Jenis jenis Search Engine (Mesin Pencarian)

Mesin pencarian yang populer dan nomer satu yaitu Google, tapi tahukah anda ternyata banyak jenis jenis search engine atau mesin pencarian yang harus kita tahu sebagai seorang peselancar dunia maya.

Masing-masing mesin pencarian memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri, atau kegunaan tersendiri yang lebih sepesifik.

Artikel ini membahas tentang apa itu search engine, dan jenis jenis search engine.

Apa itu Search Engine atau Mesin pencarian??

Apa itu Search Engine
Source: Pixabay

Search Engine atau mesin pencarian ialah sebuah mesin yang memudahkan para pengguna internet untuk mencari informasi-informasi yang ada di web. Mesin pencarian juga banyak dikembangkan oleh beberapa perusahaan atau badan.

Hasil dari pencarian disebut SERP (Search Engine Result Page)

Jenis-jenis Mesin Pencarian atau Search Engine

Selain mesin pencarian yang biasa kita gunakan yaitu Google, masih banyak mesin pencarian atau search engine yang harus kita coba.

Jenis-jenis mesin pencarian yang ada saat ini diantaranya:

Google Search

Mesin pencari Google
Source: Pixabay

Siapa yang tidak kenal dengan Google, setiap kita mau mencari sesuatu informasi pasti kita akan memanggil bantuan Google.

Ada yang bilang bahwasanya “Semua informasi yang kamu cari semuanya ada di Google.” Bahkan kita sering memanggil google dengan Mbah Google, atau panggilan lainnya.

Google search sendiri dikenal pada Agustus tahun 2007 dengan 53.6% pengguna. Bahkan sekarang angka pencarian menggunakan google mencapai 3.5 miliar/hari, dan persentasi di dunia mencapai angka 92% dari mesin pencari lainnya.

Google search adalah mesin pencarian milik Google.Inc, mesin pencarian ini merupakan yang paling banyak digunakan di dunia, dan yang biasa kita gunakan sehari-hari.

link Google Search : www.google.com

Bing

jenis jenis search engine - Bing

Bing yaitu sebuah mesin pencarian sama seperti google  yang didirikan oleh microsoft pada tahun 2009. Bing merupakan search engine yang dikembangkan dari pendahulunya yaitu Windows live Search, Live Search, dan MSN search.

Ketiga mesin pencarian itu tidak mamapu menyaingi google dan akhirnya digabung menjadi satu yaitu Bing.

Bing mempunyai slogan yaitu “Bing is for doing“.

Teknologi Powerset yang telah di ambil alih oleh microsoft juga telah ditanamkan di Bing, dan katanya teknologi ini mampu untuk memperolah hasil pencarian yang lebih akurat.

Bing juga dilengkapi kemampuannya dalam menyimpan dan membagi histori pencarian melalui email, facebook, atau skydrive.

Bing juga bisa meggunakan Microsoft Office Online diantaranya: PowerPoint, Excel, Word, Sway, OneNote, bahkan OneDrive, kita hanya perlu login dengan akun Microsoft, dan bisa daftar dengan email, telepon, atau skype.

link Bing: www.bing.com

Yahoo!

Mesin Pencari Yahoo! Search

Yahoo adalah sebuah perusahaan internet berpusat di California, USA, yang didirikan oleh Jerry David Filo bulan Januari 1994.

Pada awalnya Yahoo merupakan bookmark atau petunjuk halaman buku, dan akhirnya ia bisa merambah menjadi search engine yaitu Yahoo! Search, dan memiliki layanan-layanan lain seperti Yahoo! Answers, Yahoo! Finance, Yahoo! Mail, dll

Yahoo! Search merupakan mesin pencarian yang populer dan terkenal pada tahun 2000-an, dan memiliki akses pencarian dalam 38 bahasa. Kunjungan ke Yahoo! Search akhirnya menurun setelah kedatangan Google dan Bing.

Sekarang Yahoo! bergabung dengan Bing milik Microsoft, agar bisa menyaingi Google, karena waktu itu google memiliki kemajuan yang sangat pesat. Bergabungnya Yahoo! dan Bing bertujuan untuk membuat hasil pencarian yang lengkap dan relevan bagi penggunanya.

link yahoo: www.id.yahoo.com

Ask

Ask Search Engine

Dikembangkan pada tahun 1996, Ask awalnya sebuah situs tanya jawab, dan Ask juga merupakan sebuah bisnis induk dari web terkenal seperti Ask or Kids, Teoma, dan Bloglines.

Nama sebelumnya yaitu Ask Jeeves, tujuan dari Ask sendiri yaitu menjawab untuk setiap pertanyaan yang diberikan.

Mesin pencarian ini merupakan salah satu pencarian yang memiliki fitur unik, yaitu dengan format tanya jawab. Slogan dari Ask sendiri yaitu “What’s Your Question

Lambang Ask yaitu sebuah lingkaran oval berwarna merah dengan tulisan Ask berwarna putih.

link Ask: www.ask.com

Baca Artikel : Belajar Perintah Dasar Linux Pemula Wajib Tahu

Baidu

Mesin Pencari Baidu

Baidu adalah perusahaan Layanan Web yang didirikan oleh Robin Li Yanhong, pada bulan Januari 2000, pusat perusahaannya berada di Beijing, China.

Setelah internet masuk ke China tahun 1996, yang mengakibatkan pengawasan dari pemerintahan China di dunia maya tidak terkontrol, dah akhirnya pemerintah China menurunkan lalu lintas untuk mengakses situs-situs luar yang terlalu banyak.

Banyak situs-situs yang diblok di China hampir 1,3 juta situs, pada tahun 2010, bahkan Google juga tidak bisa di akses di China secara legal, dan ketika seseorang ingin mengakses situs yang sudah diblokir menggunakan vpn maka ia akan dikenakan denda sebesar 1000 Yuan atau sekitar 2 juta rupiah.

Tindakan pemerintahan China itu dijuluki dengan “The Great Firewall of China“.

Akhirnya situs lokal seperti Baidu menjadi berkembang pesat bahkan Mesin Pencarian Google di China tidak ada apa-apanya, mesin pencarian Baidu pada akhir tahun 2006 memperoleh pendapatan hampir $25 juta.

Baidu sendiri memiliki beberapa layanan salah satunya Baidu Baike, yaitu sebuah layanan web ensiklopedi dalam bahasa mandarin.

Lambang baidu berbentuk seperti tapak anjing berwarna biru.

link Baidu: www.baidu.com

DuckDuckGO

DuckDuckGo Search Engine

DuckDuckGo ialah sebuah perusahaan layanan teknologi berupa mesin pencarian yang mengutamakan kerahasiaan data pengguna dengan ramah privasi.

Didirikan pada tahun 2008 oleh Gabriel Weinberg, dan berbasis di Pensylvania, USA.

Tidak seperti Google, ia memberikan hasil pencariannya menurut pencarian terbanyak dengan istilah “The most results“, sedangkan DuckDuckGo memberikan hasil pencariannya menurut pencarian yang terbaik yaitu “The best results“.

DuckDuckGo diambil dari permainan anak “Bebek, Bebek, Angsa” yaitu permainan yang berhubuhan dengan hewan-hewan unggas. Dalam bahasa inggris bebek, bebek artinya (Duck, Duck), Angsa artinya (Goose) dan menjadi DuckDuckGo.

DuckDuckGo juga memberi layanan dalam sebuah aplikasi dan ekstensi tambahan, dan tersedia di Google Play Store.

Keunggulan dari DuckDuckGo yaitu ia tidak menyimpan cookie dan alamat IP, ia juga tidak menyimpan log data penelusuran kita, berbeda dengan Google Suit yang menyimpan log data hasil pencarian dari awal sampai akhir.

link DuckDuckGo: www.duckduckgo.com

Wolfram Alpha

Mesin Wilram Alpha

Wolfram alpha ialah sebuah mesin pencarian seperti google dan informasi dari hasil pencariannya lebih mendalam dan spesifik sesuai kata kunci yang dimasukkan.

Pencipta dari Wolfram alpha ialah Stephen Wolfram dan dikembangkan oleh perusahaan komersial yaitu Wolram Research. Wolfram alpha diluncurkan secara publik pada 15 Mei 2009 akan tetapi belum secara resmi, dan 3 hari kemudian diluncurkan kepada publik secara resmi.

Wolfram alpha juga disebut sebagai mesin analisa pengetahuan, dan biasanya ditampilkan dalam bentuk data tabel analisa.

Ketika kita mengetik kata kata “Presiden Indonesia” maka akan muncul sebuah analisa yang di hasilkan dari Wolfram alpha berisi sebuah tabel.

Ketika kita ditugaskan oleh guru untuk menganalisa sesuatu, Wolfram cocok untuk dijadikan sumber pengetahuan.

Link Wolfram alpha: www.wolframalpha.com

Internet Archive

Internet Archive Search

Internet archive ialah sebuah perpustakaan digital atu sebuah museum yang menyimpan banyak buku, musik, video, audio, tv, software, gambar, website, dan koleksi lainnya.

Bisa dibilang Internet archive bukan sebuah mesin pencarian tapi lebih ke sebuah perpustakaan atau museum yang menyediakan berbagai macam koleksi.

link Internet Archive: www.archive.org

Yandex

Yandex Search Engine

Yandex ialah sebuah mesin pencarian asal rusia yang bertujuan untuk membantu para konsumen atau pebisnis untuk menjalankan bisnis atau kebutuhannya di dunia online maupun offline, dengan berbagai layanan dan fitur yang disediakan Yandex.

Fitur yang disediakan untuk para penggunanya diantaranya bisa mencari gambar, video, mail, maps, appmetrica, terjemahan, dan yandex browser.

link Yandex: www.yandex.com

Dan masih banyak mesin pencarian selain yang disebutkan di atas, diantaranya: Qwant, Search Encrypt, StartPage, Dogpile, Gibiru, Wiki.com, CC Search, SlideShare, Twitter, Swisscows, Ecosia, dan Boardreader, dengan keunikan masing-masing. 

Default image
Nabil Tedjamaja
Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: