Sejarah Penemu Android [Lengkap]

Sejarah Android – Kebanyakan smartphone yang kita gunakan, bahkan hampir setiap orang memilikinya yaitu Android, Yapss.. Android merupakan sebuah OS untuk bisa menjalankan sebuah perangkat seluler.

Taukah kamu sejarah Android, dan siapa penemunya?? Disini saya akan menjelaskan secara singgkat dan padat tentang sejarah ponsel nomer satu di Dunia ini.

Andy Rubin (Andrew E. Rubin)

sejarah penemu android - andy rubin
Source: The Verge

Sejarah awal penemu android adalah Andrew E Rubin atau sering dipanggil Andy Rubin, ia lahir di Chappaqua, New York, Amerika Serikat, pada tanggal 22 Juni 1946.

Lahir dikalangan orang Yahudi sebagai putra dari seorang ayah yang bekerja sebagai psikologi, dan akhirnya ayah rubin banting setir dan menjadi seorang pebisnis direct marketing.

pada masa kecil ia merupakan anak sudah terbiasa dengan ponsel keluaran anyar, karena ayahnya bertugas sebagai pembuat foto-foto perangkat elektronik terbaru.

Ayahnya juga selalu menyimpan ponsel barunya di kamar Rubin kecil, dan menjadi termotifasi untuk kemajuan teknologi dan hal-hal yang berbau robotik.

Semasa mudanya Rubin juga rajin mengoerasikan BBS (sistem papan buletin), dan sudah terbiasa dengan kode-kode perintah baris.

Karir Pendidikan

Pendidikan
Source: unsplash

Masa remaja ia sekolah di Horace Greeley High School di Chappaqua, New York, pada tahun 1977 – 1981.

Karena ia bercita-cita sebagai seorang yang ahli dalam bidang teknologi khususnya di bidang Robotik yang sangat ia sukai.

Setelah lulus dari Horace Greeley High School, ia melanjutkan studi ke tingkat yang lebih tinggi untuk mengapai cita-citanya.

Ia masuk ke Utica College di Utica, New York, dan mengambil jurusan Bachelor of science (sarjana sains) dalam Ilmu komputer. Ia menghabiskan studi di Utica College selama 5 tahun, dari tahun 1981 – 1986.

Karir pekerjaan Rubin

Karir Pekerjaan Rubin
Source: Wikipedia

Dengan keinginan Rubin menjadi ahli dibidang elektronik yatiu dibidang robotik akhirnya setelah lulus kuliah ia bekerja di Carl Zeiss AG sebuah perusahaan di Swiss. Ia bekerja sebagai teknisi robotika, dan ditempatkan pada komunikasi digital  dan manufaktur, pada tahun 1986 – 1989.

Pernah Bekerja di perusahaan Apple

perusahaan Apple
Source: Marketeers

Keluarnya Rubin dari perusahaan Carl Zeiss AG ketika ia berlibur di Cayman Island, Jamaika. Ia tidak sengaja bertemu seorang yang bernama Bill Caswell yang sedang bertengkar dengan pacarnya, Rubin merempati dan mengajaknya ketempat tinggalnya.

Setelah ngobrol-ngobrol akhirnya Bill Casewell, menawarkan Rubin untuk bekerja di perusahaan Apple bersamanya.

Pada masa ini adalah masa-masa kesenangan Rubin dimana perusahaan Apple masih dalam keadaan baik karena komputer Macintosh, dan budaya Apple menular pada diri Rubin.

Ia juga melakukan kejahilannya seperti memprogram ulang sistem telepon dan berpura-pura sebagai san CEO, John Sculley, kelakuannya itu mungkin disukai oleh Steve Jobs.

Setelah 3 tahun di Carl Zeiss, ia pindah bekerja di perusahaan Apple Inc, menjadi teknisi manufaktur, kemudian setelah bekerja di bidang manufaktur ia berpindahkan ke bagian riset di perusahaan Apple, sampai tahun 1992.

Setelah dari perusahaan Apple ia pindah ke perusahaan General Magic, sebagai teknisi, yaitu sebuah perusahaan pecaahan dari Apple.

Ia juga pernah membuat sebuah peranti lunak yaitu Magic Cap tapi karyanya hanya sebatas uji coba pada sebuah perusahaan handset dan telekomunikasi.

Kemudian ia bekerja di MSN TV dan bekerja dengan Artemis Research yang dibangun oleh Steve Perlman dan MSN TV berubah nama menjadi Web TV. Seiring berjalannya waktu perusahaan Microsoft tertarik dengan Web TV dan membelinya, dan ia tidak bekerja unuk Microsoft

T-Mobile Sidekick Perusahaan Danger Inc.

T-Mobile Sidekick
Source: Complex

Ia juga  bekerja di sebuah perusahaan orang lain akhirnya ia mendirikan perusahaan pertamanya pada tahun 1999 – 2003 bersama Matt Hershenson dan Joe Britt yang bernama Danger inc.

Ditempat yang penuh dengan mainan robot bersama rekan-rekannya ia meneemukan ide untuk produk baru.

Perusahaan ini merealisasikan idenya Rubin yang diberi nama Danger Hiptop dan dipasarkan dengan T-Mobile Sidekick yaitu sebuah telepon genggam.

Sidekick merupakan perangkat PDA (Personal Digital Assistant) yaitu sebuah alat elektronik yang berbentuk kecil dan berbasis komputer yang bisa dibawa kemana-mana.

Tapi perusahaan ini dibeli oleh Microsoft, dan karyanya ini mencadi cikal bakal kemunculan Android.

Menurut kabar beredar Microsoft membeli perusahaan Danger Inc, sebesar 500 juta US dolar atau sekitar 7 triliun lebih.

Perusahaan Android

Sejarah dibangun Perusahaan Android
Source: Lebak Cyber

Setelah meninggalkan perusahaan pada tahun 2002 ia juga sempat memberikan sebuah kuliah untuk mahasiswa di Standford tentang pengembangan projeknya yaitu sidekick.

Ia juga sempat memasuki bisnisnya di kamera digital dan akhir nya ia tidak memiliki kecocokan dan akhirnya ia mendirikan perusahaan Android.

Pada awalnya android dikembangkan bukan untuk sebuah sistem operasi smartphon, tapi android dirancang untuk sebuah kamera digital.

Namun karena pasar smartphone lagi booming akhirnya perusahaan ini membuat sebuah operasi sistem untuk smartphone.

Waktu itu pasar smartphone yang populer yaitu Symbian dan Windows Mobile Phone dan Iphone waktu itu belum rilis.

Operasi sistem Android dirancang dengan berbasis karnel Linux.

Android pada awalnya berupa manipulasi langsung yang menggunakan gerakan layar seperti menggeser, mencubit dan mengetuk, papan ketiknya juga menggunakan virtual.

Setelah 22 bulan berdiri, perusahaan Google tertarik dengan Android karena melihat bahwa android akan menjadi sebuah teknologi yang gemilang di kemudian hari.

Akhirnya Rubin pun bergabung ke perusahaan raksasa ini, setelah Android diakuisisi oleh Google.

Ternyata Google telah melihat perkembangan android oleh Rubin semenjak ia dan teman-temannya mendirikan perusahaan Danger dan membuat sistem untuk ponsel T-Mobile sidekick.

Rubin bekerja di Google sebagai wakil presiden senior Android, dan menghabiskan masa kerjanya di perusahaan ini.

Selain penemu android Andy Rubin, Google juga dibantu oleh para brilian android, diantaranya:

  • Andy McFadden (pengembang Web TV dan Moxi Digital, bersama Rubin).
  • Richard Miner (mantan vice presiden perusahaan telekomunikasi orange).
  • Chris White (salah satu pendiri Android dan juga seorang perancang tapilan iterface Web TV).

Dan ternyata Android di tangan perusahaan Google semakin berkiprah dan semakin maju hingga sekarang, dan menjadi operasi sistem smartphone nomer satu di dunia, diatas Apple.

Sejarah Logo Android

sejarah pembuatan logo android
Source: Webhozz

Awal mula ditetapkanya logo android, dimana sebelumnya ada banyak rancangan/kandidat logo yang dibuat saat itu.

DAri semua logo itu akhirnya Irina memimilih dengan pertimbangannya, yaitu sebuah logo robot dengan kepala seperti mangkuk dibalik, dengan warna resmi yaitu hijau #A4C639.

Irina juga menjelaskan kenapa warna hijau, karena warna ini merupakan warna yang dapat kontras dengan semua warna apalagi dengan warna yang gelap.

Macam-macam android berbeda di setiap versinya dari 1.0 dengan abjad A yaitu nama makanan san seterusnya.

Dan semuaorang juga bisa memodifikasi logonya seperti ini:

modifikasi logo Android
Source: irinablok.com

Fakta Unik Andy Rubin

Andrew E. Rubin atau akrab dipanggil Andy Rubin, ia sebagai penemu paten pada empat karyanya dan sudah terdaftar di Amerika Serikat.

  • Penemu peralatan dan metode untuk otentikasi perangkat portal, saat ia di Perusahaan Danger Inc. Pada 7 april 2000.
  • Penemu metode konfigurasi dan otentikasi terbaru, Danger Inc. Pada 7 April 2000.
  • Penemu sistem portal yang dikonversi ke dalam format bytecode, Danger Inc. Pada 15 november 2000.
  • Estimating remaining use time of a mobile device ( Memperkirakan sisa waktu pada perangkat seluler), Google Inc. Pada 14 Juni 2011.

Empat temuan patennya ini dikabarkan bernilai 100jt USD atau sekitar 2.8 triliun.

Default image
Nabil Tedjamaja
Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: