Schuyler Skaats Wheeler Penemu Kipas Angin Pertama

Siapa sih penemu kipas angin?? kipas yang membuat udara sejuk ketika cuaca panas, menjadi adem ketika selesai olahraga. Hari ini cuaca juga, kok jadi terasa sangat panas?, memang wajar sih bumi sudah tua, dan sudah mendekati ajalnya, disamping itu para ilmuan juga mengatakan bahwa bumi ini sedang dilanda Global Warming, apa itu??

Dimana suhu akan meningkat di atas rata-rata di setiap iklimnya, ya kalo dingin yang dingin banget, trus kalo panas ya panas banget. Untungnya ketika musim panas kita bisa menggunakan kipas angin atau AC.

Di artikel ini saya akan membahas tentang sejarah kipas angin, dan ternyata…

Sebelum Adanya Kipas Angin Listrik

penemu kipas angin listrik - sebelumnya
Source: Pixabay

Sebenarnya, kipas angin sudah ditemukan beribu-ribu tahun silam, yang biasa digunakan oleh bangsa Mesir, Romawi, Persia, China, Yunani, dan bangsa-bangsa terdahulu.

Dulu kipas angin digunakan oleh para raja-raja dan alat ini merupakan alat yang sakral, dan biasanya digunakan dalam acara-acara keagamaan dan menjadi alat para raja sebagai simbol kekuatan.

Para arkeolog menemukan kipas angin pertama sekitar 4000 tahun silam, yaitu pada bangsa Mesir yang digunakan oleh Raja Firaun. Saat itu kipas yang digunakan raja Firaun benar adanya dan digunakan sebagai alat upacara keagamaan.

Kipas angin raja Firaun tebuat dari bulu dengan gagang emas, atau terbuat dari kayu eboni dengan gagang emas dan permata.

Baca juga: [SEJARAH] Penemu Balon Udara Yang Kamu Harus Tau

Kipas Angin Manual Alias Pake Tangan

kipas firaun pake tangan
Source: Google

Setelah masa ke masa kipas angin yang digunakan oleh para sosialita dan kalangan petinggi di kerajaan sebagai simbol kemakmuran dan kemewahan seseorang. Tahun 1500, perkembanga kipas angin manual ini juga ditemukan di Eropa dimana negara itali merupakan negara pertama yang memproduksi kipas angin manual ini.

Sebelum adanya kipas angin elektrik, Kipas angin manual biasa digunakan oleh para pedangang, hingga masyarakat pada umumnya, untuk mendinginkan udara ketika hawa udara panas atau ketika sedang gerah.

kita juga bisa tahu ketika kita sedang nonton film Jepang, China, dan Korea, yang menceritakan sejarah kerajaan dimana ada sebuah wanita yang memegang kipas sebagai kemuliaan atau apalah. Ada juga dalam film action dimana kipas dijadikan sebuah senjata yang bisa membunuh orang.

Di Indonesia kipas angin manual tidak asing lagi bagi anak-anak jaman old, banyak model dari kipas-kipas yang ada di Indonesia, ada yang terbuat dari bambu, kayu tipis, anyaman, dan lainnya, bentuknya pun berbeda-beda di setiap daerah.

Mungkin hari ini kita jarang melihat kipas manual,  orang tua yang sudah berumur mungkin masih menggunakan kipas manual ini, tapi itu juga masih jarang.

Baca juga: [SEJARAH] Penemu Ban Karet Kamu Harus Tau

Sejarah Penemu Kipas Angin Listrik

kipas yang dibuat pertama kali
Source: Google

Biografi Schuyler Skaats Wheeler

Kiap angin listrik ditemukan oleh Schuyler Skaats Wheeler, ia lahir di Massachusetts, New York, USA pada tanggal 17 Mei 1860. Dia merupakan anak dari pasangan James Edwin dan Annie Wood, ayahnya seorang pengacara dan ibunya adalah putri dari David Schuyler Skaats, seorang presiden pertama di Bank nasional Waterloo, New york.

Schuyler Skaats Wheeler
Source: Wikipedia

Schuyler Skaats Wheeler merupakan seorang insiyur di Amerika, di tahun 1882 ketika ia berusia 22 tahun, ia membuat sebuah penemu-an baru  kipas angin yang menggunakan dua buah baling-baling, dengan bantuan putar oleh motor listrik.

Di tanggal 11 Oktober 1898 ia juga menikah seorang wanita yang bernama Amy Sutton.

Pada tahun 1904, Schuyler Skaats Wheeler diberi sebuah penghargaan atas temuannya yaitu “Jhone Scott Medal Of The Franklin Institute”. Dia juga di angkat sebagai presiden Institute of Electrical Engineers di Amerika tahun 1905-1906.

Kipas buatannya kemudian diproduksi oleh the Crocker and Curtis Electric Motor Company.

Schuyler Skaats Wheeler meninggal dunia pada tanggal 20 April 1923, karena penyakit angina pectoris, meninggal di rumahnya di Manhattan, New York.

Perkembangan Kipas Angin Elektrik

kipas listrik buatan Philip
Source: Pixabay

Setelah penemuan oleh Wheeler, ada seseorang yang bernama Philip H. Diehl iya mengembangkan kipas buatan Wheeler, karena menurutnya kipas buatan Wheeler kurang efisien.

Philip H. Diehl lahir di Dalsheim, Jerman pada tanggal 29 Januari 1847, merupakan seorang insiyur Jerman – Amerika dalam bidang mekanik.

Ia bermigrasi dari negara asalnya Jerman ke Amerika Serikat tepatnya di New York, ia juga bekerja di beberapa toko mesin sebelum akhirnya ia bekerja di perusahaan manufaktur bernama Singer.

Philip juga sempat pindah ke Chicago dan ia menikah dengan wanita bernama Emilie Loos. Ia merupakan seorang penemu yang berjasa karena ia telah banyak berkontribusi dalam kemajuan teknologi di Amerika.

Penemuan Philip H. Diehl

Philip H. Diehl
Source: Wikipedia

Philip H. Diehl  juga seorang penemu yang mempatenkan alat-alat buatannya seperti:

  • lampu pijar listrik,
  • motor listrik yang digunakan mesin jahit,
  • dinamo, yang digunakan pada beberapa mesin,
  • dan yang terakhir adalah kipas angin listrik untuk langit-langit.

Kipas angin sebelumnya yang dibuat oleh Schuyler Skaats Wheeler tidak memakai tutup atau pelindung, sehingga Philip H. Diehl membuat sebuah terobosan baru pada tahun 1887. Kipas angin buatannya bisa menempel di langit-langit dan waktu itu kipas buatannya juga digunakan masyarakat secara luas.

Philip H. Diehl memperbarui kipas buatannya dengan menambahkan sebuah split-ball pada sendi yang ada pada kipas angin listriknya. Ia juga mendapat penghargaan di tahun 1889 atas kontribusi dan penemuannya, oleh The American Institute of New York, memberikan medali perunggu yang bertuliskan “The Medal of Merit” atas temuannya berupa mesin listrik dan dinamo.

Philip H. Diehl meninggal pada tanggal 7 April 1913 di usianya yang ke 66 tahun, meninggal di Elizabeth, New Jersey, Amerika Serikat.

Perbaruan yang dilakukan Philip menjadi sebuah dasar dari model kipas angin bolak balik yang biasa kita gunakan sekarang ini.

Penemuan AC (Air Conditioning) untuk Pendingin Ruangan

Pendingin udara
Source: BukaReview

Mungkin masih banyak dari kita yang menggunakan kipas angin temuannya Philip yang menempel di langit-langit, dan masih kita nikmati kesejukannya. Seiring berjalannya waktu kipas angin sudah di produksi oleh prusahaan-perusahaan elektronik di dunia, tidak terkecuali di negara kita, Indonesia.

Padan tahun 1902, seseorang yang bernama Willis Carrier menemukan sebuah pendingin ruangan yang disebut AC (air conditioning). Perubahan teknologi yang semakin maju mungkin kipas angin listrik akan tergantikan oleh AC.

Sekarang ini eksistensi dari kipas angin listrik masih belum menurun, dan masih banyak yang menggunakannya, harganya pun lebih murah dari pada AC. Mingkin rata-rata setiap rumah memiliki AC atau kipas angin listrik untuk mendinginkan ruangan.

Hari ini kita tahu bahwasanya ada Global Warming, dimana ketika musim panas datang maka suhu akan meningkat di atas rata-rata, bahkan di daerah-daerah tertentu suhu menjadi sangat-sangat panas. Dan di situlah kipas angin dan AC menjadi sangat berguna.

Gambar kipas angin dari zaman ke zaman

kipas manual - Hihid dari sunda indonesia
Source: Google
penemu kipas angin listrik pertama
Source: Wikipedia
Kipas gantung
Source: Rumah Lia
Penemu kipas angin
Source: Pixabay

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca sekalian, dan menjadi wawasan pengetahuan kita tentang siapa penemu kipas angin.

Ternyata mesin uap adalah awal dari Revolusi Industri 4.0!! baca Penemu Mesin Uap.

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: