Guglielmo Marconi Penemu Radio Pertama Di Dunia

Seorang tokoh dunia yang sangat berjasa ia seorang fisikawan, dan seorang penemu yang menemukan alat komunikasi yang sudah tidak asing lagi ditelinga kita yaitu “Radio”.

Penemuannya itu sangat berjasa dalam kemajuan teknologi dan informasi, untuk menunjang peradaban manusia yang lebih baik.

Biografi Guglielmo Marconi

Biografi Guglielmo Marconi Penemu Radio
Source: Wikipedia

Penemu radio adalah Guglielmo Marconi ia lahir di Bologna, Italia pada tanggal 25 April 1874, ia juga merupakan anak laki-laki ke-2 dari pasangan Giuseppe Marconi (ayah) dan Annie Jameson (ibu).

Keluarganya merupakan keluarga yang kaya raya, dimana ibunya yaitu Annie Jameson merupakan anak dari keturunan orang kaya yang bedarah Irlandia.

Masa kecil Guglielmo seperti anak-anak pada umumnya yaitu ia merasakan bangku sekolah, bermain dengan teman-temannya, dan kegiatan kanak-kanak lainnya.

Namun sewaktu ia masih kanak-kanak, Guglielmo mendapatkan pendidikan tambahan yaitu dengan adanya Guru Privat Khusus. Setelah itu ia juga melanjutkan jenjang pendidikan hingga perguruan tinggi.

Pendidikan yang dijalani Guglielmo Marconi berhasil ia raih hingga pendidikan terakhir di Universitas Bologna dan juga Institut Teknik Livorno. Ia berhasil mendapatkan gelar Insinyur Listrik, dan ia menjadi seorang ahli fisika.

Guglielmo juga pernah menjadi militer Italia yang bergabung di angkatan darat dan laut pada Perang Dunia I.

Pada tahun 1914 Ia bergabung sebgai Letnan untuk angkatan laut, hingga akhirnya ia mendapat gelar komandan untuk angkatan laut.

Guglielmo Marconi memiliki 5 anak kandung dari dua istri, dimana ia meninkah dengan istri pertama yang bernama Beatrice O’Brien dan memiliki anak yang bernama Gioia Braga, Degna Marconi, Giulio Marconi, dan Lucia Marconi.

Guglielmo bercerai dengan Beatrice lalu ia menikah lagi dengan Maria Cristina Bazzi-Scali  dan memiliki anak bernama Maria Elettra Elena Anna Marconi.

Baca juga: Pengertian Fungsi CD ROM dan DVD ROM

Kisah Penemu Radio Pertama

Kisah Penemu Radio Pertama
Source: Google

Manginjak umur ke 20 tahun Guglielmo mulai tertarik dengan Gelombang Hertz yang ditemukan oleh Heinrich Hertz, dan disinilah awal mula penemu-an radio. Ia mulai mencoba untuk melakukan percobaan dengan gelombang seperti yang dilakukan oleh Heinrich Hertz.

Dalam percobaannya ia menemukan bahwa terdapat gelombang elektromagnetik yang tidak bisa dilihat mata, tapi memiliki pergerakan dan kecepatan suara melalui media udara.

Guglielmo Marconi akhirnya terpacu dan semakin tertarik dengan hasil percobaan pertamanya terhadap gelombang hertz.

Ia menemukan sebuah ide untuk membuat sebuah alat yang bisa memanfaatkan gelombang elektromagnetik  untuk mengirim tanda-tanda melalui jarak yang jauh.

Dengan adanya gelombang hertz ia tidak perlu lagi menggunakan kawat yang panjang untuk komunikasi yang jauh, seperti halnya telegram yang tidak bisa menjangkau area yang jauh.

Guglielmo memiliki tujuan untuk menyediakan komunikasi jarak jauh tanpa kabel dimana waktu itu berita-berita bisa dikirim ke kapal yang berada di tengah laut.

Selama setahun melakukan percobaan dan banyak kegagalan-kegagalan akhirnya pada tahun 1895 Guglielmo Marconi berhasil menemukan alat yang bernama Radio, dan ia menjadi seorang penemu radio pertama di dunia. Kemudian penemuan Guglielmo tersebut akhirnya di uji coba di Inggris pada tahun 1896.

Hak Paten Dan Uji Coba Radio Buatan Guglielmo

Hak Paten Dan Uji Coba Radio
Source: Google

Guglielmo Marconi mandapatkan paten sebagai penemu radio pertama, setelah adanya kontroversi yang mengklaim. Setelah hak paten atas temuannya sudah selesai, ia mendirikan perusahaan yang memproduksi radio secara masal.

Hingga pada tahun 1898 Guglielmo Marconi dengan perusahaannya pertama kali memasarkan radio ke masyarakat. Tahun 1899 Radio dari perusahaan Guglielmo sudah mampu mengirimkan pesan tanpa kawat yang menyebrangi selat Inggris.

Guglielmo Marconi menyadari bahwa peroduksi radio pertamanya masih memiliki berbagai kekurangan, dan Guglielmo terus melakukan menyempurnaan terhadap alat komunikasi temuanya itu.

Temuan Guglielmo Marconi bahkan sudah berhasil mengirim pesan berita dari Inggris ke Newfoundland, Kanada yang melintasi Samudera Atlantik pada tahun 1900.

Bahkan di tahun 1909 Radio temuan Guglielmo sudah terbukti bisa memberitakan tentang bagaimana kapal S.S.Republik yang rusak akibat tertabrak dan tenggelan hingga dasar laut.

Selain itu pada tahun 1912 berkat radio temuan Guglielmo, yang menyelamatkan para penumpang Kapal Titanic yang tenggelam. Para kru kapal bisa mengirim informasi ke kapal lain menggunakan radio pemancar sebelum kapal itu tenggelam.

700 orang penumpang Kapal Titanic akhirnya bisa diselamatkan, dengan bantuan radio pemancar buatan Guglielmo Marconi.

Temuan Guglielmo Marconi sangat berjasa besar bagi kehidupan umat manusia, dengan adanya radio kita bisa mendapatakan informasi yang akurat di berbagai daerah.

Baca juga: Alva John Fisher Merupakan Penemu Mesin Cuci Listrik

Guglielmo Marconi Meraih Nobel Fisika

Penghargaan Nobel
Source: Google

Pada tahun 1909 akhirnya Guglielmo Marconi meraih penghargaan Nobel dalam bidang Fisika, atas temuan Radionya. Penghargaan Nobel Fisikawan Guglielmo berbarengan dengan penghargaan fisikawan untuk Karl Braun dengan penemuan tabung sinar katoda.

Hingga pada tahun 1910 dimana perusahaan radio Guglielmo Marconi terus menyempurnakan radio, dan akhirnya di tahun ini pengembangan radio terakhirnya berhasil mengirim pesan berita dari Irlandia hingga Argentina.

Sejarah Perkembangan Radio Dari Masa Ke Masa

Sejarah Perkembangan Radio Dari Masa Ke Masa
Source: Radar Bandung

Perkembangan radio dalam penyiaran dengan sekala besar ataupun komersil berkembang pesat hingga pada tahun 1920-an Radio menjadi media alat komunikasi yang sangat populer dan banyak digunakan oleh masyarakat umum.

sejarah perkembangan radio hingga sekarang terdapat berbagai macam pembaruan dan juga digunakan dalam berbagai hal, seperti halnya radio yang digunakan sebagai media komunikasi pada masa peperangan.

Radio memiliki peranan yang sangat penting dalam masa masa peperangan, karena radio merupakan alat yang sangat membatu dalam mengirimkan pesan telegraf, salah satunya digunakan di sektor maritim dengan mengirim sandi morse melalui radio.

Pada masa peperangan Tsushima Angkatan Laut Jepang mengguakan radio ini dalam zona maritim, untuk memata-matai pasukan rusia pada saat itu.

Melihat perkembangan radio yang begitu pesat Guglielmo Marconi menikmati hasil penemuanya itu yang sudah populer dan terkenal. Selain itu Guglielmo Marconi juga melakukan pengamatan pada bidang gelombang pendek dan komunikasi microwave.

Hingga saat ini radio merupakan alat komunikasi yang sangat berguna hingga saat ini, dan radio juga merupakan sabuah alat yang menginspirasi dalam penemuan televisi.

Jenis Jenis Radio Beserta Penjelasannya

Jenis Jenis Radio
Source: HOOKSpace

Berikut ada beberapa jenis radio dan juga penjelasannya:

1. Radio AM (Amplitude Modulation)

Penemu Radio AM (Amplitude Modulation)
Source: Google

Radio jenis ini merupakan radio yang menggunakan prinsip kerja modulasi gelombang radio dan juga gelombang audio. Gelombang radio bekerja sebagai pengantar atau carrier sedangkan gelombang audio bekerja sebgai pembawa informasi.

Jenis radio ini merupakan jenis radio yang dikembangkan oleh Guglielmo Marconi yang mampu mengirim sinyal yang jauh.

2. Radio FM (Frequency Modulation)

Radio FM (Frequency Modulation)
Source: Amazon.com

Radio jenis ini merupakan radio yang memodulasi frequensi gelombang radio yang mana frekuensinya mengikuti gelombang pembawa informasi dan suara.

Perbedaan dari Radio FM dan AM ialah terletak pada modulasinya dimana Radio AM menggunakan amplitudo glombang sedangkan Radio FM menggunakan frekuensi glombang.

Pada tahun 1904, Armstong membangun stasium Radio FM pertama di dunia, dan juga perkembangan Radio FM ini juga menjadi pilihan terbaik untuk saluran komunikasi.

3. Radio Satelit

Radio Satelit
Source: Old Vintage Gallery

Cara kerja radio satelit yaitu mentransmisikan gelombang radio menggunakan sinyal digital yang berbeda dengan sinyal analog pada Radio FM atau AM.

Sinya digital ini bersifat kontinu dan terdiri dari kode biner 0 dan 1. Kaunggulan dari Radio ini adalah memiliki jangkauan yang sangat luas karena radio ini memanfaatkan teknologi satelit.

4. Radio HD (High Definition)

Radio HD (High Definition)
Source: Hammacher Schlemmer

Radio jenis ini merupakan jenis radio yang menggunakan sinyal analog dan digital, yang mana Radio HD ini akan menerima kedua sinyal tersebut dalam satu waktu.

Cara kerja radio ini merupakan caranya paling efsien dan konten yang disiarkan juga bisa lebih banyak pada lokasi yang sama. Selain itu kualitas suara dari Radio HD ini tidak kalah jernih dengan Radio Satelit.

5. Radio Internet

Radio Internet
Source: DID Electrical

Seperti namanya radio ini menggunakan teknologi internet yang mentransmisi sinyal radio melalui internet.

Radio internet ini juga dikenal sebagai net radio, web radio, streaming radio, atau e-radio. Selain itu penyiaran radio yang menggunakan internet disebut sebagai web cabcasting.

Cara kerja radio ini hampir mirip dengan radio konvensional gelombang pendek yang menggunakan medium streaming berupa gelombang konstan.

Kematian Guglielmo Marconi

Setelah kemajuan dan kepopuleran dari hasil kerja keras dan ide yang cemerlang dari penemuan radionya, akhirnya ajal menjemput Guglielmo Marconi.

Pada tanggal tanggal 15 juni 1927, ia meninggal pada umurnya yang ke 53 tahun di Roma, Italia.

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: