contoh id card
PENGETAHUAN UMUM

Pengertian, Manfaat, Fungsi, Ukuran dan Contoh ID CARD

Salah satu contoh jenis ID Card yang sering kita temui adalah KTP ( kartu tanda penduduk) dimana semua warga indonesia harus memilikinya.

Kita juga sering melihat orang-orang yang bekerja baik itu pengusaha, pebisnis, pekerjaan profesi, karyawan hingga panitia kurban dan 17 agustus-an.

Mereka menggunakan id card sebagai tanda pengenal diri mereka dalam sebuah perusahaan, kegiatan, atau acara.

Di artikel ini saya akan membahas mengenai id card, apa itu id card, manfaat id card, ukuran id card berapa, dan juga beberapa contoh id card yang bisa kalian jadikan sebagai referensi.

Pengertian ID Card

Pengertian ID Card
Source: Pexels

Apa itu id card? – ID Card disebut juga dengan Identitu Card adalah kartu pengenal atau indentitas yang digunakan sebagai alat untuk memeberi tahu identias diri.

Orang yang melihat id card kita akan mengetahui status kita dalam sebuah negara, perusahaan, kegiatan ataupun sebuah acara.

Bahkan di perusahaan-perusahaan besar id card menjadi sebuah kewajiban bagi setiap jabatan yang ada di perusahaan tersebut baik itu bos, manager atau pun karyawan.

Manfaat dan Fungsi ID Card

Manfaat dan Fungsi ID Card
Source: Unsplash

Di Indonesia setiap warga yang sudah berumur min 17 harus sudah dibuatkan KTP manfaatnya sebagai tanda penduduk bahwasanya dia adalah warga indonesia.

Jadi setiap warga yang sudah mempunyai KTP berhak mendapatkan pelayanan dari sebuah negara seperti pilpres, pernikahan, kepemilikan tanah, dan pelayanan lainnya.

Selain sebagai tanda pengenal ada beberapa manfaat dan alasan kenapa kita harus menggunakan id card dalam sebuah perusahaan atau kegiatan.

Adanya ID Card bisa meningkatkan kepercayaan diri kita dan orang lain terhadap kita. Sehingga memabawa dampak yang baik untuk personalitas dan untuk perusahaan/kegiatan kita.

Selain itu ketika para investor atau tamu yang datang ke kantor/perusahaan akan lebih mudah untuk meminta bantuan.

Fungsi ID Card

Berikut beberapa poin mengenai fungsi dari id card, diataranya:

  • Mudah dikenali orang di perusahaan atau kegiatan.
  • menjadi pembeda atara bos, manaer, karyawan dan non karyawan.
  • sebagai alat presensi karyawan seperti membuka pintu masuk ruangan.
  • Meningkatkan job kerja masing-masing bagian.
  • memudahkan direksi dalam mengelola karyawan yang ada.
  • sebagai media promosi ketika di luar perusahaan atau kunjungan ke suatu tempat.

Macam Macam Ukuran ID Card

Ukuran ID Card

Tidak semerta-merta kita bisa membuat ukuran id card sesuai keinginan kita, ukuran id card sudah memiliki standar tersendiri baik itu nasional ataupun internasional.

Jadi, ketika kita mau membuat id card / kartu idantitas kita harus memperhatikan ukuran-ukuran yang sesuai dengan yang kita butuhkan.

Berikut penjelasan mengenai ukuran id card sesuai standar nasional dan internasional.

Ukuran Standar ID Card Internasional

Ukuran standar id card internasional sudah ditetapkan oleh badan internasional ISO.

ISO atau International Organization for Standardization adalah sebuah badan inernasional yang mengatur standarisasi yang mencakup semua displin seperti ilmu pengetahuan, kualitas, pengukuran, manufaktur, ilmu lingkungan, keselamatan, dan perdagangan.

Ada 4 jenis ukuran ID Card standard internasional yang biasa digunakan, sebagai berikut:

1. ID-1 / CR80

CR80 atau ID-1 merupakan ukuran id card internasional yang sudah distandarisasi oleh ISO, ukurannya adalah 85.60 x 53.98 mm ( 3,370 x 2,125 inch ), rata-rata ketebalan jenis kartu ini sekitar 30 mil ( 0,030 inch ).

Ukuran lain ID-1 : CR79 ( 3.303 x 2.051 inch ) dan CR100 ( 3.88 x 2.63 inch )

Sebagian besar karu perbankan dan kartu ID lainnya menggunakan ukuran ini seperti kartu kredit / ATM.

Kartu ID lain yang menggunakan ukuran ini seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk), kartu SIM (Surat Izin Mengemudi), juga kartu BPJS (Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial), dan kartu sejenis.

2. ID-2

ID Card 2 adalah id card yang memiliki ukuran 105 × 74 mm / 4,1 x 2,9 inch lebih besar dari ukuran ID-1 dan ID-000, ukuran ini juga sangat populer di negara Prancis dan Rumania.

Di negara lain seperti Jerman, Finlandia dan Swedia juga pernah menggunakan format ukuran ini untuk kartu identitas atau visa, namun akhirnya berubah menjadi ID-1.

Tipe ukuran ini termasuk cukup besar sehingga sampai sekarang penggunaan id card untuk ukuran ini sangat jarang digunakan dikarenakan kurang praktis.

3. ID-3

ID-3 memiliki ukuran 125 x 88 mm / 4,9 x 3,5 inch paling besar diantara ukuran kartu lain, biasanya digunakan oleh pemerintah di Amerika Serikat dalam pembuatan kartu identitas.

Ukuran ID-3 juga disebut sebagai format B7 yaitu ukuran internasional untuk kertas, dan biasa digunakan dalam pembuatan bukl etpaspor.

4. ID-000

ID-000 adalah id card yang memiliki ukuran 25 x 15 mm / 1 x 0.6 inch, ukuran ini juga disebut dengan ukuran atau Id Card 000.

SIM card merupakan salah satu kartu yang menggunakan ukuran ini, adapun ciri khas dari ukuran id card ini adalah memiliki satu sudut yang terpotong.

Selain SIM card ukuran ini juga umumnya digunakan dalam pembuatan chip dan kartu identitas digital lainnya.

Ukuran Standar ID Card Nasional / Indonesia

Di negara kita yaitu Indonesia, ID Card yang umum digunakan sudah distandarisasi ukurannya, seperti dalam pembuatan KTP, SIM, E-Money dan kartu lainnya.

Ukuran standar id card di Indonesia adalah 85.6 mm x 53.98 mm / 8.56 cm x 5.4 cm.

Adapun untuk kartu identitas lainnya seperti panitia event, acara kantor, pengenal siswa baru, atau kegiatan lain biasanya menggunakan id card yang berukuran 5.8cm x 8.6cm, 8.1cm x 11.2cm, 9.5cm x 11.9cm dan 9.7cm x 13.7cm, disesuaikan dengan kebutuhan.

Setiap negara memiliki karakter id card masing-masing sehingga banyak sekali perbedaan ukuran baik negara kita dan negara lain. Namun pada umumnya ukuran standar kartu identitas seluruh dunia sudah ditetapkan oleh ISO.

Di negara tetangga kita Malaysia dan juga negara seperti Hongkong, dan Cina menggunakan ukuran 90 x 54 mm untuk id cardnya.

Negara Kolombia, Australia, Denmark, Selandia Baru, India, Taiwan, Swedia, Vietnam dan Norwegia menggunakan ukuran 90 x 55 untuk kartu identitas / id cardnya.

Negara-negara lainnya juga memiliki karakteristik dan ukuran yang berbeda-beda, karena peraturan penetapan standarisasi ukuran kartu bergantuk pada kesepakatan masing-masing negara.

Contoh ID Card Berbagai Profesi

Banyak sekali contoh desain id card dari berbabagai macam bidang mulai dari karyawan, panitia, perusahaan, kantor, sekolah, mahasiswa, organisasi, pegawai negri dan lainnya.

Kita bisa membuat desain id card sendiri atau meminta jasa kepada desainer yang tentunya sudah kalian konsep sesuai keinginan.

Contoh ID Card Karyawan

Berikut beberapa gamabar/foto/desain contoh id card untuk karyawan, yang bisa kalian jadikan referensi:

Id card karyawan bank BCA
Source: Google Photos

Di atas merupakan contoh desain id card untuk karyawan bank BCA, desain ini cukup simple dengan tampilan depan dan belakang yang berisi informasi lengkap.

Id card karyawan indomaret
Source: Google Photos

Contoh desain id card untuk karywan Indomaret di atas hampir sama seperti kartu id karyawan BCA, perbedaannya terdapat pada informasi di bagian belakang.

Id card karyawan PLN
Source: Google Photos

Contoh desain kartu id ini juga sama seperti dua kartu di atas, ketiganya memiliki desai yang sangat simpel, keren dan tidak ketinggalan zaman.

Contoh ID Card Panitia

contoh id card untuk panitia dengan desain yang keren dan perpaduan warna untuk backgroud yang pas.

ID Card Panitia Kurban
Source: Google Photos

Contoh id card untuk panitia kurban yang cukup elegan dengan informasi yang cukup lengkap dimana terdapat nama Masjid, logo, quote, dan kontas sosmed.

Pemilihan font yang serasi menambah desain kartu menjadi lebih bagus.

ID Card Panitia Pameran
Source: Google Photos

Kartu ID di atas berbeda dengan contoh id card panitia sebelumnya, perbedaannya terdapat pada posisinya yang landscape.

ID card di atas digunakan untuk panitia dalam acara pameran Gayamharjo Fair, yang di laksanakan oleh mahasiswa yang sedang KKN di dearah Sleman.

Desainnya yang cukup bagus dengan kombinasi font dan warna palete / senada. Informasi yang di sampaikan juga sudah mewakili apa yang harus disampaikan.

ID Card Panitia Perlombaan
Source: Google Photos

ID card di atas merupakan salah satu contoh id card dalam ajang perlombaan nasional.

Desain ini bisa juga kita gunakan untuk perlomabaan di sekolah, karena memiliki desain yang ceria dan warna-warni.

ID Card Panitia Pramuka
Source: Google Photos

Meskipun agak kurang cocok dalam pemilihan warna dan font, contoh id card untuk panitia pramuka di atas sudah cukup bagus untuk mewakili kegiatan.

ID Card Panitia 17 Agustus
Source: Desainesia

Di atas merupakan contoh desain id card untuk panitia 17 Agustus yang bisa kalian tiru.

Desain yang diberikan juga sangat bagus dengan latar belakang bendera indonesia. Font dan warna yang dipilih sangat berani yang menggambarkan merah putih.

Contoh Id Card Perusahaan

Id Card Perusahaan
ource: Cetakonlineklick

ID card di atas sangat cocok untuk sebuah perusahaan karena memiliki desain yang menarik dan informasi yang cukup lengkap.

Contoh ID Card Kantor

Id Card Kantor
Source: Graprint.com

ID card untuk kantor dan perusahaan hampir sama dan bisa kalian gunakan.

Desain di atas cukup menarik dan bagus karena background warna hijau dan putih yang serasi.

Contoh ID Card Sekolah

Source: Surabayacard.com

Pada umumnya contoh id card seperti di atas sudah banyak digunakan di sekolah-sekolah tingkat SMA. Adapun untuk tingkat SD dan SMA jarang sekali menggunakan id card untuk siswa-siswanya.

Contoh ID Card Mahasiswa

Source: Google Photos / UI

Di atas merupakan contoh id card salah satu mahasiswa di UI (Universitas Indonesia) kartu ini juga disebut sebagai smartcard.

Selain sebagai tanda pengenal, smartcard ini menanamkan sebuah chip yang memberikan layanan baik infrastruktur ataupun administrasi yang dikelola secara sistematik

ID card ini sangat modern dan mengikuti era perkembangan digital saat ini.

Source: Google Photos / ITB

selain UI, ITB (Institut Teknologi Bandung) juga menggunakan ID card / smartcard untuk para mahasiswa, dosen dan staf-stafnya.

Kedua ID card di atas lebih mengarah ke desain id card untuk kartu kredit / ATM.

Teknologi smartcard juga sudah banyak digunakan di kampus-kampus besar seperti:

  1. ITS ( Institut Teknologi Sepuluh Nopember )
  2. UNHAS ( Universitas Hasanuddin )
  3. UNRI ( Universitas Riau )
  4. UPH ( Universitas Pelita Harapan )
  5. Tel-U (Teklom University )
  6. dan perguruan tinggi lainnya.

Contoh ID Card Organisasi

Source: Google Photos

Contoh kartu id yang satu ini memiliki desain yang lebih interaktif denang desain kekinian, paduan warna biru dan putih pada background yang sangat maching.

Bagian depat terdiri dari : logo, foto, kontak, jabatan, nama pemilik dan organisasi.
Bagian belakang terdiri dari: logo, social media, dan alamat.

Contoh desain id card diatas sangat cocok untuk kru atau anggota dalam sebuah organisasi.

Contoh ID Card Pegawai Negri

Source: Google Photos

Para pegawai negri juga memiliki id card yang bagus dan simpel, terdiri dari logo daerah, foto, nama, NIP, dan barcode.

Di atas merupakan contoh id card salah satu pegawai negri pemerintahan Kabupaten Serang.

Contoh ID Card Keren

Source: Google Photos

Contoh desain id card yang menurut saya cukup keren dan kekinian seperti di atas, bisa kalian jadikan sebagai referensi.

Background yang keren dengan kombinasi warna-warna palete dan font yang pas tidak bertabrakan. Selain itu di bagian depan ada barkode yang bisa kalian scan melalui hp untuk mendapatkan informasi.

Kesimpulan

Dalam membuat ID Card hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan warna yang senada dan pemilihan font yang sesuai.

Semoga contoh id card diatas bisa membantu kalian dalam mencari referensi id card yang sesuai selera.

Beri tahu kami untuk klaim gambar / foto jika kurang berkenan di hati, Semoga membantu, Terimaksaih banyak ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: