Macam Macam Profesi

Mencari uang adalah hal yang harus dilakukan oleh semua orang untuk memenuhi kebutuhan hidup, dan semua orang juga harus mempunyai pekerjaan/profesi yang ia geluti untuk memperoleh uang tersebut. Banyak sekali macam macam profesi yang bisa kita lakukan, namun tentunya kita sudah mengukur diri profesi apa yang cocok dengan kita.

Ada profesi yang bekerja di dalam ruangan (indoor), terjun di lapangan (outdoor) dan ada pekerjaan yang ikhlas tanpa upah, pekerjaan yang memiliki resiko ringan, resiko tinggi, dan bahkan sampai mempertaruhkan nyawa.

Macam Macam Profesi

Sebelum ke macam-macam profesi kita juga harus tau apa itu profesi. dalam wikipedia Profesi adalah kata serapan yang berasal dari bahasa inggris “Profess“.

Dalam bahasa Yunani disebut dengan “Επαγγελια” yang memiliki arti “sebuah janji untuk memenuhi kewajiban untuk melakukan tugas khusus secara tetap/permanen”.

Profesi juga merupakan sebuah pekerjaan yang membutuhkan penguasaan, pelatihan, dan pengetahuan khusus. Setiap profesi juga biasanya memiliki kode etik, asosiasi profesi, lisensi, dan sertifikasi yang khusus dalam bidang tersebut.

Adapun orang yang sudah mahir dalam profesi tersebut biasanya ia disebut sebagai profesional, meskipun istilah profesional juga bisa digunakan pada sebuah aktivitas yang menerima bayaran yaitu lawan kata dari amatir.

Berikut beberapa jenis profesi yang sudah digeluti oleh orang-orang, diantaranya:

1. Presiden

Presiden Republik Indonesia
Source: Google

Tentu kita sudah tau dengan profesi yang satu ini, profesi ini merupakan profesi yang tertinggi dalam sebuah negara modern. Presiden sendiri merupakan sebuatan untuk sebuah pemimpin/kepala negara sebuah negara, namun di negara-negara lain pemimpin memiliki berbagai macam sebutan.

Contohnya di Arab Saudi, orang yang memiliki jabatan sebagai pemimpin tertinggi disebut sebagai “Raja”. Di Jepang kepala negaranya disebut sebagai “Kaisar”, Ada juga yang menyebut kepala negara sebagai “Sultan” seperti di Malaysia, Brunei Darusalam.

Menjadi seorang presiden bukanlah hal yang mudah dan patut kita sombongkan, karena tanggung jawab seorang pemimpin sangatlah besar ia harus bisa mengatur segala hal dalam sebuah negara yang cakupannya sangat luas.

Disamping pekerjaan yang berat, presiden juga dibantu oleh bawahannya seperti Perdana Mentri, dan lainnya.

2. Tentara

macam macam profesi
Source: Pixabay

Tentara merupakan profesi yang memiliki peran sangat penting dalam sebuah negara, perannya sebagai penjaga dan pengawal keamanan negara menjadi tugas yang sangat berat.

Tentara berjuang untuk menjaga keutuhan negara dari ancaman-ancaman dari luar wilayah Negara, baik itu batas wilayah laut (teritorial) ataupun batas wilayah daratnya.

Orang yang berprofesi sebagai tentara memiliki banyak resiko diantaranya jauh dari keluarga, bahakan nyawa menjadi taruhannya.

Para tentara juga dilatih secara militan di sekolah khusus tentara, bahkan sekolah khusus ini memiliki seleksi penerimaan calonnya yang sangat ketat.

Para tentara dibagi menjadi tiga bagian utama yaitu Angkatan Darat (AD), Angkatan Udara (AU), dan Angkatan Laut (AL). Di Indonesia tentara ini disebut sebagai Tentara Nasional Indonesia (TNI).

TNI juga memiliki berbagai pasukan elit baik itu untuk angkatan darat, udara, ataupun laut. Berikut macam macam profesi pada pasukan Elit yang dimiliki oleh TNI, diantaranya:

  1. Kopassus
  2. Kopaska
  3. Paskhas
  4. Sat 81 (Gultor)
  5. Yontaifib
  6. Denjaka

3. Polisi

macam macam profesi
Source: Pixabay

Sama seperti tentara, profesi seorang polisi adalah mengamankan negara dan ditempatkan di penjuru daerah di Indonesia.

Polisi juga dituntut untuk tetap siaga dalam mengamankan negara dari kejahatan, kriminal, dan penyimpangan-penyimpangan yang merusak sistem kerja negara.

Berikut adalah tugas-tugas kepolisian negara republik:

  1. menertibkan dan mengamankan masyarakat.
  2. menegakkan hukum.
  3. melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat, dll.

Macam-macam polisi di republik Indonesia, diantaranya:

a. Polisi Militer Angkatan Darat, atau disebut juga POMAD.

b. Polisi Militer Angkatan Laut, atau disebut juga POMAL.

c. Polisi Militer Angkatan Udara, atau disebut juga POMAU.

d. Polisi Pamong Praja, atau sering kita sebut dengan Satpol PP. Polisi bekerja di daerah-daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota.

e. Korps Brimob (Brigade Mobil), korps sendiri merupakan bagian kepolisian republik indonesia yang tertua yang dibentuk pada tahun 1945. Kepolisian ini juga dikenal sebagai korps bater biru.

4. Pilot

macam macam profesi
Source: Pixabay

Pilot merupakan profesi yang bekerja sebagai pengendali pesawat baik itu pesawat boing, atau pesawat lainnya.

Seorang pilot pesawat boing memiliki tanggung jawab yang besar, ia membawa puluhan bahkan ratusan penumpang dan ia harus membawanya sampai tujuan dengan selamat.

Pesiapan seorang pilot sebelum berangkat sangat diperhatikan mulai dari kondisi tubuh, mental, bahkan hal-hal yang kecil lainnya.

Pilot juga merupakan sebuah inti dari sebuah penerbangan, jika pilot itu tidak memenuhi syarat penerbangan, misalnya ia dalam kondisi mabuk maka akan menjadi masalah besar ketika penerbangan itu di lancarkan.

5. Pramugari/Pramugara

macam macam profesi
Source: Google

Masih sama dalam ruang lingkup penerbangan pesawat boing, Pramugari merupakan profesi yang bekerja sebagai pelayan untuk penumpang pessawat.

Lebih dari itu seorang pramugari juga memberikan informasi arahan dari kapten kepada para penumpang. Arahan-arahan yang harus mereka kuasai seperti kondisi cuaca, turbulensi, durasi penerbangan, atau faktor-faktor lainnya.

sebelum para penumpang memasuki pesawat, para pramugari memeriksa dan memastikan pralatan keselamatan sudah dalam kondisi baik.

Pramugari harus siap sedia untuk pelayanan para penumpang baik itu sebelum keberangkatan ataupun setelahnya.

6. Dokter

macam macam profesi
Source: Pixabay

Profesi sebagai dokter merupakan pekerjaan yang sangat mulia, keberadaannya sangat vital di masyarakat.

Ia memberikan pelayanan dan penanganan untuk masalah kesehatan. Jika kita sakit, kita bisa langsung pergi ke dokter untuk mendapat kan penanganan tebaik.

Dalam dunia kesehatan dokter dibagi menjadi dua, diantaranya:

  1. Dokter Umum adalah tenga medis yang memiliki profesional dalam layanan perawatan dan pengobatan untuk kondisi kesehatan yang bersifat umum.
  2. Dokter Spesialis adalah tenaga medis propesional yang menangani dan mengobati untuk kondisi kesehatan yang lebih spesifik. Contoh: Dokter spesialis anak, penyakit dalam, jantung dan pembuluh darah, kanker, mata, kandungan, tulang, saraf, dan spesialis lainnya.

Perlu di ingat kesembuhan bukan dari dokter, ia hanyalah sebagai perantara, yang menyembuhkan adalah Allah subhanahu wa ta’ala. Jadi ketika kita mendapati sakit maka hal yang pertama kita lakukan adalah meminta kesembuhan dari-Nya.

7. Perawat

macam macam profesi
Source: Google

Perawat merupakan profesi yang memiliki peran penting di bidang kesehatan. Ia harus siap sedia dalam memantau perkembangan kesehatan pasien yang sedang di rawat.

Perawat juga harus memberikan pelayanan terbaik untuk pasien seperti: tepat waktu memberi makan, memberi obat, dan layanan-layanan lainnya.

Pengecekkan sempel darah serta pemeriksaan tekanan darah harus rutin dilakukan oleh para perawat.

8. Guru

Guru
Source: Pixabay

Siapa yang tidak tau dengan profesi yang satu ini, profesi yang satu ini juga merupakan pekerjaan yang sangat mulia dan memiliki kedudukan yang tinggi di masyarakat.

Seorang Guru mengajari berbagai hal pengetahuan kepada muridnya dengan model pembelajaran yang telah diterapkan, itu semua merupakan kontribusi mereka dalam mencerdaskan bangsa.

Ki Hajar Dewantara mengatakan “setiap orang yang menjadi Guru, seperti setiap rumah menjadi sekolah.”

Karena jasa seorang guru yang begitu besar, ada hari yang ditandai sebagai peringatan hari guru nasional yang dilaksanakan pada tanggal 25 Novenmber. Sedangkan peringatan hari guru sedunia dilaksanakan pada tanggal 5 Oktober.

9. Arsitek

macam macam profesi
Source: Pixabay

Arsitek adalah profesi yang ahli dalam bidang ilmu rancang bangunan, atau ahli dalam lingkungan binaan.

Seringkali istilah arsiter diartikan dalam cakupan yang sempit dimana ia hanya seorang perancang bangunan, atau orang yang terlibat dalam merencanakan, merancang, dan mengawasi kontruksi bangunan.

Namun, Arsitek juga memiliki lingkup yang sangat luas seperti interior ruangan, kompleks bangunan, hingga kota dan regional.

Kata “arsitek” berasal dari bahasa latin yaitu architectus, dan dari bahasa Yunani  adalah “architekton“, arch berarti ketua, sedangkan tekton berarti bangunan/tukang kayu, jadi architekton adalah “master pembangunan”.

10. Sopir

macam macam profesi
Source: google

Bekerja sebagai pengemudi kendaraan baik itu motor ataupun mobil, seorang sopir dituntut harus bisa bekerja dengan profesional. Ia harus memiliki keahlian dalam berkendara karena jika ia teledor dalam bekerja maka akan terjadi masalah entah itu kecelakaan, dan hal buruk lainnya.

Ia juga harus siap dalam segala hambatan dan kendala seperti cuaca, kecapean, kondisi kendaraan, dan lainnya.

Hal yang sangat penting menjadi seorang sopir adalah ia harus mempunyai SIM (surat izin mengendarai) dan surat-surat lengkap kendaraan. Surat-surat itu sebagai bukti bahwa ia merupakan sopir yang baik dan benar.

11. Pemadam Kebakaran

macam macam profesi
Source: Pixabay

Ketika terjadi kebakaran rumah para pemadam kebakaran harus siap dalam pencegahan dan pengendalian api, serta mengamankan masyarakat di lokasi kebakaran.

Pemadam kebakaran merupakan profesi yang sangat mulia ia seperti pahalawan yang siap siaga untuk menyelamatkan dari hal-hal yang tidak diinginkan di tengah masyarakat.

Bukan hanya memadamkan api saja, para pemadam atau disebut fireforce juga bertugas untuk mengatasi masalah-masalah lainnya seperti penyelamatan korban, pemberdayaan masyarakat, penanganan bahan berbahaya & beracun, dan penanggulangan bencana lainnya.

Para pemadam kebakaran juga memiliki tingkat resiko yang tinggi yang mempertaruhkan nyawa untuk menyelamatkan korban.

12. Nelayan

macam macam profesi
Source: Pixabay (macam macam profesi)

Hasil tangkapan ikan laut yang bisa kita lihat di pasar-pasar tradisional merupakan hasil jerih payah para nelayan dilautan.

Nelayan merupakan profesi yang umum di negara indonesia, karena Indonesia sendiri merupakan negara perairan yang memiliki ribuan pantai dari ujung sabang hingga ujung merauke.

Siapapun bisa menjadi seorang nelayan karena kekayaan laut yang dimiliki merupakan anugran dari Sang Pencipta untuk kita semua.

Lebih dari itu kita juga harus tetap menjaga dan memelihara, sehingga kita bisa mendapatkan manfaat untuk diri kita ataupun orang lain.

13. Petani

macam macam profesi
Source: Pixabay (macam macam profesi)

Petani adalah orang yang mengolah tanah untuk ditanami dengan tanaman seperti: buah-buahan,sayuran, padi, bunga, dan tanaman lainnya.

Selain menanam tanaman mereka juga senantiasa memeliharanya dengan tujuan mendapatkan hasil yang bisa digunakan untuk kebutuhan sendiri atau untuk dijual kembali.

14. Koki

macam macam profesi
Source: Pixabay (macam macam profesi)

Koki atau disebut dengan juru masak yaitu orang yang mengolah bahan makanan menjadi makanan yang siap disantap.

Koki juga sering disandingkan dengan Chef karena sama-sama juru masak, namun kedua islitah ini berbeda dalam hal profesional.

Perbedaan Koki dan Chef

  1. Perbedaan bahasa, kata “chef” berasal dari bahasa Prancis “chef de cuisine” (orang yang mengepalai dapur).
  2. Koki lebih fokus pada satu masakan atau tempat.
  3. Chef juga memiliki tingkatan dan standarnya, semakin tinggi tingkatannya maka semakin semakin kompleks pekerjaannya.
  4. Chef memiliki jenis-jenisnya, seperti: Executive chef, Chef de Cuisine, Sous chef, Expediter or Announcer (Aboyeur), Chef de Partie, Sauté Chef (Saucier), Roast Chef (Rotisseur), Grill Chef (Grillardin), Fry Chef (Friturier), Vegetable Chef (Entremetier), Roundsman (Tournant), Cold-Foods Chef (Garde Manger), Butcher (Boucher), Pastry Chef (Pâtissier).
  5. Gelar masak dari kedua bidang.

15. Pedagang

Pedagang
Source: Pixabay (macam macam profesi)

Pedagang merupakan profesi banyak orang yang memiliki cakupan yang sangat luat. Jika digambarkan misalnya kita memiliki barang dan menawarkannya kepada orang lain, maka kita bisa disebut sebagai pedagang.

menjadi seorang pedagang harus memiliki daya tarik tersendiri mulai dari pemasaran, kualitas, media, dan lainnya.

16. Atlet/Olahragawan

Profesi Atlet
Source: Pixabay (macam macam profesi)

Atlet atau olahragawan sudah menjadi sebuah profesi karena seseorang yang menjadi atlet atau olahragawan akan mendapatkan gaji.

Tidak serta merta orang bisa menjadi atlet, ia harus memiliki keahlian atau kemahiran dalam bidang olahgara. Atlet akan diikutkan untuk pertandingan atau perlombaan dalam cabang olahraga baik itu tingkat kabupaten, nasional, ataupun internasional.

Di Indonesia sendiri, menjadi seorang atlet banyak diminati oleh anak muda, tidak sedikit anak muda yang berhasil meraih kemenangan pada perlombaan olahraga nasional ataupun internasional.

Selain ini mereka juga bisa menjadikan atlet ini sebagai mata pencaharian, karena dukungan dari pemerintah akan olahraga yang teru meningkat.

17. Karyawan Pabrik

Profesi Karyawan
Source: Google (macam macam profesi)

Menjadi seorang karyawan pabrik menjadi profesi yang cukup diminati oleh banyak orang, apalagi lulusan sekolah (fresh graduate).

Gaji yang didapatkan seorang karyawan cukup besar dengan pekerjaan yang tebilang berat, untuk itu kita harus cepat dalam beradaptasi sehingga bisa membuat pekerjaan kita menjadi lebih menyenangkan.

Kebanyakan bagian pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan pabrik cenderung monoton, berulang-ulang, dan terus-menerus sehingga akan labih membosankan.

18. Programmer

Profesi Programmer
Source: Pixabay (macam macam profesi)

Programmer adalah profesi yang mana sesorang harus bisa bekerja di depan layar monitor dengan jangka waktu yang cukup lama.

Menjadi seorang programmer juga hahrus memiliki konsentrasi yang tinggi, dan ketika mengerjakan sebuah project maka tidak bisa diganggu.

19. Desainer

Profesi Desainer
Source: Google (macam macam profesi)

Seorang desainer harus memiliki kreatifitas yang tinggi, karena kreatifitasnya bisa ia jadikan sebagai pundi-pundi uang.

Desainer juga banyak macammya, diantaranya: Desainer pakaian, Desainer Grafis, Desainer Website, dan lainnya.

Untuk desainer pakaian/busana, mereka harus bisa memamerkan hasil karya nya di pameran-pameran busana khusus, dan mempromosikan karya terbaiknya.

20. Penjahit

Profesi Penjahit
Source: Google (macam macam profesi)

Penjahit adalah profesi yang membutuhkan ketelitian dan ketelatenan. Ia harus memberikan hasil terbaik di setiap pakaian yang ia jahit, jahitan yang rapih, dan sesuai ukuran yang sudah ditentukan.

Poin bagus dari seorang penjahit yaitu para customer biasanya akan re-order untuk menjahit baju ketika pekerjaan yang dilakukan sudah bagus dan memenuhi kriteria pemesan.

21. Fotografer

Profesi Fotografer
Source: Google (macam macam profesi)

Kebanyakan orang yang mekecimpung di dunia fotografi awalnya merupakan sebuah hobi hingga akhirnya menjadi sebuah profesi yang menghasilkan uang.

Namun menjadi seorang fotografer bukan hanya sebatas hobi foto san foto sini, tapi juga ia harus memiliki kepekaan, dan insting untuk mengambil engel dan timing yang baik ketika memotret.

Selain itu ia juga harus memahami betul fitur-fitur yang terdapat pada kamera untuk mengkombinasikannya, sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

Selain profesi yang sudah disebutkan diatas, masih banyak macam-macam profesi yang ada dan sudah dilakukan oleh orang-orang seperti:

Peneliti, Pelayan, Pelukis, Pemain Bola, Pembersih Jendela Gedung, Pembersih Jendela Gedung, Pemasang Atap, Pekerja Konstruksi, Para Penebang Pohon, Lineman, Pemain Sirkus, Stuntman, Pendamping Pendaki Gunung Evrest, Smoke Jumpers, Tukang Las di Bawah Laut, Penyelam, Pekerja Nuklir, Penangkap Lobster dan Kepiting, Peternak Sapi, Pembongkar Kapal, Pengumpul Racun Ular, Penambang Belerang, Regu Penolong, White Helmet, dan lainya 

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: