21 Contoh Dekorasi ruang kelas SD [Sekolah Dasar]

Dekorasi Ruang Kelas SD – Di Indonesia sendiri SD (sekolah dasar) memiliki tujuan untuk “mewujudkan suasana belajar dan proses kegiatan pembelajaran dengan tujuan agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat, dalam berbangsa dan bernegara” seperti yang tertuang dalam UUD No. 20 tahun 2003.

Adapun siswa trampil dan kreatif bisa dilihat salah satunya dengan dekorasi kelas SD yang mereka ubah tentunya dengan bimbingan guru yang cerdas juga.

Contoh Dekorasi Ruang Kelas SD (Sekolah Dasar)

Dekorasi ruangan kelas yang unik, rapih, dan tersusun membuat siswa bisa lebih semangat dan betah di sekolah, tentunya untuk belajar. Berikut contoh dekorasi ruangan kelas untuk SD (sekolah dasar):

Dekorasi ruang kelas SD
Source: blog.schoolspecialty

Ruang kelas yang berbentuk persegi dengan meja-meja dan bangku-bangku yang disusun sesuai kelompok, ruangan kelas ini cocok untuk kelas satu SD (sekolah dasar). Dinding yang berwarna hijau yang dilengkapi lukisan, dan sorotan sinar matahari dari jendela.

Dekorasi kelas SD
Source: esc-lc

Ruangan ini juga lebih cocok untuk kelas satu sampai kelas 4, dimana ruangan ini dibuat dengan susunan meja dan bangku kelompok siswa, meja guru, dan furnitur lainnya. Di bilah dinding juga terdapat white board yang bisa digunakan juga untuk proyektor, papan informasi, papan hasil kreasi, peta, dan dekorasi lainnya.

Dekorasi ruang kelas anak SD
Source: u-gro

Ruangan dengan warna yang tidak mencolok tapi memberikan kesan yang unik dari dekorasi kelas SD ini. Berbagai tempelan-tempelan unik di dinding, serta jendela yang menghadap matahari pagi dan pemandangan. Susunan meja yang berbentuk persegi panjang diisi enam orang, dan juga satu meja bundar beserta kursinya.

Ruangan kelas juga dilengkapi berbagai furnitur lain seperti: Rak buku, lemari, dan wilayah untuk belajar tanpa kursi alias lesehan.

ruang kelas anak SD
Source: alaska-common.wikimedia

Ruangan dengan warna dasar biru langit dan lantai dari karpet abu-abu, susunan meja-meja persegi panjang dengan delapan kursi, serta meja bundar utnuk berdiskusi. Bagian dinding dipasang papan white board, papan informasi atau majalah dinding, angka-angka dan huruf, dan dekorasi lainnya.

Fasilitas lain yang melengkapi ruangan kelas seperti: proyektor, monitor yang menempel di dinding, lemari buku, kipas angin listrik, dan lainnya. Untuk keseluruhan warna ruangan ini lebih kalem dengan menggunakan beberapa warna dominan seperti bitu langit, biru tua, coklat pada meja, dan warna putih.

tempat belajar anak SD
Source: abc
ruangan kelas 1 sd
Source: flyhighschool
dekorasi ruang komputer kelas SD
Source: sarwalldecors

Dekorasi ruang kelas belajar komputer, dipadu dengan warna-warna yang hidup pada dinding, langit-lagit, dan lantai. Meja komputer berwarna hijau tersusun melingkar di samping dinding, bukan hanya meja yang serempak, komputer juga sama semua, begitu juga semua kursi yang berwarna biru.

Hiasan di dinding diberi lukisan dan bentuk-bentuk lain.

Dekorasi kelas SD
Source: shejiben

Ruangan kelas ala sekolahan SD di China, menggunakan meja besar dengan delapan kursi yang bewarna sama. Langit-langit yang memiliki dua lampu dengan tutupan seperti mangkuk besar.

Di bagian dinding terdapat rak-rak yang menempel, sinar matahari pagi dari jendela, dan ornamen-ornamen seperti gambar di atas.

Dekorasi ruang kelas SD
Source: shejiben

Ruangan berbentuk persegi panjang dengan meja-meja berbentuk persegi enam dan kursi bulat tanpa senderan, tersusun rapih. Ruangan ini memiliki warna dominan putih dan biru, yang dipadukan dengan hiasan-hiasan dinding seperti: pohon besar, wastafel, lukisan, dan lainnya.

Fasilitas-fasilitas lengkap seperti: lemari, black board, dan lainnya.

Kelas kreatif ala SD di China
Source: Sohu
Ruangan Sekolah di China
Source: ntzsxx

Ruangan dengan susunan meja dan dan bangkunya melingkar seperti gambar di atas, ruangan dengan model diatas bisa digunakan para siswa utuk bediskusi bersama guru dan teman-temannya.

Fasilitas-fasilitas lengkap tersusun rapih mulai dari furnitur dan peralatan-peralatan lainnya.

kelas kreatif
Source: Sizou

Medel ruangan kelas ala negara China dan Jepang, yaitu meja dan kursi yans sama dengan model khasnya, tersusun dengan rapih. Kelas ini semakin menarik dan keren dengan menampahkan kreasi-kreasi pada dinding dan atap seperti: lampu berbentuk bunga, bintang-bintang di dinding, dan lukisan dinding yang mengelilingi ruangan.

dekorasi ruang kelas sd
Source: Justdial

Kelas yang hidup dengan meja hijau dan kursi biru tua yang serempak dan tersusun rapih membentuk tiga baris ke belakang, masing-masing meja bisa diisi oleh dua orang siswa. Selain itu dindingnya juga dipenuhi dengan lukisan kehidupan dibawah laut ada lumba-lumba, rumput laut, gurita, ikan badut, terumbu karang, dan lainnya.

Dekorasi kelas SD
Source: connachttribune

Semua furnitur di ruangan memiliki campuran warna seperti kursi, meja, dan lemari. Posisi meja guru berada di pojok ruangan menghadap ke meja kelompok siswa.

primary-school-classroom
Source: Jooninn

 

tata letak ruang kelas
Source: Pixabay

Ruangan yang memiliki ciri khas sendiri yaitu meja, kursi, dan lantai terlihat jadul yang terbuat dari kayu. Meskipun terlihar jadul meja dan kursi memiliki bentuk yang serempak dan tersusun rapih, dan juga satu meja beserta kusrinya hanya digunakan untuk satu orang siswa.

Hiasan dinding dilengkapi dengan lukisan ilmuan, papan informasi, papan tulis kapur, jendela, dan lainnya.

kelas belajar anak SD
Source: pixabay

Ruangan yang tidak begitu luas, tapi memiliki keunikan tersendiri, dimana meja kelompok masing-masing memiliki empat kursi, disusun rapi. Dinding yang dihiasi dengan pernak-pernik yang teratur dan tidak asal-asalan, dan hiasan lain seperti balon-balon di langit-langit.

dekorasi suasana kelas di SD (sekolah dasar)
Source: Pixabay
ruang kelas 6 di jepang
Source: blog.gaijinpot

Dekorasi ruang kelas SD ala jepang, dan hampir sekolahan di jepang memiliki model seperti di atas.

Dekorasi kelas SD
Source: APKPure

susunan meja, kursi dan furnitur lainnya tersusun rapih.

Source: Sanlucasaqp.blogspot

Konsep dekorasi kelas warna hijau dan putih yang sederhana untuk anak SD yaitu disusun dengan satu meja untuk satu orang, dan tersusun baris.

Suasana Belajar di ruang kelas

anak-anak sd sedang belajar
Source: univerlist

Suasana kelas ketika sedang kerja kelompok membahas tentang peta dunia.

Mengajar murid SD
Source: Pixabay

Seorang guru sedang menjelaskan kepada siswa-siswanya menggunakan persentasi dengan proyektor.

anak-anak SD (sekolah dasar) di jepang
Source: manado.tribunnews

Suasana ruangan kelas anak SD di jepang, topi kuning di atas meja merupakan ciri khas sekolah-sekolah dasar di Jepang, topi mereka serempak.

pelajaran anak SD
Source: Walkington Primary School

Siswa-siswa SD di Inggris sedang belajar kelompok, seragam mereka sama mulai dari celana abu-abu gelap dan baju kerah putih dengan sweater merah.

Hal-hal yang harus diperhatikan ketika mau mendekorasi Ruangan Kelas SD (sekolah dasar)

Hal-hal ketika mau mendekorasi
Source: Pixabay

Cara mendekorasi ruangan kelas, kita harus mengetahui hal-hal apa saja agar ruangan kelas menjadi bagus.

Berikut 4 Hal untuk mendekorasi Kelas:

Menentukan jenis atmosfir yang ingin dibangun

Membangun kelas berdasarkan jenis atmosfir bisa kita tentukan dan pilih, kita tidak mungkin menerapakan jenis atmosfir kelas yang propesiaonal untuk ruang kelas SD (sekolah dasar) atau ruang kelas TK, yang di butuhkan ialah ruangan kelas yang ramah, ceria, fullcolor, dll.

Menyusun meja, kursi dan peralatan yang ada di ruang kelas,

Kita bisa mengatur bangku-bangku dalam beberapa baris untuk membatasi obrolan, susunan meja dan bangku utuk kelompok, atau disusun lingkaran besar untuk diskusi bersama. Pastikan penempatan meja guru, rak, lemari buku, dan furnitur atau peralatan lain sudah tepat, dan tidak mengggu susunan bangku siswa.

Dekorasi sesuai usia siswa,

Beda dekorasi antara anak SD, SMP, atau SMA, untuk anak SD kita bisa mendekorasi ruanga kelas dengan warna-warna ceria, bentuk yang menarik, poster edukasi untuk anak SD,  kita juga bisa memasang tabel perkalian, dan lainnya.

Menggabungkan materi pelajaran dalam dekor kelas,

Kita bisa memasang macam-macam bahan materi dalam dekorasi kelas, contoh: matematika, sains, kutipan inspirasi, dan lainnya.

Hal-hal lain juga harus diperhatikan untuk ruang kelas SD (sekolah dasar) seperti: ruangan yang tidak sempit sehingga mudah bergerak, sorotan cahaya matahari dari jendela, dan untuk keleluasaan kita juga bisa memilih ruangan persegi panjang.

Default image
Nabil Tedjamaja
Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: