Macam Macam Kaligrafi

Kaligrafi merupakan karya tulis yang terkenal dan masih populer dikalangan para seniman, banyak macam macam kaligrafi yang tersebar di dunia entah itu di Cina, Jepang, Arab, Indonesia, Yunani, dan negara-negara lainnya.

Di Cina dan Jepang sendiri kaligrafi merupakan sebuah tulisan yang harus ada pada tulisan bahasa masing-masing negara tersebut, dan merupakan sesuatu yang lumrah.

Pada umumnya kaligrafi bukan hanya sekedar huruf atau tulisan arab seperti yang kita ketahui. Lebih dari itu kaligrafi merupakan karya tulisan dari hasil goresan tangan para seniman di bidang kaligrafi, yang memiliki nilai tersendiri.

Disini saya akan memberikan penjelasan tentang kaligrafi itu sendiri, macam macam kaligrafi, dan perbedaan kaligrafi dan khot, dan artikel ini lebih merujuk ke pembahasan kaligrafi-kaligrafi Arab.

Apa Itu Kaligrafi??

macam macam najis dan contohnya

Kaligrafi adalah sebuah seni tulisan atau corak yang memiliki nilai keindahan dengan berbagai motif, dari tangan yang memiliki keterampilan.

Kaligrafi juga dikenal sebagai tulisan seni di berbagai huruf atau aksara seperti :

  • Huruf Hijaiyah (Bahasa Arab)
  • Huruf Mandarin (Bahasa Cina)
  • Huruf-huruf dalam Bahasa Jepang
  • Huruf Latin (seperti Bahasa Yunani)
  • Huruf Sansekerta atau Huruf Jawa (Aksara Indonesia)
  • Dan lainnya.

Bahasa-bahasa dan aksara tersebut di sajikan dalam seni keterampilan tangan yang disebut kaligrafi atau setiap negara namanya mungkin berbeda-beda.

Dalam islam kaligrafi merupakan sebuah seni rupa dalam tulisan bahasa arab, dan biasanya kaligrafi arab ini ditulis dengan ayat-ayat Al-Quran atau kata-kata dalam bahasa arab.

contoh kaligrafi :

Kaligrafi China
Source : Pixabay

Di atas merupakan karya seni Kaligrafi China

Kaligrafi Jepang
Source : Unsplash

Di atas merupakan karya seni Kaligrafi Jepang

Macam Macam Kaligrafi (Khot) Arab

macam macam pena kaligrafi
Source : Google

Sebelum kita masuk ke pembahasan tentang macam macam kaligrafi kita akan membahas tentang perbedaan Kaligrafi dengan Khot.
Kaligrafi merupakan kata yang berasal dari bahasa Yunani, sedangkan Khot merupakan kata yang berasal dari bahasa Arab.

Keduanya memiliki arti yang sama yaitu sebuah seni tulisan yang indah, akan tetapi di indonesia sendiri khot merupakan sebuah kaligrafi dengan makna tulisan atau goresan indah dalam bahasa arab.

Berikut ada 6 macam-macam kaligrafi atau khot yang populer, diantaranya:

1. Kaligrafi Khat Naskhi

Macam macam kaligrafi - khot naskhi
Source : Pustaka Kaligrafi

Khot Naskhi merupakan khot yang dipakai dalam Al Quran yang kita baca.

Khat Naskhi berasal dari kata [النسخ] yang berarti menghapus, dan dinamakan dengan khat naskhi karena khat ini memiliki peran sebagai penghapus atau pengganti dari khat kufi sebagai penulisan Al-Quran.

Adapun sejarah khat ini adalah Ibnu Muqlah ia disebut sebagai orang yang pertama yang menyempurnakan dan meletakkan dasar-dasar tulisan naskhi, pada abad ke 4 Hijriah atau 9 Masehi. Gaya tulisan naskhi terus disempurnakan seiring berjalannya waktu.

Dikatakan bahwa khat ini merupakan khat yang dikembangkan dari tulisan arab asli, yang berasal dari tulisan arab Armani, Nabati, dan dikenal sebagai tulisan Hijazi.

Kebanyakan Al-Quran dan Hadits menggunakan khat ini dan juga media-media yang lain seperti majalah, buku, akhbar, dan buku atau tulisan yang sering dibaca orang awam.

Khat ini banyak di gunakan orang-orang seperti: pelajar, anak-anak sekolah dasar, dan masyarakat umum lainnya, karena khat ini sangat mudah dipelajari seperti khot Riq’ah tapi Khat Nashki ini lebih populer dari pada khot Riq’ah.

Khot ini sudah memiliki font khusus yang biasa dipakai di komputer, mesin ketik, dan kebanyakan mesin cetak menggunakan font ini.

2. Kaligrafi Khot Riq’ah

Macam macam kaligrafi - Khot riq'ah
Source : Pustaka Kaligrafi

Dalam bahasa arab Riq’ah [رقعة] yang berarti Qith’ah [قطعة] yang berarti potongan sedangkan arti dari riq’ah sendiri adalah tambalan, kaligrafi ini dinamakan Riq’ah atau Ruq’ah karena biasanya para keniman kaligrai biasa menulis khot ini di atas potongan kulit atau kayu.

Sejarah Khot Riq’ah berasal dari bangsa Turki Utsmani, dan juga khot ini paling mirip dengan khat kufi, karena bentuk dari khot ini berasal dari bentuk kaku khat kufi dan bentuk melingkar dari khat naskhi.

Khat ini juga merupakan khat yang biasa ditulis oleh masyarakat umum turki utsmani karena jenis khat ini paling mudah dan bisa ditulis dengan cepat. Khat ini ditulis sederhana dengan bentuk lurus dan dengan gerakan atas ke bawah.

Ciri khas dari tulisan khot Riq’ah :

  1. Tidak menggunakan harakat kecuali ada hal-hal yang penting sehingga harus menggunakan harakat.
  2. Fokus pada bentuk garis lurus dari atas ke bawah dengan arah tulisan yang miring
  3. Memiliki huruf yang pendek-pendek, sehingga sangat mudah dipelajari dalam waktu yang singkat.

Khat Riq’ah sudah menjadi font khusus yang biasa di gunakan untuk iklan, koran, judul buku, spanduk, dan lainnya.

Khat Riq’ah dibagi menjadi dua macam yaitu:

  • Riq’ah Darij ( tulisan arab yang biasa di pakai masyarakat umum sebagai tulisan sehari-hari, dan tidak ditulis sebagai karya seni, biasa ditulis dengan pena atau pensil biasa).
  • Riq’ah Fanny ( tulisan arab yang di pakai sebagai karya seni, si penulis harus menerapkan kaidah-kaidah yang ditetapkan, dan ditulis dengan pena khusus atau yang sudah di potong miring ).

3. Kaligrafi Khot Diwani

Khot Diwani
Source : Pustaka Kaligrafi

Sebagian Sejarawan menyatakan bahwa kaligrafi ini merupakan salah satu turunan dari khot ta’liq (farisi) pada akhir-akhir masa kekuasaan Turki Utsmani.

Diwani berasal dari bahasa arab yaitu [الديوان] yang berarti dewan-dewan perkantoran. Khot menjadi tulisan kerajaan yang biasa ditulis oleh sultan untuk membuat dokumen diplomatik, surat izin, dan lainnya.

Seiring berjalannya waktu khot diwani telah disempurnakan oleh beberapa orang, dan berkembang dengan adanya khot Diwani Jaly

Khot Diwani Jaly
Source : Pustaka Kaligrafi

Khot Diwani Jaly merupakan pengembangan dari khot diwani biasa yang membedakannya ialah khot ini banyak memakai hiasan dalam tulisannya sehingga terkesan “tulisan yang ramai”, dan bervariasi.

4. Kaligrafi Khot Kufi Murabba

Macam Macam Kaligrafi - Kufi Murabba
Source : Pustaka Kaligrafi

Kufi Murabba (kubus) disebut juga Kufi Satranji (catur), seni ini muncul dengan khas karakter geometris. Khot ini merupakan seni kaligrafi yang termasuk kuno tapi khot ini termasuk khot yang populer.

Sejarah tentang khot ini tidak ada yang tahu waktu dan siapa yang pertama membuat khot ini. Profesor ahli sejarah bernama Mahmud Sya’ban telah melakukan banyak penelitian tentang sejarah khot kufi murobba ini.

Ia mengelilingi seperempat Mesir untuk melihat dan mengumpulkan data tentang sejarah khot ini dari peninggalan lama seperti : Masjid, Prasasti-prasasti, dokumen-dokumen lama, dan bangunan-bangunan kuno lainnya.

Kamil Salman Al-Jaburi berpendapat bahwasanya khot kufi ini berasal dari batu bata yang dibakar kemudian ditumpuk membentuk bangunan yang memiliki ide karya seni yang di sebut Hazar Baf. Khot kufi ini berkembang dan sangat populer di negara Iran dan Irak.

5. Kaligrafi Khot Tsuluts

Khot Tsuluts
Source : Pustaka Kaligrai

Khot Tsuluts berasal dari kata [الثلث] yang berarti sepertiga, yaitu tulisan yang memiliki ukuran lebih sepertiga dibandingkan dengan tulisan yang lain, atau proporsi garis lurus dengan bentuk kurva, ukuran yang ketiga sari script kontemporer yang populer.

Tsuluts script tertulis seperti tulisan yang melengkung dengan kepala yang berduri. Khot ini juga dikenal karena memiliki grafis yang rumit dan kelenturan tulisan yang luar biasa.

Khot ini tidak dipakai untuk tulisan al-Quran dan Hadits atau pun buku-buku lainnya. Khot ini populer di antara para seniman kaligrafi dan sebagai script hiasan untuk judul, dan lainnya.

Beberapa gaya dalam tulisan Khot Tsuluts, diantaranya :

  • Khot Muhaqqaq
  • Khot Tsuluts Handasi (tersusun secara geometrik)
  • Khot Tsuluts Mutanazir (saling memantul)
  • Khot Tumar

6. Kaligrafi Khot Farisi

Macam Macam Kaligrafi - Khot Farisi
Source : Pustaka Kaligrafi

Khot jenis ini banyak berkembang di Persia, India, Pakistan, dan Turki. Dinamakan Farisi karena orang-orang Persia (Iran) yang pertama mengembangkan tulisan ini.

Khot ini biasanya ditulis dan dipakai untuk beberapa media seperti : majalah, penulisan buku, surat kabar, atau ditulis untuk judul-judul bab.

Jenis-jenis gaya tulisan khot farisi yang populer di Iran yaitu:

  • Khot Farisi Ta’liq
  • Khot Syikateh
  • Khot Farisi Nasta’liq
  • Khot Farisi Mir’at
  • Khot Farisi Mukhtazal
  • Khot Farisi Mutanazhir

Baca Pembahasan Surat Ar Rum Ayat 21 tentang pernikahan yang penting bagi anda yang sudah menikah atau belum menikah.

2 Comments

  1. […] Bagi kalian yang ingin belajar tententang kaligrafi maka kalian harus tau apa itu kaligrafi dan macam-macamnya macam macam kaligrafi. […]

  2. […] dalam bahasa Arab memiliki banyak macam atau gaya diantaranya: Naskhi, Maghribi, Sulus, Ta’ilq, dan gaya Diwani bercorak Turki Persia. […]

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: