Macam Macam Aplikasi Web Browser Dari Yang Populer

Apa web browser yang sering kamu gunakan di komputer?? Mozilla firefox?? atau Google Chrome?? atau Opera?? atau yang lainnya. Ternyata banyak sekali macam-macam web browser yang mungkin belum kamu ketahui.

Yuk!! simak macam-macam web browser mulai dari browser yang dulu digunakan hingga yang sekarang banyak digunakan orang-orang.

Macam Macam Web Browser

Banyak macam-macam web browser yang bisa kita gunakan mulai dari yang terbaik, multifungsi, yang jadul bahakan yang unik sekalipun ada.

Berikut 27 Macam Web Browser beserta Kelebihan dan Kekurangannya:

1. Mozilla Firefox

macam macam web browser
Source: mozilla.org

Mozila firefox merupakanw web browser terbaik hingga saat ini dalam 13 tahun, browser ini dikenal dengan browser yang fleksible serta dukungan untuk ekstensinya.

Pada tahun lalu Mozilla firefox melakukan perbaikan secara total dengan Firefox Quantum-nya meliputi kede peramban, Kecepatan yang meningkat sebanding dengan Google Chrome, dan mampu membuat penggunaan RAM lebih efisien untuk tab-tab yang terbuka pada komputer top-end.

Firefox juga memberikan keunggulan dalam keamanan dan hal privasi, karena Mozilla sendiri adalah non-profit, sehingga tidak memiliki hak untuk menjual data anda berbeda dengan web browser lainnya. Pembaharuan yang dilakukan Mozilla Firefox secara rutin untuk membantu melinduki privasi penggunanya.

Versi baru Mozilla Firefox yang akan datang dikatakan bahwa akan dirancang khusus untuk menjelajahi web dalam virtual reality (VR), dan Program Test Pilot untuk menguji fitur-fitur baru secara berkala.

Browser ini tidak bisa dibilang sebagai yang tercepat secara mutlak, namun web brower Mozilla Firefox menjadi yang terbaik dan pilihan di tahun 2019 ini.

2. Google Chrome

macam macam web browser
Source: businessinsider.com

Google chrome juga termasuk web browser yang populer digunakan banyak orang, dan menurut analisis penggunaan google chrome terus meningkat. Alasan banyak orang menggunakan web browser ini adalah

  • cross-platform (berjalan diberbagai operating sistem) sama seperti Mozilla Firefox,
  • sangat stabil dan cepat.
  • layar rapih dengan mengambil ruang layar yang minimum

Meskipun Google chrome memiliki banyak kelebihan bukan berarti ia tidak memiliki kekurangan. Salah satu kekurangan dari browser ini adalah memiliki ukuran yang berat bahakan terberat dari browser lain untuk masalah penggunaan sumber daya. Browser ini tidak cocok untuk komputer yang low-end dengan RAM yang terbatas.

Yang menjadi kekurangannya juga yaitu google chrome menjalankan tentakelnya dengan data penelusuran kita.

3. Opera

macam macam web browser
Source: opera.com

Opera merupakan web browser dengan kenaikan penggunanya yang tidak sebagus browser di atas bahkan hanya sekitar 1%. Kulaitas Opera termasuk baik salah satunya peluncuran yang cepat, UI yang bersih, menyaingi pesaingnya dalam segala hal.

Kelebihan dari web browser opera diantaranya:

  • fitur opera turbo yaitu kecepatan lalu lintas meskipun kita terjebak pad dial-up seperti di pedesaan atau daerah dengan koneksi atau jaringan boardband yang terbatas atau lemot.
  • Opera GX untuk versi peramban dengan fitur system optimization tools, Twitch integration, dukungan Razer Chroma, dan katalog game. Versi ini cocok untuk para Gamer PC.
  • mngurangi penggunaan data transfer, sehingga menghemat bandwidth.
  • re-routing untuk pembatasan konten penjelajahan anda.
  • aman ketika menggunakan situs seperti Bank dan linnya, sehingga bebas dari planggaran privasi.
  • pemblokiran iknal terintegrasi
  • hemat batrai
  • memiliki vpn bawaan
  • memiliki cryptocurrency wallet.

Baca juga: Macam Macam Framework dan Library Javascript

4. Microsoft EDGE

macam macam web browser
Source: Youtube

EDGE merupakan web browser yang diluncurkan sebagai pengganti dari Internet explorer berbarengan dengan Windows 10, dimana ia merilis dengan versi baru yang berbasis Chromium.

Kelebihan microsoft EDGE diantaranya:

  1. Browser dengan keunggulan seperti chrome, tanpa menggunakan banyak memory (ringan).
  2. EDGE versi baru sudah bisa digunakan di berbagai OS seperti Android, iOS, dan bahkan versi untuk Linux OS dikabarkan sedang diluncurkan.

Namun bagi pengguna windows 10 karena web ini sebagai browser defaultnya, windows begitu keras untuk menggunakannya.

5. Vivaldi

macam macam web browser
Source: Vivaldi.com

Vivaldi merupaka web browser yang sedikit berbeda dari yang lainnya, dimana gaya dan struktur antarmuka bisa di kustomisasi sepenuhnya terserah kita.

Sama seperti microsoft EDGE, Vivaldi merupakan web browser yang berbasis Chromium sehingga bisa mengunakan ekstensi dati Web Crome Store.

6. Internet Explorer

macam macam web browser
Source: wikipedia.org

Siapa yang tidak kenal dengan yang satu ini, pengguna windows tentunya akrab denga browser ini. Dari kita mungkin banyak yang mengeluh tentang browser satu ini, tapi sebenarnya web ini termasuk browser yang handal dan juga tudak ada masalah.

Versi baru yaitu Internet exploler 11 menawarkan penggunanya dengan tapilan yang bersih, kuat, kompatibel, dan penggunaan RAM dan CPU yang lebih sedikit dari pada browser lainnya.

Namun web ini harus lebih berjuang dalam segi lainnya utnuk menyaingi browser-browser lainnya.

7. Tor Browser

aplikasi browsing
Source: blog.torproject.org

Tor merupakan web browser dengan basis Firefox yang sering dikaitkan dengan web dunia gelap (dark web world) karena benar browser ini mampu mengakses situs-situs yang tidak tedaftar.

Keunggulan dari Tor Browser ini diantaranya:

  • mengutamakan aspek privasi sehingga sangat sulit untuk dilacak.
  • Menggunakan Paket alat Firefox Entended.
  • Tidak myimpad data dalam bookmark ataupun cookie.

8. Safari

aplikasi browsing
Source: guidingtech.com

Safari merupakan web browser yang dikembangkan oleh perusahaan Apple, dimana sebelumnya browser ini diciptakan hanya untuk MacOS. Browser ini akhirnya menjadi web browser yang bisa digunakan di beberapa OS salah satunya windows.

Kelebihan dari Safari browser salah satunya adalah fitur nitro engine yaitu untuk mengolah aplikasi berbasis web dengan lebih cepat.

9. Konqueror

aplikasi browsing dari KDE
Source: freesoftwaremagazine.com

konkueror adalan web browser untuk sistem operasi Linux yang berbasis environment KDE. Konkueror juga bisa menjelajah komputer kita sebagaimana halnya file manager.

10. Lynx

Web browser di terminal

Lynx yaitu text-based web browser yaitu web browser yang berjalan dengan tapilan baris teks. Jadi yang ditampilkan oleh Lynx ini adalah informasi berupa texnya saja. Hal ini bisa kalian gunakan jika kuota internet sudah menipis atau sangat lambat dan kalian hanya butuh informasi textnya saja.

Tentunya web ini paling cepat dari yang lain karena tidak ada loding untuk gambar dan javascript.

11. Midori

Midori adalah web browser yang gratis dan open-source dan sangat ringan karena menggunakan mesin rendering Webkit sama seperti safari browser. Antar muka Midori menggunakan GTK+2 atau GTK+3 yang merupakan bagian dari komponen desktop environment XFCE.

Web browser ini bisa kalian install di linux, dan juga sudah menjadi browser default di beberapa distro linux seperti: ElementaryOS, SliTaz, Bodhi linux, Raspbian, dan WattOS.

12. Arora

Arora adalah web browser yang cross-platform yang bisa berjalan di berbagai OS seperti Linux, Windows, MacOS, FreeBSD, OS/2, Haiku, Genode, dan operasi sistem lainnya.

13. Dooble

Dooble adalah web browser yang open source, dooble ini termasuk web browser yang memiliki fungsi utama yaitu keamanan privasi penggunanya.

14. NetSurf

NetSurf merupakan web browser yang memiliki mesin browser sendiri, dimana ia dibuat dengan tujuan sebagai browser yang ringan dan juga portable.

15. Maxthon

Maxton adalah web browser open-source yang dikembangkan oleh perusahaan dari Beijing, Tiongkok. Maxthon juga tersedia di windowsphone 8 dan Android dengan dukungan mesin render Webkit dab Trident.

16. Dillo

Dillo merupakan salah satu web browser yang minimalisb browser yang dij\tunjukan untuk komputer tua. Browser ini hanya mendukung HTML/XHTML polos dengan render CSS. Browser ini bisa berjalan di beberapa sistem opersi seperti: Linux, BSD, OS X, IRIX dan Cygwin.

Selainitu ada juga web browser selain yang disebutkan di atas, diantaranya:

  • SealMonkey
  • K-Meleon
  • Lobo
  • Kazekhase
  • Amaya
  • NetPositive
  • QNX Voyager
  • Planetweb
  • Netscape
  • Lunascape
  • Flock

Mohon maaf apabila ada kesalahan dan kekeliruan, dan semoga artikel ini bisa menjadi informasi yang kalian cari,😄😄😄

Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Default image
Nabil Tedjamaja
Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: