Bill Gates Penemu Dan Pendiri Microsoft

Siapa sih yang tidak kenal dengan tokoh yang bernama Bill Gates?. Bill Gates merupakan seorang penemu dan juga pendiri dari perushaan besar yang bernama Microsoft Corporation.

Perusahaan ini sudah banyak berkontribusi untuk perkembangan dan kemajuan teknolog khususnya komputer.

Microsoft merupakan perusahaan multinasional yang berpusat di Amerika Serikat, tepatnya di Redmond, Washington, USA.

Perushaan juga merupakan pembuat, pengembang, memberi lisensi, dan yang mendukung berbagai produk dan jasa yang berhubungan dengan komputer.

Salah satu produk dari microsoft yang terkenal dan hampir di seluruh pencuru dunia menggunakannya yaitu operasi sistem WINDOWS.

Biografi Bill Gates Si Penemu Microsoft

penemu microsoft
Penemu dan Pendiri Microsoft

William Henry Gates III atau lebih akrab dengan panggilan Bill Gates, ia lahir tanggal 28 Oktober 1955 di Seattle, Washington, USA. Ia merupakan anak ke-3 dari pasangan William Henry Gates dan Mary Maxwell. Kedua kakaknya bernama Kristianne dan Libby.

Ayah Gates merupakan seorang pengacara yang mempunyai relasi di berbagai kota. Sedangkan ibunya merupakan seorang pegawai first interstate bank, Pacific Northwest Bell dan anggota tingkat Nasional United Way.

Sementara itu kakek Bill Gates (ayah dari ibunya) merupakan tokoh yang memiliki posisi yang penting di Amerika Serikat yaitu seorang Presiden Bang Nasional.

Masa Kecil Bill Gates

semasa kecil gates termasuk anak yang cerdas dan penuh semangat, tapi ia cenderung kesulitan dalam lingkungan sekolah.

Ketika gates kecil menginjak umur 11 tahun, orangtuanya mengirim gates ke Lakeside School yaitu sebuah sekolah khusus anak laki-laki yang sangat bergengsi.

Awal Mengenal Komputer

Bill gates dan dunia komputer
Source: Google

Mother Club yang ia ikuti di Lakeside School, membelu sebuah terminal teletype model 33 ASR dan Computer GE (General Electric) untuk para siswa di sekolahan tersebut.

Mulai dari sini lah Bill Gates menyukai dunia komputer, ia menghabiskan waktu-waktunya untuk melakukan kegiatan pemrograman, dan mempelajari banyak hal tentang komputer.

Hingga ia mampu mempelajari bahasa pemrograman BASIC dengan cepat. Selain BASIC ia juga mempelajari sistem lain seperti sistem minikomputer DEC PDP yang digunakan oleh Computer Center Corporation (CCC).

Menariknya komputer DPD-10 yang dibatasi waktu itu, Bill gates dan teman-temannya seperti Paul Alien, Ric Welland, dan Kent Evant melakukan eksploitasi komputer tersebut sehingga ia bisa menambahkan waktu untuk penggunaan komputer.

Tidakan Bill Gates dan teman-temannya itu diketahui, sehingga dilarang untuk mengakses sistem selama musim panas.

Ketika masih di Lakeside School, ia juga dijuluki oleh salah seorang gurunya sebagai orang yang eksentrik.

Baca juga: Penemu Radio Pertama Di Dunia

Kisah Pendidikan Pendidikan Bill Gates

kisah pendidikan bill gates
Source: Google

Setelah ia lulus dari Lakeside School tahun 1973 dengan nilai yang tinggi akhirnya ia diterima di Harvard University dan melanjukan pendidikan lanjutannya.

Pada masa kuliahnya juga Gates bertemu dengan kawan lamanya di Lakeside bernama Paul Allen, disana Bill Gates dan temannya terus mengembangkan dan mempelajari seluk beluk pemrograman komputer.

Pada tahun berikutnya, Bill Gates dan Paul Allen melitah peluncuran dari MIST Altair 8800 yang berbasis CPU 8080, dari sanalah Bill Gates mulai bercita-cita untuk mendirikan perusahaan perangkat lunak komputer sendiri.

Gates mulai melakukan proses untuk menggapai impiannya, ia menghubungi Micro Instrumentation dan Telemetry System (MITS) untuk menawarkan kerjasama, dan Persiden MITS bernama Ed Roberts menyetujui kerjasamanya.

Di waktu-waktu ini lah Bill Gates mulai mengembangkan emulator Altair pada minikomputer dengan bahasa pemrograman BASIC.

Saking sibuknya ia mengerjakan proyek impiannya ia melalaikan pendidikannya di Harvard, dan ia memutuskan untuk keluar, bahkan disebutkan bahwa ia di drop-out karena tidak mengikuti kegiatan di kampus.

Bill Gates sebagai Penemu Dan Pendiri Microsoft Pertama

penemu dan pendiri Microsoft
Source: Google

Di tahun ini juga Bill Gates mendirikan perusahaan kemitraannya bersama dengan Paul Allen, dan diberi nama “Micro-Soft” kantor pertamanya berada di Albuquerque.

Pada tahun 26 November 1976, ia menghapus tanda penghubung pada nama sebelumnya dan menjadi “Microsoft”, selain itu perusahaan ini juga didaftarkan di Kementrian Luar Negri New Mexico.

BASIC Microsoft mulai dikenal oleh para penggemar komputer, dan ia juga menemukan salinan pra-pasarnya yang bocor ke publik.

Akhirnya Bill Gates menulis “Open Letter to Hobbyists” di kabar berita MITS dan menyatakan MITS tidak boleh memproduksi, mendistribusi, dan mempertahankan perangkat lunak berkualitas tinggi tanpa membayarnya, namun pernyataannya itu mendapat tanggapan yang dingin.

Microsoft akhirnya berlepas diri dari MITS pada akhir 1976, dan melakukan pengembangan perangkat lunak sendiri untuk berbagai sistem.

pada tanggal 1 Januari 1979, kantor pusat Microsoft pindah dari Albuquerque ke Bellevue, Washington.

Kerjasama Microsoft dengan IBM

Kerjasama Microsoft dengan IBM
Source: Google

Pada tahun 1980, Microsoft mendapat penawaran kerjasama dari perusahaan IBM untuk menulis penerjemahan BASIC untuk komuter mereka.

Microsoft akhirnya menyetujui dan mengadaptasi sistem operasi untuk PC, dan mengirim PC-DOS ke IBM dengan imbalan 50.000 USD.

Hingga pada akhirnya penjualan MS-DOS menjadi pemain utama dalam industri komputer, padahal sebelumnya microsoft tidak menawarkan pemindahan hak cipta untuk operasi sistem ini.

Pada 25 juni 1981 Bill Gates menjadi Presiden sekaligus Ketua Dewan Microsoft, dan disinilah Gates mulai merestukturasi dan mengembangkan sistem operasi terpisah bernama OS/2.

Kedua perusahaan ini berhasil mengembangkan versi pertama untuk sistem ini. Kedua memiliki perbedaan pandangan sehingga merusak jalinan kerjasamanya.

Dan pada tanggal 16 Mei 1991 Microsoft meluncurkan memo internal dan mengumumkan bahwa kerjasama untuk OS/2 dengan IBM berakhir. Microsoft juga mengalihkan operasi sistemnya pada pengembangan karenel WINDOWS NT.

Sejarah Perkambangan Microsoft

perkembangan Microsoft
Source: Google

Setelah peluncuran Windows NT perkembangan microsoft menjadi semakin maju dan Microsoft terus melakukan pengembangan dan peluncuran produk-produk baru mereka.

Kita tahu bahwa banyak produk-produk yang telah dikeluarkan Microsoft sudah banyak digunakan oleh orang-orang diberbagai penjuru dunia.

Berikut beberapa produk microsoft yang paling populer dan banyak digunakan:

  1. Operasi Sistem Windows, persentase pengguna windows 7, XP, 8/8.1, dan Windows Vista mencapai 90,94 %. Hal ini membuktikan bahwa operasi windows hampir setiap komputer menggunakan OS ini.
  2. Microsoft Office, menurut data pengguna Microsoft Office mencapai angka 1,2 miliyar orang.
  3. Internet Explorer, software untuk web browser sama seperti chrome, mozila, opera, dan lainnya.
  4. Windows Phone, merupakan smartphone yang sempat booming, namu akhirnya Microsoft menutup produk ini karena persaingan pasar yang tidak bisa dijangkau.
  5. Outlook,
  6. Bing, mesin pencari yang memiliki keunikannya sendiri, meskipun mesin pencari ini tida sepopuler mesin pencari Google, namun Bing bisa menjadi alternatif.
  7. OneDrive, penyimpanan awan yang sebelumnya bernama SkyDrive.
  8. Skype, merupakan aplikasi video call buatan microsoft yang masih banyak dibemari oleh para pengguna internet.
  9. Surface, merupakan produk microsoft dikategori laptop dan juga tablet dengan kemampuan yang tinggi, produk ini bersain dengan Macbook milik Apple.
  10. XBox, brand video game yang populer di dunia, dan dikatakan bahwa pengguna aktifnya mencapai angka 48 juta dari 57 negara.
  11. MSN, menurut ranking alexa MSN masih berada pada urutan ke 33 di dunia dan ke 41 di Amerika.
  12. Dan produk lainnya.
Produk-produk Microsoft
Source: Google

Kehidupan sang penemu microsoft juga berjalan dengan baik dan ia juga menikah dengan wanita yang bernama Melinda Frech. 

Setelah itu keduanya menikah dan mereka dikaruniai tiga anak yang bernama Kathrine Gates, Roty John Gates, dan Phoebe Adele Gates.

Keluarga ini hidup dengan kekayaan yang bergelimang sehingga ia juga di nobatkan sebagai peringkat pertama orang terkaya di dunia sejak 1995 hingga 2008.

Selain kekayaan yang melimpah ia juga dikenal karena beberapa usaha filantropi dengan menymbangkan dana yang besar  ke berbagai organisasi amal, dengan yayasannya bernama Bill & Melinda Gates Foundation.

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: