dibilang lampu COB LED adalah lampu led yang terdiri dari ribuan chip yang tersusun dalam satu papan. LED ini merupakan sebuah pengembangan dari SMD LED yang memiliki pancaran cahayan yang lebih merata.

Seperti yang kita ketahui COB LED merupakan multi chip LED yang dikemas dan dapat meningkatkan area pencahayaan 10 kali lebih banyak, sehingga lampu ini dapat menghindari silau yang tidak nyaman.

Cara kerja COB LED adalah lightspot yang menggunakan chip kecil yang biasanya mencapai 249lm/watt @ 20mA. Adapun chip yang ukurannya lebih besar biasanya mencapai 161lm/watt @ 350mA.

LED akan lebih baik untuk beberapa hal yaitu cahaya akan berkurang ketika chip lebih besar, drive LED meningkatkan arus pada LED, dan ukuran cahaya per watt lebih rendah.

Kelebihan Chip On Boar LED

  1. tahan panas,
  2. hemat energi,
  3. memiliki umur yang panjang,
  4. area pendinginan yang lebih luas,
  5. efek pencahayaan yang baik,
  6. kemanjuran cahaya yang tinggi.

Jenis Jenis Lampu LED Yang Digunakan Dalam Kehidupan Sehari-hari

6. Lampu High Power LED

High Power LED
Source: Google

High Power LED adalah lampu yang bisa menghasilkan intesitas cahaya yang sangat kuat, bahkan lebih kuat dari jenis LED lainnya.

Kelebihan Lampu High Power LED

  1. pemakaian yang tahan lama, awet hingga 50.000 jam.
  2. satu lampu high power LED mampu menghemat produksi, setara dengan 25 lampu pijar.
  3. ramah lingkungan, tidak mengandung merkuri yang bisa didaur ulang.
  4. low voltage yaitu tidak memerlukan energi yang besar.
  5. cahaya yang dipancarkan tidak merubah warna sekitar

Kekurangan Lampu High Power LED

  1. lebih cepat panas, sehingga ketika kita mau memasangnya, hendaknya kita harus menaruh LED ini pada bagian yang terbuat dari bahan penyerap panas.

Lampu high power LED akan lebih cocok jika diintegrasikan pada sistem tenaga surya. Lampu dapat dipasangkan pada komponen yang menyerap panas lalu mngkonversikannya menjadi energi, sehingga tidak akan mengalami over heating.

Salah satu contoh pengaplikasian lampu high power LED ini adalah digunakan pada lampu penerangan jalan umum dengan tenaga surya.

Jenis Jenis Lampu LED Yang Digunakan Dalam Kehidupan Sehari-hari

Jenis lampu LED Strip Yang Paling Terang

Jenis Lampu LED Strip
Source: Google

Lampu strip LED adalah susunan/rangkaian lampu LED dalan satu bentuk. Berat rangkaian unuk 10 lampu LED mencapai 5kg cukup berat, namun total cahayanya bisa mencapai 90.000 lumen.

Berikut jenis-jenis lampu LED strip dan info harganya:

  1. Lampu LED strip SMD 3528 (membutuhkan 12V DC dengan Arus 2A setiap rol, konsumsi daya maks 0.8 watt per meternya). Harga LED strip ini dikisaran Rp 60.000
  2. Lampu LED Strip SMD 2835 (membutuhkan tegangan 12V dan arus 2.1 A setiap rol dengan konsumsi daya 5 watt per meter). Harga LED strip ini dikisaran Rp 135.000.
  3. Lampu Led Strip SMD 5050 (membutuhkan tegangan 12V dan arus 5 A setiap rol dengan konsumsi daya 14 watt per meter). Harga LED strip ini dikisaran Rp 155.000.
  4. Lampu LED Stip RGB SMD 5050 (membutuhkan tegangan 12V dan arus 5 A setiap rol dengan konsumsi daya 72 watt per meter). Harga LED strip ini dikisaran Rp 165.000 dan warnanya bisa diatur dengan remote.

Lampu-lampu diatas merupakan LED strip yang berisi 60 LED per meter, dengan panjang 1 rol atau sekitar 5 meter.

Ada juga jenis jenis lampu LED untuk mobil, mobil, Philips, dan untuk rumah.

Default image
Nabil Tedjamaja
Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: