Kumpulan Mahfudzot tentang ilmu Untuk Motivasi Giat Belajar

Mahfudzot (kata mutiara/kata bijak) – Dalam kehidupan kita pasti pernah mendengar kata kata bijak /mahfudzot dari seseorang entah itu motivasi dan nasihat tentang kehidupan atau tentang ilmu dari orang tua, guru, atau teman kita.

Apakah kita terima dalam hati atau tidak??. Apapun itu selama itu kebaikan kita harus menerimanya, karena pasti itulah yang terbaik dalam hidup kita.

Banyak sekali mahfudzot dari para ulama atau tokoh yang bertemakan tentang ilmu.

Ilmu merupakan hal yang harus ada di kehidupan ini bahkan di dalam Al Quran sendiri terdapat 353 kata al ilmu dan kata dalam bentuk turunan lainnya.

Pengertian Tentang Ilmu

Kata bijak tentng ilmu
Source : Pixabay

Menurut bahasa ilmu berasal dari kata (علم – يعلم – علما) bertarti tahu dan mengetahui, kalau diterjemahkan dalam bahasa inggris aritinya knowlage atau juga science.

Menurut istilah yang umum ialah suatu pengetahuan dalam bidang-bidangnya yang tersusun secara sistematis dan sudah di kelompokkan yang sudah dibenarkan secara ilmiah.

Dalam islam ilmu (العلم) adalah antonim dari kata bodoh (الجهل). Menurut istilah syar’i ialah Ilmu yang Allah subhanahu wa ta’ala kepada Rasul-Nya yang berupa petunjuk atau keterangan.

Ilmu yang baik adalah ilmu yang diturunkan oleh Allah saja. Sebagaimana Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa salam dalam sabdanya :

من يرد الله به خيرا يفقه في الدين

“Barangsiapa yang Allah kehendaki baginya kebaikan, maka Allah akan menjadikan ia faham akan agamanya.”

Dan Para Nabi terdahulu mereka tidak mewariskan harta berupa dinar, dirham atau yang lainnya tapi warisan meraka ialah ilmu.

Tingkatan Ilmu

Ilmu memiliki 6 tingkatan diantaranya:

  1. Al Ilmul Yaqin ( mengetahui sesuatu sesuatu keadaan yg pasti dengan pengetahuan yang sebenar-benarnya )
  2. Al Jahlul basith ( tidak tahu sama sekali )
  3. Al Jahlul Murakkab ( Mengetahui tapi tidak sesuai dengan apa yang sebenarnya. Arti murakkab ialah ia bodoh karena tidak mengetahui apa yang sebenarnya dan bodoh karena ia menganggap dirinya tahu tapi sebenarnya tidak ).
  4. Al Wahm ( mengetahui sesuatu tapi salahnya lebih besar dari pada benarnya )
  5. Asy Syak ( mengetahui sesuatu tapi ia ragu antara benar dan salah )
  6. Azh Zhan ( mengetahui sesuatu, tapi ia hanya sebatas perasangkaannya saja )

Dan mencari ilmu juga adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan untuk setiap muslim, sebagai mana hadits :

طلب العلم فريضة على كل مسلم
“Mencari ilmu adalah sebuah kewajiban setiap diri yang mengaku dirinya muslim”

Dan juga akan di mudahkan baginya jalan ke surga, sebagaimana haidits :

من سلك طريقا يلتمس فيه علما سهل الله له به طريقا إلى الجنة
“Barangsiapa yang menempuh jalan titian untuk mencari ilmu maka Allah

untuk melihat seorang yang bodoh dan tidak dilihat dari kapasitas ilmunya.

Apa Itu Mahfudzot ?

mahfudzot

Mahfudzot adalah suatu perkataan dari seseorang yang di dalamnya memiliki kandungan motivasi atau nasehat. Di kalangan santri mahfudzot dikenal dengan kata-kata bijak dalam bahasa arab.

meskipun terdengar asing di masyarakat umum tapi tidak ada bedanya dengan kata kata bijak yang lainnya hanya saja perbedaan bahasa yaitu bahasa arab.

Berikut kumupan-kumpulan Mahfudzot tentang ilmu:

Mahfudzot Para Ulama terdahulu Tentang Ilmu

Kata bijak tentang ilmu
Source : Pixabay

Mahfudzot Dari Para Sahabat

Carilah Ilmu dah Harta agar kamu dia jadi pemimpin, karena ilmu dapat memudahkanmu dalam memimpin orang yang berada di atasmu (para petinggi). Sedang harta dapat memudahkanmu dalam memimpin orang-orang yang berada di bawahmu (orang orang umum) Ali bin Abi Thalib.

Ilmu lebih baik dari harta, karena ilmu akan menjaga engkau, sedangkan harta yang engkau jaga. Ilmu merupakan penghukum sedangkan harta itu terhukumAli bin Abi Thalib.

Adab seorang penuntut ilmu sebagaimana perkataan Abdullah bin AbbasIlmu itu harus di datangi, dan bukan ilmu (guru) yang mendatangi engkau.

Orang yg beramal tidak didasari dengan ilmu, perbuatannya sia-sia, karena Allah tidak menerimanyaIbnu Ruslan.

Menuntut ilmu paling utama dari mengerjakan sholat sunnahSuffian Ath Thauri.

Selama 40 tahun dalam sholatku, aku tidak pernah lupa untuk selalu mendo’akan guruku Imam Asy Syafi’i, karena Allah memberikan ilmu melalui perantara beliauYahya bin Sa’id Al Qathan.

“Ilmu membutuhkan amal, jika seseorang mengamalkan ilmu, maka ilmu itu akan selalu ada. Sebaliknya jika tidak diamalkan ilmu itu hilang dengan sendirinya” Syufyan Ats Tsauri.

“Ketahuilah sebuah majlis ilmu bisa menghapus dosa-dosa tujuh puluh majelis yang tidak ada ilmu didalamnya” Atha’ bin Yassar.

Belajarlah terhadap ilmu, karena mempelajari ilmu dengan ikhlas melahirkan rasa Khasyah. Menuntutnya merupakan ibadah. Mempelajarinya merupakan tashbih. Mencarinya merupakan jihad. Mengajarkannya merupakan Shodaqah. Menyerahkan kepada ahlinya merupakan Taqarrub. Ilmu merupakan teman dekat ketika kita sendiri dan sahabat ketika kita kesepian. Muadz bin jabal radiyallahu ‘anhu.

Baca Juga : Biografi Singkat Istri Nabi Muhammad

Mahfudzot Dari Ulama Tabiin dan Tabiut Tabiin

mahfudzot Ulama tabiin dan tabiut tabiin tentang ilmu
Source : pexels

Akan aku berikan seluruh ilmu yang kumiliki untuk siapapun, asalkan mereka mau memanfaatkan apa yang telah aku beriImam Asy Syafii.

“Fikiran bersumber dari ilmu, sedangkan ilmu adalah sumber dari amalan” Whab.

Kunci meraih kebahagian dunia atau akhirat adalah mengamalkan ilmu yang ia dapat kepada orang orangSyaikh Abdull Qodir Jailani.

“Ketahuilah ilmu yang paling baik ialah ilmu yang melahirkan Khasyyah (rasa takut dibarengi dengan ketaatan) kepada Allah subhanahu wa ta’ala” Ibnu Athaillah As Sakandari.

“Orang yang kesehariannya hanya sibuk untuk mencari uang untuk ketenangan keluarganya, maka mustahil bagi ia untuk memperoleh ilmu pengetahuan” Imam Asy Syafii.

“Pengalaman akan membuat kita bertambah ilmu pengetahuan, dan dengan berdzikir membuat kita bertambah rasa cinta berfikir membuat kita bertambah ketaqwaan kita kepada Allah shubhanahu wa ta’ala” Hatim.

“Aku menuntut ilmu karena Allah dan aku tidak akan menuntut ilmu apabila bukan karena Allah subhanahu wa ta’ala” Imam Al Ghazali.

Orang dahulu apabila ia pergi ke rumah gurunya untuk menuntut ilmu, mereka senantiasa memberi sesuatu untuk meminta keberkahan. Bahkan mereka selalu berdoa ‘Ya Allah.. Ampunilah semua dosa guruku terhadap aku dan janganlah Engkau hilangkan keberkahan ilmu darinya untukku Sebagian Ulama.

Lupa adalah bencana ilmu“.

“Bukankah anak yatim adalah yang telah ditinggalkan orangtuanya, sebenarnya anak yatim adalah yatim akan ilmu dan ahlaq”.

“Kecantikan bukanlah dengan pakaian yang menghiasi kita, tapi sesungguhnya kecantikan itu dengan ilmu dan adab”.

Mahfudzot Dari Para Tokoh

mahfudzot tentang ilmu dari seorang guru
Source : Pixabay

“Setinggi-tinggi ilmu, semurni-murni tauhid, dan sepintar-pintar taktik” Hj Oemar Sai’d Tjokroaminoto.

“Iman tanpa adanya ilmu bagaikan lentera yang dipegang oleh bayi, dan Ilmu tanpa adanya iman bagaikan lentera yang dipegang pencuri” Buya Hamka.

“Dengan ilmu kita akan mulia” Ki Hajar Dewantoro

Orang yang bijak ialah yang belajar ketika mereka bisa, adapun orang yang bodoh ialah yang belajar ketika meraka harus”

“Ilmu tanpa adanya agama adalah sebuah kepincangan dan Agama tanpa adanya ilmu adalah sebuah kebutaan” Albert Einstein.

“Ilmu adalah sesuatu yang harus kita cari, salah satu yang membuat hidup manusia itu berkualitas yaitu dengan ilmu” Arthur Wallesley.

Default image
Nabil Tedjamaja
Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: