Perbedaan windows dan Linux

Windows dan Linux merupakan sama-sama operasi sistem dan keduanya memiliki perbedaan dari segi kelebihan atau kekurangan sendiri.

Apa opersi sistem yang sekarang kamu gunakan?

Windows atau Linux? atau bahkan Apple?

Saat ini saya sedang menggunakan sistem operasi Linux, yaitu Linux Mint, yang sebelumnya menggunakan windows dan butuh waktu untuk beradaptasi dengan software dan aplikasi dari Linux.

Ternyata setelah saya coba linux, untuk software atau aplikasi meskipun berbeda tapi sebenarnya sama saja dengan window, mungkin kita merasa susah karena sudah terbiasa dengan windows.

perlu diketahui bahwasanya semua operasi sistem  memiliki keunggulannya masing-masing dan perbedaan tersendiri, tergantung pada waktu kita belajar untuk beradaptasi dengan salah satu operasi sistem tersebut.

Perbedaan Antara Windows dan Linux

Disini kami membagi perbedaan antara window dan linux dari 12 aspek diantaranya:

Dukungan Software atau Aplikasi

Dukungan software atau aplikasi
Source : Pixabay

Perbedaan Windows dan Linux dari dari segi sotware diantaranya:

  • Windows memiliki banyak software yang sudah familiar dikalangan umum seperti software perkantoran, grafis, game, multimedia, dan lainnya.
  • Kebanyakan software di Windows berbayar alias tidak gratis, adapun solusinya yaitu kita mencari software yang bajakan atau ilegal.
  • Sedangkan pada Linux sendiri, aplikasi perkantoran, grafis, game, multimedia, dan lainnya, kurang familiar di kalangan umum. Akan tetapi banyak aplikasi alternatif untuk masalah sehari-hari yang bisa kita install di Linux sebagai pengganti aplikasi windows.
  • Aplikasi di Linux tidak sepopuler windows seperti: Microsoft Office, Adobe yang biasa digunakan para editor, dan profesi lainya.
  • Adapun untuk aplikasi game, Window memiliki banyak keunggulan, game-game baru bisa dijalankan di window.
  • Sedangkan Linux sendiri untuk masalah aplikasi game memiliki kekurangan yang sangat jauh.
  • Adapun Linux memiliki solusi lain untuk menjalankan aplikasi windows di osnya, yaitu dengan Wine, tetapi performanya kurang daripada dijalankan di windows langsung.

Tampilan Antarmuka

perbedaan tampilan antara windows dan linux
Source : Pixabay

Untuk segi tampilan keduanya memeiliki ciri khas masing masing diantaranya:

  • Windows memiliki tampilan yang user-friendly dan mudah digunakan, semenjak windows 98.
  • Adapun untuk Linux sendiri sudah banyak distro yang memiliki tampilan antarmuka yang sudah friendly tapi banyak juga distro yang tampilan antarmukanya tidak friendly dan ribet. Karena saking banyaknya distro jadi disesuaikan dengan kegunaannya.
  • Meskipun kebanyakan tampilan di Linux kurang bersahabat, karena dia bersifat open source jadi untuk masalah tampilan antarmuka, kita bisa memodifikasinya sesuai keinginan kita.
  • Sedangkan untuk tampilan Windows sudah ditetapkan dari pengembangnya sendiri yaitu microsoft.

Keamanan dan Kerentanan Sistem

perbedaan window dan linux - dari segi keamanan
Source : Pixabay

Untuk keamanan sendiri windows dan linux memiliki cara masing-masing, diantara perbedaannya adalah:

  • Untuk masalah keamanan di windows, ia memiliki pengembangan untuk masalah virus, malware, dan sejenisnya, yaitu dengan aplikasi AntiVirus. Sebagaimana yang kita ketahui anti virus seperti: SAMADAV,Avast!, Avira, AVG, Kaspersky, dll.
  • Sedangkan untuk Linux ia terkenal dengan sistem yang kebal virus, malware, dan sejenisnya, karena dalam linux sendiri virus tidak bisa berkembang.
  • Model aplikasi yang jalan di Linux juga berbeda dari windows, karena kerumitan sistem yang dijalankan di linux.
  • Untuk keamanan Windows ia sangat rentan terhadap virus, malware, dan lainnya, dan untuk menghindarinya kita harus terus memperbaharui aplikasi antivirus, agar bisa terjaga dan terlindungi.

Penggunaan Sehari-hari

perbedaan dari penggunaan sehari-hari
Source : Pixabay

Untuk penggunaan sehari-hari seperti yang kita ketahui windows lebih familar dari linux diantaranya:

  • Windows biasa digunakan para guru,murid,pekerja,dan perkantoran, freelance, dan kebanyakan orang, untuk kegiatan sehari-hari.
  • Sedangkan untuk Linux sendiri biasanya digunagan oleh para pelajar, kebanyakan linux  dipakai sebagai os kedua setelah windows. Untuk pekerjaan sehari-hari orang-orang lebih memilih windows karena linux kurang dipercaya untuk melakukan kegiatan sehari-hari, dan takut bisa menghambat pekerjaan, karena keluhan software.

Kelengkapan Program

Kelengkapan Program
Source : Pixabay

Kelengkapan program saat kita menginstall os windows atau linux.

  • Ketika kita menginstall Linux pertama kali, maka linux sudah menyediakan aplikasi yang dibutuhkan cukup lengkap.
  • Untuk windows sendiri ketika kita menginstall, untuk melengkapi aplikasi yang dibutuhkan kita harus membelinya. Adapun cara untuk menginstall aplikasi kita bia download aplikasi bajakan di internet.

Dari Segi Harganya

Perbandingan harga antara windows dan linux
Source : Pixabay

seperti yang sudah dijelaskan di atas:

  • Windows merupakan operasi sistem yang berbayar atau ada harganya, untuk windows 10 Pro sendiri harganya sekitar Rp 2.950.000,- (Dua juta sembilan ratus lima puluh ribu rupiah).
  • Sedangkan untuk software atau aplikasi Windows memiliki harga yang bermacam-macam lihat di iprice.co.id
  • Karena Linux merupakan open source jadi semuanya free alias Gratis, entah itu OSnya, softwarenya, dan lain-lain.

Bagi anda seorang yang baru mengenal linux anda bisa belajar perintah baris pada linux, kenapa?? karena di linux sendri perintah-perintah baris sangat penting, dan akan lebih sering digunakan. Untuk itu klik artikel kami tentang  Perintah Dasar Linux Pemula Wajib Tahu.

Penggunaan Sistem Operasi

Banyak para designer grafis, conten kreator, pekerjaan kantor, Pelajar, dan lainnya banyak menggunakan Windows.

Karena Linux memiliki sifat keamanan yang tinggi, linux malah cendrung dan lebih banyak digunakan sebagai server, administrator LAN kantor, Web Proxy, Layanan SSH, dan lainnya. Keamanan yang tinggi juga, biasanya digunakan pada domain-domain.

Pengembangan Kode

perbedaan windows dan linux - segi pengembangan kode
Cource : Google

Windows merupakan sistem operasi yang besifat tertutup kebalikan dari open source, karena pengembangan os berada di pihak Microsoft.

Distro Linux merupakan hasil pengembangan dari source code dimana bisa disesuaikan dengan keinginan para pengembangnya. Kode ini di kembangkan oleh para komunitas dan banyak pihak.

Dukungan Hardware

perbedaan dari dukungan hardware
Source : Pixabay

Dukungan hardware pada Windows memiliki keunggulan karena driver pada windows biasanya selalu diperbarui oleh pabrik penghasil hardware itu.

Adapun Linux ia memiliki driver di berbagai hardware yang reltif sedikit dan susah untuk dicari.

Sistem Partisi

Perbedaan Windows dan linux - pengelolaan partisi
Source : Pixabay

Pada umumnya Window mendukung partisi NTFS, wxFAT, FAT32, dan lainnya.

Linux menggunakan beberapa jenis partisi  yaitu NTFS, FAT32, jfs, xfs, reiserf, ext3, ext2, dan lainnya.

Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI)

Untuk Linux sendiri karena yang mendistribusikannya oleh banyak pihak, dan mendorong para penggunanya untuk menyebarkan perangkat tersebut.

Untuk Window kepemilikan lisensi merupakan syarat yang mutlak bagi para penggunanya.

Mengatasi Error

Perbedaan dalam mengatasi Error
Source : Pixabay

Di Linux untuk masalah error dan cara mengatasinya terbilang cukup ribet, dan biasanya diselesaikan oleh coding di terminal menggunakan perintah-perintah dari linux.

Untuk Windows, ketika kita mengalami masalah error biasanya mudah untuk diatasi, dan juga di google sendiri banyak wawasan tentang cara mengatainya.

Kesimpulan

Ketika kita mengatakan Windows itu gak aman mendingan Linux yang aman, meskipun window kurang pada keamanan sistem, tapi kita juga bisa menghindarinya yaitu dengan pembaharuan anti virus dan menghindari unduhan yang tidak bersumber jelas.

Ketika kita mengatakan Linux terlalu ribet untuk pengoperasian dan labih mudah Windows. seperti halnya windows pada awal kita belajar windows pati kita merasa sulit dan ribet, dan gak ada bedanya dengan Linux.

Dan banyak hal lain yang sudah kita jelaskan di atas bahwasanya Windows dan Linux sama-sama OS yang memiliki keunggulan masing-masing.

 

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: