13+ Contoh Desain Kaos untuk Acara Kelas

Pastinya pernah dong kita melakukan sebuah acara kelas atau acara angkatan, entah itu tingakt SD, SMP, SMA/SMK, atau ditingkat TK, dan kita juga disuruh untuk membuat desain kaos untuk kelas, sebagai tanda kekompakan sesama.

Di artikel ini disajikan sebuah contoh gambar desain kaos untuk masing-masing kelas, semoga bermanfaat.

Contoh Desain Kaos Kelas

Desain Kaos Anak TK

Sebagai seorang muslim anak-anak harus dididik dengan keislaman, diantaranya:

  • Mengenalkan mereka tentang Tauhid dan mendidiknya
  • Mengajarkan, mendidik anak tentang sholat serta mempraktekannya
  • Mengenalkan tentang Ibadah-ibadah dan amalan lainnya.
  • Dan pendidikan yang layak, dimana mereka bisa menulis, membaca, dan dasar-dasar pendidikan untuk anak.
  • Mendidik mereka berakhlak mulia seperti rasulullah.

Dasar-dasar untuk diajarkan kepada anak TK diantaranya: Mempelajari huruf dan Bunyi, Menulis dan menggambar, Mempelajari angka-angka dan berhitung, Mengenal bentuk dan Benda, Mengenal Waktu dan Musim, dan menceritakan kisah-kisah baik.

Adapun normalnya anak-anak masuk sekolah tingkat TK sekitar umur 3 sampai 4 tahun. Dimasa-masa ini anak-anak TK lebih banyak bermain, istilah umumnya belajar sambil bermain.

Para guru juga pernah mengajak anak-anak TK untuk melakukan sebuah acara, entah itu rekreasi, dan lainnya. Untuk tetap kompak antar sesama anak-anak salah satunya dengan cara membuatkan mereka seragam yang sama sebagai bentuk kebersamaan.

Berikut contoh desain kaos untuk anak TK:

desain kaos kelas
Source: Google

Kaos lengan panjang dengan batasan lengan seperti kaos lengan pendek, warna yang cocok dan kontras, ditambah lagi dengan poster islamai yang bertuliskan “Always Start Everythin ehit Bismillah.

desain kaos kelas
Source: Google

Model kaos lengan pendek berwarna hitam yang dipadukan dengan warna poster warna kuning. Poster islami “Lets Go To Mosque” “Ayo pergi ke Masjid” di ujung lengan dan leher memiliki warna garis yang sama dengan warna poster, sehingga warnanya menyatu.

kaos kekompakan anak TK
Source: Google

Baju warna hijau dengan lengan kuning pendek, dan warna dasar hijau dipadu dengan poster berwarna kuning. Slogannya sama seperti yang di atas, tapi beda desain. Mungkin kita juga bisa menggabungkan baju kelas yang atas dan bawah, misalnya yang berwarna hitam untuk TK kelas A dan yang bewarna hijau untuk TK kelas B.

Desain Kaos Anak SD

Anak SD berbeda dengan anak TK, mereka memiliki ciri khas yang membedakan diantaranya:

  • Suka bermain, beda halnya dengan anak TK, anak SD ia suka bermain ketika pelajaran, dimana kebanyakan siswa menginginkan games di sela pelajaran serius seperti IPA.
  • Senang bergerak
  • Senang bekerja atau belajar dalam kelompok
  • Senang Merasakan atau Melakukan Sesuatu Secara Langsung
    Menurut para psikolog, anak SD memasuki tahap operasi konkret, Dari apa yang dipelajari di sekolah, anak belajar menghubungkan antara konsep-konsep baru dengan konsep-konsep lama.
  • anak SD juga mulai belajar penjumlahan, pengurangan, dan hitung-menghitung lainnya.

Berikut contoh desain baju kaos untuk anak SD, untuk kekompakan sesama teman-temannya:

desain kaos kelas

Desain kaos lengan pendek, dengan poster ajakan “membuang sampah pada tempatnya” dengan peragaan seorang anak yang sedang membuang sampah.

warna dasar putih cocok untuk poster sehingga menjadi jelas. Kita juga bisa menggunakan warna dasar selain putih, asal warnanya tidak menyatu dengan posternya, seperti, warna: hujau gelap, merah muda, biru muda, dan warna kontras lainnya.

baju anak sd

Desain Kaos Anak SMP

Pada masa ini anak SMP sudah masuk masa pertumbuhan fisik yang cepat, perkembangan seksual, cara berfikir kausalitas, emosi yang meluap-luap, perkembangan keperibadian.

Di sekolah juga anak SMP sering melakukan keigatan-kegiatan outdoor dimana untuk menjaga kekompakan antar sesama harus ditumbuhkan, salah satunya dengan baju atau seragam acara yang serempak.

Berikut contoh desain baju kaos untuk anak SMP:

desain kaos kelas
Source: baju kelas

Baju lengan panjang warna bitu gelap, baju kaos ini memiliki logo  di dada dengan tulisan nama sekolah. Di bagian depan sebelah kanan bawahdi cantumkan nama masing-masing siswa, selain itu bisa juga dengan nama akun social media seperti (IG, Facebook, dan lainnya).

Dibagian belakang dicantumkan semua nama angkatan yang membentuk suatu angka atau huruf seperti gambar di atas. Dibawahnya juga kita bisa menulis slogan atau semacam motivasi seperti yang di atas “your insult is a motivation for us” yang artinya “penghinaan Anda adalah motivasi bagi kami”.

Desain baju ini merupakan desain dengan mengikuti trend dan cocok untuk anak kelas SMP.

baju anak smp
Source: Google

Desain kaos kelas yang simpel, dengan lengan pendek berwarna hitam, dan warna dasarnya putih. Kita juga bisa menyeting kombinasi warna baji seperti, hitam dan abu-abu, ungu dan abu-abu, hijau dan putih, biru dan hitam, dan pilihan-pilihan kombinasi warna lainnya.

Poster dalam desain kaos ini berada di dada dengan ukuran yang disesuaikan seperti gambar di atas. Poster juga dicantumkan di bagian belakang bagian atas dibawah kerah dengan ukuran yang kecil seperti gambar di atas.

desain kaos kelas
Source: Google

Berbeda dengan Desain koas sebelumnya desain kaos ini berbalik, poster depan berukuran kecil di dada kiri, dan poster belakang berukuran besar seperti gambar di atas.

Baju ini semakin bagus apabila dipadukan dengan warna-warna yang cocok, seperti yang di atas menggunakan warna biru dongker, kita juga bisa menggunakan warna lain seperti: merah maroon, hijau toska, abu-abu, dan warna-warna lainnya.

Desain Kaos Anak SMA

Di masa ini  anak SMA sudah masuk masa pubertas, dimana perubahan-perubahan fisik sudah tumbuh, seperti: tinggi badan, berat badan, proporsi tubuh, organ seks dan ciri-cirinya.

Bahkan masa pubertas juga sudah banyak yang terjadi ketika masa SMP, yang terpenting di masa SMA ini seseorang sudah menemukan sisi kedewasaannya.

Berikut desain kaos anak SMA, untuk acara-acara kebersamaan sesama kelas, atau angkatan.

desain kaos kelas
Source: Garwin.id

Desain empat kaos seperti gambar di atas, dengan warna berbeda dan poster baju yang berbeda.

  • paling kiri, dengan slogan “We Are Class Of Nine One” dan “Friendship Together Forever”, ( Kami adalan Kelas Sembilan Satu, Persahabatan bersama Selamanya ), desain kaos ini menjadi terlihat balance dengan warna dasar hitam dan poster berwarna putih,
  • tengah kiri, dengan slogan “Class Of 2019 Seniors”  (kelas senior tahun 2019) dan mencantumkan nama sekolahan SMAN Negri 81.
  • tengah kanan, dengan slogan “Class Of 7A Best” dengan angka tujuh yang mencolok,  pilahan warna seperti hijau, Putih, Orange, dan Merah pada warna dasar biru. Dan juga dalam blok warna orange tertulis nama sekolahan SMPN 167 Jakarta.
  • paling kanan, dengan slogan “We Are Class Of XII IPA 3” (kami adalah kelas 12 IPA 3). Warna dasar Coklat dan poster keran yang menggambarkan anak IPA.

Kaos ini bisa lengan pendek atau lengan panjang terserah kesepakatan kelas kalian.

baju dengan kupluk
Source: kaos murah bandung

Desain kaos lengan pendek untuk study tour untuk anak-anak SMA IPA, dengan kata-kata di depa, seperti “Road To Makassar” dan juga kita bisa memilih kata-katanya sendiri.

Yang terpentik kombinasai warna antara kata-kata dan warna dasar bisa seimbang, seperti gambar di atas warna biru dongker + biru cerah, warna lain yang cocok seperti hijau Tua + Hijau cerah, atau merah tua + merah cerah, dll.

warna dongker pada bajuSource: kaos kelas

Kaos lengan panjang berwarna biru dongker, dengan dua garis melingkar di bagian lengan seperti gambar di atas. Poster depan menggambarkan anak “Sains” khususnya anak kimia dengan alat-alat laboratoriumnya.

Di bagian belakang juga terdapat nama-nama semua anggota kelas yag membentuk A4 ditambah dengan nama sekolah SMA N 7 Bekasi.

Desain Kaos Anak SMK/STM

SMK dan SMA sama-sama satu tingkatan dalam sekolah, yang membedakan ialah anak SMK/STM merupakan tingkat sekolah dimana ia dibekali sebuah skill untuk siap bekerja.

Sedangkan SMA merupakan tingkat sekolah yang fokus untuk belajar ke tingkat lanjut, apabila setelah lulus.

Tapi, semua itu bukanlah patokan, bahkan sebaliknya anak SMK malah berkembang di dunia perkampusan, dan anak SMA malah berkembang langsung di dunia pekerjaan.

penjelasan-penjelasan di atas bukanlah sebuah patokan, tergantung pada diri kita sendiri.

Oh, iya.. ketika kita di bangku SMK kita juga pernah mengadakan acara-acara bares setiap kelas, atau setiap angkatan. Kkostum kaos yang sama bisa membuat rasa solidaritas menjadi tinggi.

berikut contoh desain baju kaos anak SMK:

desain kaos kelas
Source: kaos murah bandung

Desain kaos lengan pendek dengan poster otomotif di depan yang menggambarkan anak SMK dengan peralatan tempurnya. Warna baju abu-abu, dan posternya berwarna abu-abu muda dan hitam.

Desai baju di atas posternya tidak terlalu mencolok, itu karena perpaduan antara warna dasar dan poster tidak sesuai. Kita bisa memilih warna dasar lain seperti putih atau warna-warna cerah, yang membuat kontras terhadap posternya.

kaos warna hitam STMSource: Google

Baju kaos hitam lengan pendek, dengan poster menyamping di depan bagian kanan, dan poster kecil di belakang bagian atas -lihat gambar.

Desain kaos ini untuk organisasi siswa atau OSIS, bisa di terapkan untuk anak SMA atau pun anak SMK.

baju anak TKJ
Source: kerabat desain

Perpaduan warna antara biru tua dengan abu-abu menjadi baju kaos ini keren. Desain poster keren dengan slogan “Expensive Brain” ( Otak yang bernilai tinggi ).

Poster di belakang bagian atas berukuran sedang dengan slogan “Big Family TKJ 1” ( keluarga besar TKJ 1 ).


Semoga artikel ini bermanfaat.

Default image
Nabil Tedjamaja

2 Comments

  1. Bang bikin design baju nya pake apa?

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: