Sejarah Microsoft Word Lengkap

Sejarah Microsoft Word – Mungkin semua orang tau Apa itu Microsoft Word? tapi kita tidak menutup kemungkinan bahwa masih ada yang belum tau software pengolah kata ini.

Microsoft word adalah software (perangkat lunak) yang befungsi untuk mengolah kata yang dikembangkan oleh perusahaan Microsoft. Word merupakan salah satu paket dari kumpulan paket-paket microsoft office seperti excel, power point, access, outlock, dan lainnya.

Awal Berdirinya Microsoft Word

sejarah microsoft Word
Source: Google (sejarah microsoft Word)

Microsoft word pertama kali rilis pada tanggal 25 Oktober 1983 dengan nama Multi-Tool Word, awalnya software ini hanya bisa digunakan untuk sistem xenix, karena Microsoft Windows waktu itu belum rilis.

Di tahun-tahun kemudian Multi-Tool Word dikembangkan lagi hingga software pengolah kata ini bisa digunakan di berbagai platform lain seperti DOS (1983), Apple Macintosh (1984), IBM, AT&T Unix, OS/2, Atari ST, dan SCO Unix.

Hingga pada tahun 1989 yang merupakan tahun berdirinya operasi sistem Windows, tentunya di tahun itu microsoft word sudah langsung bisa digunakan pada operasi sistem ini.

Pengembangan Multi-Tool Word

sejarah microsoft word
Source: Google (sejarah microsoft Word)

Pada tanggal 1 Februari 1983, perusahaan Microsoft mangangkat Charles Simonyi yaitu seorang pengembang perangkat lunak pengolah kata pertama di dunia yaitu Bravo dari Xerox PARC, untuk menjadi salah satu bagian dari pengembangan Multi-Tool Word.

Di tahun itu juga Simonyi memulai pengembangannya, dibantu oleh Richard Brodie yang juga seorang mantan pekerja di Xerox PARC (Palo Alto Research Center). Keduanya bersama-sama mengembangkan Multi-Tool Word, dimana banyak ide-ide dan juga konsep word yang diambil dari Bravos.

Di tahun-tahun kedepannya Brodie menjadi pengembang utama dari perangkat lunak pengolah kata ini.

Baca artikel teknologi lain: Macam Macam Topologi Jaringan Pada Komputer Beserta Penjelasannya

Multi-Tool Word Berganti Nama Menjadi Microsoft Word

Source: Google

Tanggal 25 Oktober 1983, perusahaan Microsoft merilis vesri terbaru untuk perangkat IBM PC, MS-DOS dan Xenix. Di tahun ini juga Microsoft resmi mengganti Multi-tool Word menjadi Microsoft Word.

Slogan baru Microsoft yaitu WTSIWYG yaitu “What You See Is What You Get”  artinya “Apa yang kamu Lihat adalah Apa yang kamu Dapatkan”

Selain itu microsoft word juga didesain untuk bisa digunakan dengan mouse dengan menawarkan paket mereka yaitu word-with-mouse. Sebelumnya microsoft word sendiri hanya bisa menampilkan teks dengan markup dan melakukan undo/redo, display text seperti bold, italic, dan underline.

Tampilan kerja yang khas dari microsoft word dan berbeda dari yang lain, membuat software pengolah kata ini menjadi terkenal dan mengalahkan software pengolah kata lainnya seperti WordStar, WordPerfect, dan lainnya.

Perkembangan Microsoft Word

Sejarah microsoft Word
Source: google

Perkembangan teknologi komputer dan juga software pengolah kata yang semakin hari kian berkembang, Microsoft juga terus mengembangkan dan menyempurnakan microsoft word-nya.

Microsoft bahkan merilis versi 2.0 sampai 5.0 membutuhkan waktu 6 tahun saja, selain itu microsoft word juga merilis paket program Word for Macintosh pada tahun 1985.

Karena word sudah bisa dijalankan di Macintosh, selama ± 4 tahun angka penjualannya meningkat dibandingkan dengan penjualannya untuk MS-DOS.

Pada tahun 1987, Word for Macintosh kedua rilis dan menetapkan word 3.0 menjadi pengolah kata untuk perangkatnya. Word 3.0 juga menjadi software pengolah kata yang paling baik diantara yang lainnya.

Selain itu tahun ini merupakan pertama kalinya pengguna MacOS dan MS-DOS bisa bertukar file word. Word 3.0 sudah dilengkapi dengan fitur-fitur baru salah satunya implementasi Rich Text Format (RTF), namun fitur RTF ini masih memiliki banyak bug error.

Beberapa bulan setelahnya, Microsoft mengganti word 3.0 dengan word 3.01 yang sudah diperbaiki dan lebih stabil. Pengguna yang sebelumnya terdaftar menggunakan word 3.0, mereka menerima surat dari microsoft yang berisi salinan word 3.01 secara free.

Dua tahun setelah itu yakni tahun 1989, Microsoft kembali merilis Word 4.0 dan versi ini lah merupakan versi yang lebih baik dari pada sebelumnya.

Word For Windows

Word For Windows
Source: Google (sejarah microsoft Word)

Pada tahun 1989 versi pertama Word for Windows dirilis, dan tahun selanjutnya Windows 3.0 rilis. Word for Windows memiliki penjualan yang meningkat drastis sehingga menjadikan Microsoft sebagai penguasa perangkat lunak pengolah kata untuk komputer IBM.

Kenaikan yang tinggi diakaibatkan karena Word for Windows 1.0 dirancang untuk Windows 3.0 sehingga jika pengguna Windows 3.0 menjalankan word versi sebelumnya, maka performanya akan sangat buruk.

Di tahun 1991 Microsoft mengembangkan proyek yang dinamakan Pyramid, proyek ini bertujuan untuk merombak Microsoft word secara keseluruhan.

Salah satu perombakan pada proyek ini yaitu microsoft membuat dasar koding yang sama untuk Word for Windows, dan Word for Macintosh.

Namun proyek ini ditingkalkan karena memakan waktu yang lama untuk merancang Word dari awal jika dibandingkan dengan pengerjaaan Word yang sudah ada.

Pada tahun 1992 Microsoft Word 5.1 akhirnya dirilis dan versi ini memiliki tampilan yang sangat elegan, serta fitur-fitur yang memudahkan bagi penggunanya.

Banyak pengguna  Microsoft Word 5.1 mengatakan bahwa versi ini merupakan versi yang terbaik yang dirilis oleh Microsoft. Selain itu antara tahun 90-an produk Word for Macintosh tidak begitu memiliki persaingan yang berarti di pasaran.

Word For Mac

word for mac
Source: Google

Pada tahun 1997 Perusahaan Microsoft membentuk unit bisnis macintosh, yaitu sebuah grup independen yang berfokus pada pengerjaan Word untuk MacOS. Unit grup ini berhasil mengembangkan versi word pertamanya yaitu Word 98.

Word 2001 dirilis di tahun 2000, dengan membawa fitur-fitur baru salah satunya fitur Office Clipboard. Fungsi fitur ini yaitu pengguna dapat melakukan aktivitas copy-paste dalam satu waktu.

Word 2001 juga merupakan versi terakhir dari perangkat klasik MacOS, namun di MacOS X microsoft merilis Word X.

Pada bulan mei 2004 Microsoft Word 2004 dirilis dengan membawa fitur-fitur baru seperti tampilan layout untuk Notebook fitur ini memudahkan pengguna notebook unutk menulis dengan menggunakan suara.

Di bulan januari Microsoft merilis versi word terbarunya yaitu Microsoft Word 2008, dan microsoft juga sudah terbiasa dengan menamain produk barunya sesuai dengan tahun rilis.

Pada Word 2008 microsoft menambahkan fitur-fitur baru diantaranya fitur elements Gallery. Fitur ini memungkinkan para penggunanya untuk bisa memilih layout halaman dan bisa measukan diagtam atau gambar dengan mudah.

Baca juga: Pengertian LED | Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, DLL

Microsoft Word 2010

tampilan start word 2010
Source: Google

Pada tahun 2010 Microsoft merilis Word 2010, dan versi ini merupakan versi yang mendukung Windows XP dengan sevice Pack 3, Windows Vista dengan Sevice Pack 2, Windows 7, dan Windows 8.

Pembaruan-pembaruan pada microsoft word 2010:

  1. Menghilangkan fitur yang tidak diperlukan,
  2. tersedia untuk versi 64 bit dan 32 bit,
  3. dukungan grafis 3D yang lebih baik,
  4. penynting gambar yang kompleks,
  5. mendukung formas .odf (Open Document Format),
  6. mudah dalam menyimpan file .pdf atau .xps,
  7. terintegrasi dengan Windows Live, dan bsa menggunakan penyimpanan awan,
  8. ribbon yang simpel dan mudah digunakan.

Setelah itu di akhir tahun 2010 Microsoft merilis Microsoft Word 2011, dimana versi kali ini microsoft merubah element gallery dengan tampilan ribbon mirip seperti Office for Windows.

Selain itu di versi ini juga microsoft melengkapi Word 2011 dengan mode fullscreen yang berfungsi untuk membantu penggunanya untuk lebih fokus dalam menulis atau membaca dokument.

Microsoft Word 2013

microsoft word 2013
Source: Google

Microsoft merilis versi Word 2013 pada tanggal 29 Januari 2013, versi ini mendukung Windows 7, 8, dan Server 2008 R2.

Fitur dan pembaruan pada microsoft word 2013, yaitu:

  1. tampilan interface yang berubah dari versi sebelumnya, yang menggunakan tema metro seperti pada windows 8,
  2. fitur penyuntingan untuk file Adobe Reader (.pdf),
  3. mengeser gambar lebih mudah dan lebih baik,
  4. terintergrasi dengan SkyDrive (pengimpanan awan),
  5. ribbon yang sama seperti paket Office 2010, namun memiliki tema yang berbeda,
  6. kompatible untuk versi 32 bit atau 64 bit.

Microsoft Word Terbaru

 

sejarah microsoft word
Source: Google

Hingga saat ini Microsoft Word sudah berada di versi Word 2019, dan di tahun-tahun sebelumnya Microsoft juga merilis versi untuk Word 2016 dan Word 2017.

Pada Microsoft Word 2019, Microsoft memberi kita cara baru dalam pengolahan kata, dimana word 2019 menyempurnakan fitur pena, navigasi halaman seperti buku, terjemahan, dan fitur lainnya.

Beberapa fitur dan pembaruan lain dari Microsoft Word 2019, diantaranya:

  1. pengguna memungkinkan untuk melihat perubahan pada documen orang lain secara real time, pada sebuah pekerjaan dokumen bersama.
  2. memberikan penggunanya untuk membaca dan menulis secara alami.
  3. menyingkirkan kendala bahasa di translator.
  4. mendukung sintaks matematika LaTex.
  5. bisa menambahkan efek visual seperti icon dan SVG.
  6. bisa melihas semmua sudut ddengan gambar 3D.
  7. penyempurnaan aksebilitas.
  8. mengisyaratkan audio.
  9. dan lainnya.

Baca juga: Apa itu sketchup?? Pengertian, Sejarah, Fungsi, DLL

Fungsi Microsoft Word

Sejarah microsoft word
Source: Google

Fungsi dari microsoft word adalah pengolah kata yang mampu membatu pekerjaan perkantoran dimana dengan microsoft word kita bisa:

  1. membuat atau melakukan pekerjaan surat menyurat.
  2. membuat dokumen dengan mudah dan juga cepat.
  3. membuat dokumen yang menarik dan bagus dengan berbagai variasi.
  4. menambahkan gambar pada dokumen.
  5. membuat tabel.
  6. membuat surat undangan.
  7. membuat surat pernyataan.
  8. membuat skripsi.
  9. membuat modul pembelajaran.
  10. membuat makalah.
  11. membuat proposal.
  12. membuat artikel.
  13. dan lainnya.

 

Default image
Nabil Tedjamaja
Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: