Bernostalgia dengan Ponsel Nokia

Tentu kalian sudah tidak asing lagi dengan ponsel Nokia, ponsel terbaik pada masanya dan akhirnya ponsel itu menjadi sejarah. Banyak seri ponsel yang di keluarkan Nokia mulai dari nokia 1011 yang pertama keluar dan seri seri lainnya.

Sejarah yang tidak terlupakan bagi pengguna Nokia jaman dulu.

Artike ini membahas tentang sejarah Nokia dari perusahaan nokia yang hanya sekedar perusahaan pabrik kertas hingga akhirnya menjadi perusahaan di bisnis telekomunikasi.

Kita juga akan bernostalgia dengan si raja ponsel yang memiliki masa keemasannya pada waktu itu.

Sejarah Nokia

"Sejarah Nokia

Nokia pertama kali memperkenalkan telepon mobilenya ke jaringan pada tahun 1982 dengan nama The Mobira 450, dan diikuti dengan portable di tahun 1986.

Saklar Digital Telepon Nokia Pertama

nokia DX-200
Source : Google

Tahun 1982,digital switch telepon pertama yang masuk operasi, bernama the Nokia DX200.

dua tahun setelahnya nokia juga meluncurkan ponsel portable bernama Mobira Talkman.

Di tahun 1987, telepon gengam NMT pertama yang bernama Cityman Mobira.

mobira cityman
Source : Google

Waktu itu semua telpon seluler bentuknya seperti tas dan bentuknya sangat berat dan belum praktis. City Mobira merupakan telepon terobosan baru dari nokia yang bisa di genggam dengan jaringan NMT waktu itu.

Telepon Cityman Mobira memiliki harganya 24.000 Marks Finlandia atau sekitar USD 4.560, dengan berat 800 gram lebih ringan dari pada telepon sebelumnya.

GSM Standar Tenkologi Mobile 

teknologi GSM
Source : Google

GSM ( The Global System for Mobile communication ) merupakan teknologi standar komunikasi seluler di Eropa, teknologi ini merupakan generasi ke-2 yang bisa mengirim data serta lalu lintas suara.

Tanggal 1 Juli 1991, Harri Holker seorang Perdana Mentri Finlandia dan ia juga merupakan pencetus teknologi panggilan GSM pertama di dunia dan Nokia dipilihnya sebagai peralatan GSM tersebut.

Nokia menjadi perusahaan yang berada di depan untuk membangun teknologi seluler dengan GSM.

Produk pertama nokia untuk seluler GSM yaitu Nokia 1011. Dan Nokia juga telah memasok 90 operator lebih ke dalam sistem GSM selulernya, pada akhir 1990an.

Revolusi Nokia

Tahun 1992, CEO baru Nokia Corporation yaitu Jorma Ollila menerapkan perusahaannya untuk fokus pada bisnis telekomunikasi dimana bisnis ini menjadi inti dari perusahaan Nokia.

Langkah Ini merupakan strategi yang tepat yang diambil oleh jorma Ollila karena industri telepon seluler menjadi booming. 

Nokia memiliki slogan yaitu “Connecting People

Nokia 1011 adalah produk nokia yang menjadi ponsel GSM pertama dan didistribusi tahun 1992.

sejarah nokia - nokia 1011

Nokia juga meluncurkan ponsel baru di tahun 1994, yaitu Nokia 2100, dan ponsel ini merupakan ponsel pertama yang memasang fitur Nokia Tune yaitu sebuah ringtone sebagai ciri khas Nokia sebagai nada dasar dan nada panggilan.

 

The Nokia Tune juga merupakan slogan suara yang terdaftar di ponsel Nokia 2100 dan seterusnya, dan nada ringtone pertama di dunia yang tepasang dalam ponsel .

Hampir semua orang tahu ringtone ini, karena dulu ringtone ini sangat kental dengan ponsel Nokia,

Yaa.. Jadi nostalgia dong!!

Perusahaan Nokia mentargetkan penjualan ponselnya ini di kisaran 400.000 ponsel untuk seluruh dunia. karena permintaan yang membeludak ponsel ini akhirnya bisa keluar dengan jumlah yang berkali-kali lipat yaitu 20 juta ponsel di seluruh dunia.

Nokia juga merupakan hal yang pertama dalam fitur-fitur baru dalam sejarah telekomunikasi seluler yaitu :

  • Nada panggilan pertama pada sebuah ponsel, yaitu The Nokia Tone
  • Pada seri Nokia 6110 ponsel ini merupakan pertama yang memiliki fitur game, yaitu SNAKE GAME.
  • Nokia menjadi pemimpin ponsel di dunia.
game ular nokia
Source : Google

Tahun 1998, Nokia merupakan ponsel yang diperoduksi dan juga tersebar di seluruh dunia dengan membawa teknologi GSM teknologi terbaru saat itu, dan penjualan ponselnya meningkat 5x lipat dengan kisaran EUR 6,5 miliyar hingga EUR 31 miliar.

  • Pada seri Nokia 7110, Nokia merupakan yang pertama di dunia yang meluncurkan Handset.

Tahun 2000 – Sekarang

Seiring berjalannya waktu Nokia menjadi ponsel yang banyak dimiliki di seluruh dunia dan menjadi ponsel terbaik saat itu. Di tahun 2000-an, Nokia banyak memproduksi ponselnya salah satunya serinya yaitu Nokia 6650, dan ponsel ini merupakan ponsel 3G pertama di dunia.

Untuk ponsel seri Nokia 6650 diaa membawa sebuah fitur baru dalam ponsel ini yaitu built-in camera, dan di seri Nokia 7650 menerapkan video capture.

Dengan adanya teknologi 3G pada ponsel nokia, membuat ponsel ini jadi lebih kaya fitur seperti :

  • Nonton TV
  • Membuat panggilan Video
  • Browsing Web
  • Download musik
  • dll

Di tahun 2003 Nokia mengleuarkan seri N-Gage yaitu ponsel Gaming dengan fitur multiplayer cikal bakal nokia seri N lainnya.

Ponsel Gaming N-Gage
Source : Pixabay

Kemudian Nokia mengeluarkan seri N di tahun 2015, keunggulan dari Nokia seri N ialah menggabungkan teknologi state-of-the-art dengan body yang stylish. Setelah seri N keluar kemudian muncul ponel baru Nokia dengan seri E.

Bahkan tahun 2005 di Nigeria, nokia menjual ponsel nokia seri 1100 hingga mencapai 2 Miliar pengguna global telepon seluler.

Di tahun 2006 Presiden dan CEO Nokia Jorma Ollila berpindah alih kepada Olli Pekka Kallasvou dan Jorma Ollila menjadi Ketua Dewan Nokia.

Di masa Olli Pekka Kallasvou Nokia dan Siemens bekerja sama dan melahirkan “Nokia Siemens Network” pada tahun 2006.

Pada masa ia juga Nokia meluncurkan merek baru layanan internet yaitu ovi.

kunjungi wesite resmi www.nokia.com.

Jalan Berliku Nokia

Nokia Lumia Microsoft
Source : Pixabay

Kemudian di tahun 2014 Nokia akhirnya dinyatakan benar-benar bangkrut bahkan kerugian yang di alami Nokia sendiri mencapai 452 USD, dan akhirnya Nokia dijual dan di akuisisi oleh Microsoft.

Ditangan Microsoft akhirnya nama Nokia di ponsel, resmi di hilangkan dan diganti dengan Lumia, tapi di 2016 ponsel Microsoft memiliki kemunduran karena kalah saing dengan IOS dan Android.

Ponsel Lumia terakhir yang diproduksi yaitu seri Lumia 650, dan seiringnya berjalan waktu android pun menjadi smartphone yang menjadi nomer 1 di dunia dan mengalahkan Lumia.

CEO Nokia masih di tangan Rajeev Suri, kemudian ia merencanakan solusinya untuk jangka waktu 10 tahun agar Nokia bisa kembali ke panggung semartphone.

Nokia pun akhirnya mengeluarkan smartphonenya yang berbasis Android, dan tidak ada campur tangan Microsoft.

Di tahun 2014 Nokia memproduksi smartphone terbarunya yaitu Nokia X, smartphone ini merupakan ponsel pertama Nokia yang menggunakan sistem operasi Android.

Dengan membawa harga 1,6 juta, smartphone ini di jual secara umum tapi tidak banyak toko yang menjual smartphone ini, tapi di toko online sendiri smartphone ini dijual di berbagai macam toko online.

Kemudian di tahun-tahun kejayaan Android juga nokia masih memproduksi Ponsel GSM nya dan masih diperjual belikan secara umum.

Adapun smartphone Nokia terbaru kita bisa kunjungi website resminya nokia.com

Akankah ponsel NOKIA kembali berkiprah tahun ini dan menjadi ponsel terbaik seperti masa kejayaan nya dahulu??

Semoga Artikel ini bermanfaat bagi anda yang masih mencintai HP Nokia dari masa kejayaannya hingga sekarang.

Tahukah kamu sistem operasi Android merupakan turunan dari linux loh, yuk kita baca tentang Sejarah Linux dan Distro Linux.

Default image
Nabil Tedjamaja
Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: