James Watt Penemu Mesin Uap Pertama

Penemu mesin uap – Revolusi Industri semakin meningkat dan hari ini Revolusi industri berada pada 4.0, bagaimana revolusi industri 1.0?? yang menjadi penyebab revolusi industri 1.0 salah satunya adalan penemuan mesin uap.

Tukah kamu siapa penemu yang pertama menciptakan mesin uap?? ternyata bukan James Watt, dia adalah Thomas Savery.

James Watt disebut sebagai penemu mesin uap pertama, karena mesin uap yang dibuat olehnya merupakan mesin yang paling baik dan paling berpengaruh pada revolusi industri.

Diartikel ini kami akan membahas tentang penemu mesin uap, yang harus kamu tahu.

Sejarah Awal Ditemukannya Mesin Uap

mesin uap pada kereta uap
Source: pixabay

Ada tiga tokoh penting yang dianggap sebagai penemu Mesin uap diantaranya:

1. Biografi Thomas Savery

Thomas Savery

Thomas Savery lahir tahun 1650 M dari anggota keluarga yang terkenal di Shilstone, Modbury, Devon, Inggris. Dia adalah seorang yang sangat berhati-hati, dan dia mempunyai selera bersar terhadap filsafat alam, matematika, mekanik. Dia juga seorang Insiyur Militer dan mencapai pangkat kapten pada tahun 1702.

Pada abad ke-16 pertumbuhan di Inggris meningkat dengan tingginya permintaan batubara, sehingga memaksa para menambang untuk menghasilkan batubara dalam jumlah besar.

Thomas Savery adalah orang yang pertama yang menemukan mesin uap pada tahun 1698, saat ia menjadi Insiyur militer. Mesin uap pertamanya dan sudah ia patenkan, mesin yang digunakan untuk memompa air pada pertambangan batubara. Mesin uap yang dibuat Thomas Savery merupakan mesin uap bolak-balik.

mesin buatan thomas savery
Source: wikipedia

Mesin uapnya berbentuk seperti bejana tertutup dan diisi dengan air , lalu air itu menjadi menguap dibawah tekanan. Tekana yang besar memaksa air untuk naik ke atas, berhasil mengeluarkan air dari tambang batu bara. Lalu sprinkler (alat penyiram) air dingin digunakan sebagai proses pemadatan uap.

Mesin ini sering mengalami ledakan dan uap yang dihasilkan sangat boros sehingga mesin ini diperbaiki dalam proses kinerjanya yaitu dengan membuat katup-katup pengaman yang digagas oleh Denis Papin.

Dengan adanya katup-katup proses pompa air dapat menciptakan ruang kosong yang menghisap lebih banyak air yang keluar dari dasar tambang melalui katup bawah.

Mesinnya Thomas Savery tidak memiliki piston, yang dapat membantu kinerja mesinnya lebih baik. Mesinnya tidak ada bagian yang bergerak kecuali bagian keran saja dan itulah kelemahan dari mesin yang dibuatnnya.

Thomas Savery meninggal pada tahun 1715, sebelum kematiannya ia juga pernah bekerjasama dengan Thomas Newcomen yang membuat piston pada mesin uap yang dinamakan Piston Newcomen. Setelah itu mesin uap yang ia ciptakan dikembangkan dan mengaami banyak perbaikan.

Baca juga: [SEJARAH] Penemu Balon Udara Kamu Harus Tau

Penemuannya ini menjadi awal dari revolusi industri kedepan yang dipakai oleh industri-industri sekarang ini.

2. Biografi Thomas Newcomen

Thomas newcomen

Thomas Newcomen lahir bulan Februari 1664, dari keluarga pedagang di Dartmounth, Devon, Inggris. Kelahirannya sama dengan Thomas Savery yaitu di Provinsi Davon, Inggris bagian barat daya.

Thomas Newcomen adalah seorang Pengusaha, dan juga seorang pandai besi di Inggris. Ia juga salah seorang penemu mesin uap yang telah ia kembangkan dan benar-benar bisa digunakan untuk memompa air dati Tambang batu bara saat itu.

Perkembangannya dalam mesin uap terhambat karena perusahaan mesin uap sebelumnya yang didirikan oleh Thomas Savery. Dan terpaksa ia harus bekerjasama dengan Savery dan mengembangkan perusahaannya.

Mesin uap pertama yang dibuat Thomas Newcomen ialah mesin uap atmosferik, mesin yang merupakan perbaikan atas desain Thomas Savery. Dari namanya Atmosferik, mesin ini dibuat dengan menggunakan kekuatan tekanan atmosfer, yang memompa uap ke silinder, lalu uapnya diembunkan oleh air dingin yang menciptakan ruang hampa dalam silinder.

mesin buatan thomas newcomen

Mesin uapnya juga diopersikan atau digerakkan oleh sebuah piston, yang membuat stroke ke bawah, dan piston ini merupakan penemuannya yang tidak ada pada mesin Thomas Savery sebelumnya.

Pada tahun 1712 dua tahun sebelum kematian Thomas Savery, ia juga bekerja sama dengan Jhon Calley. meraka membuat dan mengembangkan mesin pertama mereka di atas poros tambang, dengan pergerakan piston diisi dengan air, dengan kinerja yang lebih baik untuk memompa air keluar dari tambang.

Mesin Newcomen dan temannya juga merupakan salah satu mesin pendahulu dari mesin yang dibuat James Watt.

Motifasinya untuk membuat sebuah mesin uap ialah sama seperti Thomas Savery yaitu di Inggri pasar pertambangan sedang meningkat. Kala itu juga, terjadi banjir yang menjadi masalah bagi perusahaan pertambangan batu bara dan timah.

Newcomen melihat peristiwa ini tergerak untuk membuat pompa air dengan mesin uap. Setelah usahanya berhasil lalu ia menjualnya dan lebih fokus pada penjualan alat-alat pertambangan.

Thomas Newcomen meninggal dunia pada tanggal 5 Agustus 1729. Mesin uap ciptaannya masih belum efisien dan masih banyak yang harus di perbaiki.

Baca juga: [SEJARAH] Penemu Ban Karet Kamu Harus Tau

3. Biografi James Watt

James Watt- tokoh penemu Mesin uap
Source: FEE

James Watt lahir tanggal 19 Januari 1736, di Greenock, Renfrewshire, Scotlandia. Dia seorang Insiyur besar dari Scotlandia, Britania Raya.

James Watt terkenal karena perombakan dan perbaikan dari Mesin uap yang lebih efisien dari mesin uap sebelumnya karena mesin uap yang ia ciptakan merupakan mesin yang paling baik. Ia juga dikatakan sebagai seorang tokoh kunci revolusi industri.

Industri-industri pada saat itu terbilang sangat bergantung pada mesin uap yang diciptakan James Watt ini.

Sebelum ia menciptakan mesin uap, waktu itu James Watt tertarik dengan mesin uap yang diciptakan oleh Thomas Newcommen, mesin uap medel atmosfrik.

Saat itu ia sedang meperbaiki mesin ciptaan Newcomen, dan ia juga melihat banyak kekurangan, dan ketidak sesuaian dalam mesin uap Newcomen.

Terobosan Baru Mesin Uap buatan James Watt

mesin buatan james watt
Source: wikipedia

Tahun 1765, James watt menemukan terobosan baru dalam pengembanganyaitu kondensor terpisah. Dalam prakteknya ia membutuhkan waktu 11 tahun untuk melihat perangkatnya bekerja.

Halangan terbesar Watt dalam membuat mesin uap ini adalah teknologi untuk membuat piston besar atau silinder yang dekat sehingga bisa menutup vakum mederat.

 

Terobosan baru Watt ini akhirnya memiliki dukungan keuangan dari kemitraan dengan Matthew Boulton, dan mengalami peningkatan.

Salah satu peningkatan mesinnya adalah

  • Penambahan ruang terpisah yang diperkokoh,
  • Menggunakan mesin ganda,
  • Menggunakan seperangkat gerigi yang mengubah gerak balik mesin yang menjadi gerak berputar.
  • Pengontrol gaya gerak melingkat otomatis.
  • Alat penghitung kecepatan, alat petunjuk, dan alat pengontrol uap.

Setelah bekerja sama dengan Matthew Boulton pada tahun 1775, perusahaan mereka akhirnya memproduksi mesin dalam jumlah besar, setelah itu bisnis mereka berhasil dan keduanya menjadi kaya raya.

Nama Watt dijadikan sebagai Sebuah satuan Daya, dengan simbol (W), karena dirinya telah banyak berkontribusi dan penghargaan tehadap jasanya.

Mesin uapnya juga tidak hanya digunakan untuk pabrik atau pertambangan, Marquis de Jouffroy pada tahun 1783 ia berhasil menggunakan mesin uap sebagai mesin penggerak kapal.

Tak satu pun model-model  pemula yang berhasil secara komersial, baik kapal atau kereta api mendapatkan revolusi dari mesin ini membutuhkan waktu dalam tempo beberapa tahun. Richard Trevithik juga pada tahun 1804,ia berhasil menciptakan lokomotif uap pertama

James Watt meninggal dunia pada tanggal 19 Agustus 1819 di Birmingham, Inggris, pada usaianya yang ke 83 tahun.

Dari ketiga penemu mesin uap diatas, James Watt disebut-sebut sebgai orang yang pertama kali menemukan mesin uap, karena mesin uap buatannya sudah kompleks berbeda dengan dua penemu lainnya. Mesin ciptaannya juga merupakan mesin revolusi industri 1.0 pada saat itu.

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: