Sejarah Perkembangan Microsoft Office [Lengkap]

Sejarah Microsoft Office – mungkin kebanyakan dari kita banyak yang menggunakan aplikasi office seperti pengolah kata, angka, atau pun persentasi

Seiring berjalannya waktu Microsoft office semakin berkembang dan menjadi aplikasi office yang hampir digunakan oleh sebagian besar pengguna komputer di dunia, termasuk negara kita Indonesia.

Dari tahun 2000-an hingga sekarang paket software microsoft office tetap eksis dan masih banyak digunakan oleh para pengguna windows. Bahkan microsoft office juga menjadi software perkantoran yang populer bagi pengguna MacOS.

berikut adalah sejarah microsoft office dari awal berdirinya hingga rilisan terakhir dari produk-produknya.

Sejarah Perkembangan Microsoft office

Sejarah Microsoft Office
Source: Ebay

Microsoft Office merupakan salah satu paket aplikasi untuk perkantoran yang dibuat oleh perusahaan besar yaitu Microsoft.inc, dimana awalnya software ini dirancang untuk sistem operasi windows. Paket aplikasi microsoft office terdiri dari beberapa software diantaranya: Excel, Word, dan PowerPoint.

Microsoft office pertama kali rilis untuk sistem operasi Windows pada bulan Oktober 1990, ketiga aplikasi itu mendapat sambutan dari penggunanya dan menjadi populer.

Tahun 1995 Microsoft kembali merilis versi yang baru untuk aplikasi officenya untuk windows 95. Pada sistem operasi windows 95, microsoft membuat pembaruan besar-besaran untuk windows 3.1 dan windows 3.11 for workgroup.

Perkembangan untuk paket aplikasi microsoft office dari awal perilisannya tahun 1990 hingga sekarang. Kalian juga bisa mengikuti perkembangan dari paket aplikasi perkantoran ini di website resminya Microsoft Office.

Baja JugaApa itu Javascript??

Sejarah Microsoft Office 3.0

Sejarah Microsoft Office
Source: WinBuzzer

Seperti yang disebutkan diatas Microsoft Office 3.0 rilis tepatnya pada bulan Agustus 1992, setelah perilisan pertama untuk windows yang mendapat sambuatan bagus dari masyarakat. Paket aplikasi didalamnya terdiri dari Word 2.0, PowerPoint 3.0, Excel 4.0, dan juga Mail 3.0 yang dibungkus dalam CD-ROM.

Pada tahun 1993 Microsoft office propessional dirilis dengan paket baru yaitu Microsoft Access 1.1.

Sejarah Microsoft Office 4.0, 4.1, 4.2

Pada ketiga versi ini Microsoft sudah bisa digunakan untuk sistem operasi MacOS, dan juga mendapatkan pembaruan paket salah satunya pegolah kata (word) yang sudah pada versi 6.0. Bahkan untuk Excel dan PowerPoint di Macintosh sudah pada versi yang sama seperti Windows.

Sejarah Microsoft Office 95

Sejarah Microsoft Office

Pada versi ini microsoft office dirancang untuk versi 32bit yang sangat cocok untuk Windows 95. Microsoft office 95 juga tersedia dalam 2 versi yaitu standard dan propessional.

Versi standard terdiri dari paket-paket yang terdiri dari Word, Excel, dan PowerPoint dengan versi 7.0, ditambah lagi aplikasi baru yaitu Schedule +7.0. Adapun untuk versi Propessional microsoft menambahkan microsoft access 7.0, selain dalam bentuk CD-ROM dan juga termasuk Bookshelf.

Sejarah Microsoft Office 97

Sejarah Microsoft Office

Pada versi ini microsoft merilis banyak fitur dan juga pembaruan seperti: command bar, menu dan toolbar baru dengan visual design. Selain itu versi ini memiliki fitur natural language sistem dan sophisticated grammer checking.

Microsoft Office 97 merupakan versi yang pertama menggunakan Office Assistant.

Sejarah Microsoft Office 2000

Sejarah Microsoft Office

Merupakan versi terakhir yang bisa dijalankan di Windows 95, dan banyak opsi-opsi yang disembunyikan. Bukan berarti itu tidak penting, namun opsi itu penggunaan yang kecil, terutama oleh orang awam.

Pada versi ini merupakan versi terakhir yang tidak menggunakan product activation yaitu sebuah fitur untuk mengaktifasi paket microsoft office. Product activation ini dimulai pada versi setehnya hingga sekarang.

Sejarah Microsoft Office XP (2002)

Pada versi ini Microsoft office dirilis bersamaan dengan windows XP pada tahun 2002, dengan pembaruan pada perangkat tambahan dan perubahan pada versi sebelumnya.

Fitur-fitur baru pada Microsoft Office XP diantaranya:

  1. Safe mode, yaitu memungkinkan untuk mendeteksi dan memperbaiki sumber masalah, seperti error saat registrasi atau add-in yang rusak.
  2. Tag smart, yaitu teg kecerdasan yang beroperasi berdasarkan aktivitas penggunanya, seperti membantu dalam kesalahan mengetik.
  3. Product activation, yaitu aktivasi pada produk untuk mencegah tindakan pembajakan.

Tag smart hanya ada pada aplikasi Microsoft Word dan Excel, didalamnya juga termasuk perintah suara yang terintegrasi, kemampuan dikte text, dan pengenalan tulisan tangan.

Versi ini menjadi yang pertama yang menggunakan fitur product activation, dan fitur ini menjadi kontroversi dikalangan penggunanya.

Sejarah Microsoft Office 2003

Sejarah Microsoft Office

Versi yang dirilis pada tahun 2003 sesuai namanya, dengan membawa logo baru dan aplikasi baru yaitu  Microsoft InfoPath dan Microsoft OneNote. Pada versi ini microsoft pertama kalinya menggunakan gaya Windows XP dan juga iconnya.

Microsoft Outlook 2003 memperbarui pada fungsi Kerberos authentication, Cached Exchanfe Mode, dan RPC over HTTP. Selain itu microsoft juga mengembangkan untuk penyaringan junk mail (surat sampah).

Microsoft Office 2003 menjadi versi terakhir yang mendukung pada sistem Windows 2000. Di Indonesia sendiri Office 2003 paling banyak digunakan terutama untuk tempat-tempat seperti warnet, rental, atau komputer pribadi, hingga pada kurun waktu akhrit tahun 2009.

Sejarah Microsoft Office 2007

Sejarah Microsoft Office

Microsoft office 2007 membawa fitur baru termasuk diantaranya GUI (graphical user interface) atau bisa kita sebut antarmuka grafis yang disebut Fluent User Interface. Microsoft mengganti menu dan toolbar menjadi toolbar tab yang dikenal dengan Pita: ini merupakan landasan Microsoft sejak awal.

Selain itu banyak fitur baru dan pembaruan serta kelebihan versi ini, diantaranya:

  1. posting blog,
  2. bisa diintall di windows XP,
  3. equation yaitu fitur untuk menulis rumus,
  4. mudah memformat tulisan,
  5. add-on yaitu microsoft office yang suport aplikasi lain seperti: aplikasi Al-Quran dan Math Type,
  6. format baru seperti XML,
  7. groove.

Sejarah Microsoft Office 2010

software perkantoran

Selesai pada tanggal 15 April 2010 yang diumumkan pada acara Ed Tech, adapun dirilis untuk para konsumen pada tanggal 15 Juni 2010.

Selain membawa pembaruan pada setiap rilis versi terbaru, Microsoft Office 2010 juga membawa fitur-fitur baru dan kelebihannya, diantaranya:

  1. Simpan Dokumen, kita bisa meng-upload dokumen ke account Windows Live SkyDrive dan mengaksesnya dari computer lain,
  2. Menambahkan web video di persentasi, kita bisa memasukan klip video dari  internet untuk project PowerPoint kita,
  3. Membuat file PDF,
  4. Cetak dokumen dengan settingan printer yang bisa kita atur,
  5. Distribusi slides sebagai video,
  6. Built-in Screen Capture, yaitu untuk mengambil screenshoot dari semua aplikasi yang berjalan di desktop kita.
  7. Quick Step pada Outlook, yaitu kita bisa menggunakan pada setiap item di outlook hanya dengan satu klik, contohnya fitur send and archive, send and delete, dan lainnya,
  8. Broadcast Slideshows di PowerPoint, yaitu untuk persentasi secara live melalui web powerpoint yang bisa dilihat oleh pengguna web browser,
  9. Editing Video di PowerPoint,
  10. Outlook gets social yaitu untuk menampilkan informasi terkait seperti gambar, file attechments, meeting request, dan lainnya.

Sejarah Microsoft Office 2013

paket aplikasi office

Nama lain dari microsoft office 2013 adalah Office 15, dimana versi ini membawa fitur utama seperti: Cloud Service, Touch Control, dan Utilising Social Media.

Fitur dan Kelebihan dari Microsoft Office 2013, diantanranya:

  1. Star screen, fitur yang memberikan tampilan awal dengan warna yang berbeda seperti: warna biru pada microsoft Word, warna orang pada microsoft PowerPoint, warna hijau pada microsoft Excel dan Publisher,
  2. Interface baru, dimana antarmuka ini serasi dengan Windows 8.
  3. Bisa digunakan dengan layar sentuh, kita bisa membuka, menggeser, atau memperbesar pada dokument, file, atau persentasi seperti halnya pada tablet.
  4. Fitur shades,
  5. Fitur Opsi image,
  6. Integrasi dengan SkyDrive,
  7. Cloud Service,
  8. Bisa Sinkronisasi dengan device lain,
  9. Edit PDF jadi lebih mudah,
  10. Fitur Touch Control,
  11. Fitur Social Media,
  12. Membuat chart jadi lebih mudah,
  13. dan lainnya.

Sejarah Microsoft Office 2016

Aplikasi perkantoran

Meskipun namanya dicantumin tahun 2016, Microsoft office 2016 ternyata dirilis pada tanggal 22 September 2015, dengan pembaruan dan pengembangan dari Microsoft office sebelumnya. Vesri ini membawa fitur-fitur dan kelebihan-kelebihan yang baru, diantaranya:

  1. Fitur Tell Me, yaitu kotak teks yang disediakan untuk memunculkan menu yang berkaitan dengan kata yang kita masukan/ketik.
  2. Fitur Share and Invite, yaitu untuk berbagi dokumen bisa melalui email, link, atau media sosial. Kita juga bisa mengundang orang lain untuk mengakses dokumen kita dimana merekan bisa mengedit dan menyimpannya.
  3. Microsoft Excel yang Powerful, fitur-fitur baru pada Excel seperti ata Cards, Column, Rename Table, Data Analysis, Field di Power Pivot, PowerView, dan lainnya.
  4.  Tampilan Yang Lebih Menarik, menyediakan banyak pilihan tema serta 14 jenis background.
  5. Bisa Digunakan di Berbagai Perangkat, kita bisa menggunakan di PC, Laptop, Tablet, dan Smartphone.

Selain kelebihan, Microsoft Office 2016 juga memiliki kekurangan seperti: Tidak Semua Perangkat Dapat Menggunakan Microsoft Office 2016 karena memiliki spesifikasi tertentu.

Baja JugaApa Itu C++?? Pengertian, Sejarah, Struktur, Kelebihan, DLL

Microsoft Office 2019

tangal 24 September 2019
Source: Skyegrid media

Microsoft Office 2019 telah diumumkan sebelumnya pada tahun 2017 dan akhirnya rilis ke pasaran pada tanggal 24 September 2019.

Pada dasarnya versi ini sama seperti versi yang rilis pada tahun 2016 dan juga tampilannya cenderung sama, namun ada penambahan fitur-fitur baru, diantaranya:

  1. Transisi morph
  2. Zoom
  3. Inking
  4. Insert icon SVG
  5. Translator
  6. LaTex equation
  7. Navigasi dari pen
  8. Check accessibility
  9. Audio feedback
  10. Chart baru
  11. Large number tata type
  12. Fungsi baru pada Excel
  13. Tamplate diagram baru
  14. Tamplate website baru
  15. Label di timeline

Microsoft Office 365

ngantor lebih mudah dengan office 365
Source: Google

Selain itu Microsoft juga merilis versi Office 365 yaitu versi yang diciptakan untuk memudahkan penggunanya dalam mengakses informasi dengan fleksibel dimanapun dan kapanpun.

Selain itu Microsoft office 365 memudahkan dalam administrasi departemen IT dan juga mendukung jenis server tanpa hardware, tidak ada upgrade ataupun patch.

Dengan demikian menjadikan Microsoft office 365 ini memiliki kinerja yang sederhana, aman, dan bisa diandalkan untuk produktivitas, komunikasi atau kolaborasi.

Paket program lengkap yang diberikan oleh Microsoft office 365, diantaranya:

  1. Microsoft office professional plus,
  2. Exchance online,
  3. Lync online,
  4. Share point online,
  5. Office 365 Home,
  6. Office 365 Personal.
  7. lihat selengkapnya di www.microsoft.com

Fitur-fitur unggulan dari Microsoft Office 365, diantaranya:

  1. Sinkronisasi akun yang mudah
  2. Reformat data otomatis pada Microsoft Excel
  3. Mengedit PDF
  4. Fitur Office 365 Planner
  5. Outlook 2016
  6. serta fitur-fitur lainyya.

 

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: