4 Jenis Jenis dan 8 Manfaat Komunikasi di Kehidupan Sehari-Hari

Gara-gara sosial media yang semakin menggila penggunaannya, komunikasi jadi semakin berkurang, terutama di Indonesia. Padahal peranan komunikasi sangat penting, lho. Tapi apa sih sebenarnya komunikasi itu? Ada berapa jenis – jenis komunikasi yang kamu sendiri ketahui.

Kalau kamu masih bertanya-tanya soal berapa jenis komunikasi yang ada, artinya kamu masih belum benar-benar memahami komunikasi sepenuhnya. Itulah gunanya informasi ini, untuk membantu kamu agar lebih mengenal apa itu komunikasi, manfaat adanya komunikasi, dan berbagai macam komunikasi.

Pengertian Komunikasi Adalah

Pengertian Komunikasi Adalah
Source: Pixabay

Secara umum, komunikasi berarti jalannya proses seseorang atau sekelompok orang untuk menciptakan dan mempergunakan beberapa informasi, sehingga bisa saling terhubung satu sama lain atau dengan lingkungan di sekitarnya.

Beberapa pakar juga mengungkapkan pengertian komunikasi menurut mereka sendiri. Misalnya, perhatikan apa yang dikatakan para ahli berikut ini mengenai pengertian dari komunikasi:

Anwar Arifin

Komunikasi merupakan sebuah jenis dari proses sosial yang berkaitan erat dengan aktivitas masyarakat dan juga sarat akan perilaku maupun pesan.

Skinner

Komunikasi adalah suatu perilaku baik simbolik atau lisan dimana para pelakunya berupaya untuk mendapatkan efek atau hasil yang diinginkan.

Forsdale

Komunikasi merupakan proses pembentukan serta pemeliharaan dan pengubahan sesuatu yang bertujuan untuk mengirimkan sinyal yang sesuai dengan aturan.

Gode

Komunikasi adalah sebuah kegiatan yang memiliki tujuan untuk membuat sesuatu yang nantinya ditujukan pada orang lain.

Gimana? Masih bingung soal komunikasi? Biar lebih jelas, pahami juga manfaat atau fungsi dari adanya komunikasi dan tujuan komunikasi di bawah ini, ya. Setelah itu, kamu bisa mengenal berbagai jenis komunikasi yang ada.

Baca Juga: 2 Jenis-Jenis Penelitian Beserta Metode Lengkapnya 

Manfaat Jenis Komunikasi Efektif

manfaat komunikasi
Source: Pixabay

Adanya komunikasi yang baik akan memberikan manfaat bagi orang yang melakukan komunikasi itu. Di bawah ini adalah 8 contoh manfaat dari adanya komunikasi yang dilakukan dengan baik:

  • Menyampaikan informasi dengan sukses.
  • Menyampaikan pendapat sehingga bisa diterima oleh orang yang berkaitan atau oleh masyarakat.
  • Menambah ilmu pengetahuan dan wawasan akan suatu hal karena jenis-jenis komunikasi memungkinkan terjadinya transfer ilmu antar pihak yang melakukan komunikasi.
  • Mengisi waktu luang. Sebagai contoh kamu bisa berbicara dengan teman melalui chat, telepon, video call, dan media lain.
  • Membujuk serta mempengaruhi orang lain dengan komunikasi yang mengandung unsur persuasif atau ajakan.
  • Mencairkan suasana atau mengurangi ketegangan, misalnya jika terjadi perselisihan atau pertikaian komunikasi yang baik bisa menjadi jalan keluarnya.
  • Menjalin hubungan baik.
  • Menghindari terjadinya kesalahpahaman.

Selain kedelapan contoh di atas, tentunya masih banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mempraktekkan komunikasi yang baik. Jadi, sangat penting untuk mengetahui apa saja jenis komunikasi dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Jenis-Jenis Komunikasi dan Contohnya

Jenis-Jenis Komunikasi dan Contohnya
Source: Pixabay

Setidaknya ada 4 jenis atau macam komunikasi yang perlu kamu ketahui. Keempat macam komunikasi tersebut kemudian terbagi lagi ke dalam beberapa jenis. Apa saja keempat macam komunikasi tersebut? Bagaimana contoh penerapannya dalam kegiatan sehari-hari?

1.  Berdasarkan Cara Penyampaiannya

Komunikasi jenis ini terbagi ke dalam dua cara yaitu tulisan dan lisan. Berikut uraiannya:

  • Komunikasi Secara Tulisan

Komunikasi tertulis adalah salah satu komunikasi yang cara penyampaiannya adalah dengan bentuk tulisan. Contoh komunikasi jenis ini adalah undangan, spanduk, naskah, dan lain sebagainya.

  • Komunikasi Secara Lisan

Komunikasi lisan merupakan jenis lain komunikasi yang bisa terjadi secara langsung dengan tidak adanya batasan jarak. Contoh komunikasi lisan antara lain adalah percakapan biasa, wawancara, dan rapat.

2. Berdasarkan Tujuannya

Berdasarkan tujuannya, komunikasi dikategorikan dalam beberapa macam. Beberapa di antaranya adalah pemberian saran, perintah, pidato, wawancara, dan ceramah. Komunikasi jenis ini memiliki konsep yang menekankan bahwa jalinan interaksi butuh komunikator sebagai faktor penting.

3. Berdasarkan Aliran Informasi

Berdasarkan arah aliran informasi, komunikasi dibagi lagi menjadi setidaknya 5 jenis. Berikut ini adalah kelima jenis komunikasi tersebut:

  • Satu Arah

Yaitu komunikasi yang asalnya hanya dari satu pihak. Misalnya adalah pidato, dimana satu orang berbicara sedangkan yang lain hanya menjadi pendengarnya saja.

  • Dua Arah

Merupakan salah satu komunikasi yang dilakukan oleh beberapa orang dan bersifat timbal balik. Contoh komunikasi ini adalah wawancara, dimana salah satu bertanya dan yang lain memberikan jawaban sebagai timbal baliknya.

  • Ke Bawah

Adalah komunikasi yang dilakukan oleh dua pihak, dimana salah satunya lebih tinggi daripada pihak lain. Contoh komunikasi ke bawah merupakan perintah yang diberikan oleh atasan kepada bawahannya.

  • Ke Atas

Yaitu komunikasi yang juga dilakukan oleh beberapa pihak dengan satu pihak berada di posisi yang lebih rendah dari pihak satunya. Misalnya adalah seorang bawahan yang mengungkapkan laporan kepada atasannya.

  • Ke Samping

Merupakan komunikasi yang dilakukan antara beberapa pihak dengan kedudukan yang sama atau setara. Misalnya sesama dokter yang sedang membicarakan suatu kasus yang mereka hadapi di rumah sakit.

4. Didasarkan pada Ruang Lingkupnya

Jenis terakhir dari komunikasi didasarkan pada ruang lingkup komunikasi itu sendiri yaitu secara eksternal dan secara internal.

  • Komunikasi Secara Eksternal

Adalah komunikasi yang dilakukan antar masyarakat maupun organisasi dengan menggunakan berbagai cara. Contohnya adalah pameran, konferensi pers, bakti sosial, siaran televisi, atau publikasi.

  • Komunikasi Internal

Merupakan komunikasi yang hanya terjadi di dalam perusahaan maupun organisasi. Contoh komunikasi secara internal adalah interaksi yang dilakukan oleh beberapa individu di kantor. Komunikasi internal biasanya berupa horizontal, vertikal, dan juga diagonal.

Secara horizontal adalah ketika sesama rekan kerja yang setara jabatannya saling berkomunikasi. Sedangkan secara vertikal adalah komunikasi yang dilakukan antara bawahan dengan atasan.

Jenis komunikasi yang manakah yang paling sering kamu gunakan setiap hari? Dan jenis komunikasi mana yang pernah kamu temui dalam kehidupan sehari-hari?

Baca Juga: 5 Langkah Terbaik Menyusun Contoh Laporan Hasil Observasi

Pentingnya Teknik Komunikasi yang Baik

Pentingnya Teknik Komunikasi yang Baik
Source: Pixabay

Mengetahui teknik penyampaian komunikasi yang baik sangatlah penting karena ada beberapa tujuan yang harus dicapai dengan adanya komunikasi. Jika komunikasi tidak dilakukan dengan teknik yang tepat tujuan komunikasi berikut ini tidak akan bisa tercapai:

  • Menyampaikan suatu hal agar bisa dimengerti oleh target dengan baik. Komunikasi harus mampu meniadakan kesalahpahaman yang bisa menggagalkan suatu rencana.
  • Membuat target komunikasi memahami maksud yang ingin disampaikan oleh pelaku komunikasi.
  • Membuat target mampu menerima pemikiran pribadi, gagasan, serta ide yang disampaikan terutama dalam sebuah acara penting seperti rapat.
  • Menggerakkan target untuk melakukan sesuatu atau mengerjakan sesuatu.

Setelah memahami komunikasi dan contoh penerapannya dalam berbagai kegiatan, kamu sebaiknya mempraktekkan apa yang sudah kamu pelajari. Cobalah untuk menerapkan komunikasi yang baik terutama ketika terjadi perselisihan atau perdebatan.

Komunikasi yang kamu lakukan seharusnya mampu meredakan perdebatan dan menciptakan perdamaian. Kalau komunikasi yang kamu lakukan ternyata justru memperparah situasi, berarti kamu masih harus melatih kemampuan berkomunikasi dengan baik.

Terimakasih telah membca artikel kamii semoga bermanfaat,, dan jangan lupa untuk sering-sering dipraktekkan, ya!

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: