Pengertian PC (Personal Computer) – Sejarah, Fungsi, Komponen, DLL

Pengertian PC – perlu kita ketahui PC atau Personal Computer, adalah sebuah istilah yang digunakan pada sebuah komputer. Komputer sendiri sudah menjadi kebutuha penting bagi orang-orang banyak, komputer ini merupakan salah satu perkembangan teknologi yang pada awalnya ada dengan sebutan mikrokomputer.

Hingga sekarang jenis-jenis komputer sendiri sudah banyak seperti: laptop, PC Tablet, dan lain-lannya.

Pengertian PC

komputer pribadi
Source: Pengertian PC

Personal Computer adalah perangkat komputer serba guna yang memiliki ukuran, kemampuan, dan harga tersendiri yang hanya digunakan oleh individu (pribadi) atau person (satu orang).

PC ini berfungsi untuk mengolah data input dan menghasilkan output berupa data/informasi sesuai perintah dari user (pengguna).

Kita bisa lihat perangkat PC ini dilingkungan rumah, toko, kantor, dan tempat lainnya, karena harga dari PC ini sudah relatif terjangkau dan banyak macanya.

Komputer pribadi ini dimaksudkan untuk dioperasikan langsung oleh pengguna akhir, bukan untuk para ahli komputer atau para teknisi. Tidak seperti komputer mini dan mainframe, pengerjaan, pengoperasian dan pembagian waktu oleh banyak orang pada saat yang sama.

Beda juga dengan PC (Personal Computer) diamana ia digunakan oleh peribadi dan dengan waktu yang bebas.

Istilah lain PC (personal komputer) adalah komputer yang merujuk pada komputer yang dapat digunakan dan diperoleh oleh orang-orang dengan mudah. PC ini juga merujuk kepada microkomputer 1 yang sesuai dengan spesifikasi Komputer IBM.

Komputer pribadi pertama kali didistribusi dan dikeluarkan oleh perusahaan IBM dan secara tidak langsung mencetuskan penggunaaan istilan PC (Personal Computer).

Baca juga: Jenis Jenis Komputer Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Sejarah PC (personal computer)

Sejarah Komputer - PC
Source: Jejak WAktu

Adapun istilah dari PC sendiri pertama kali mulai digunakan di majalah pada tahun 1964 benama “New Scientist”, dalam seri artikelnya yang berjudul “The World in 1984”, di tahun 1982 PC ini juga mendapat penghargaan sebagai “Man of The Year”. PC juga muncul di seri lain dengan judul berjudul “The Banishment of Paper Work” ( hilangnya pekerjaan tulis menulis).

Arthur L. Samuel seorang pekerja dari Watson Research Center (Pusat Penelitian Watson) bahwa IBM menulis, “Meskipun manusia memperoleh pendidikan di rumah-rumah dengan PC mereka sendiri, tapi sifat asli mereka tetap tidak akan berubah”

Generasi pertama PC atau mikrokomputer generasi pertama pertama kali keluar pada tahun 70-an, yang hanya dijual dalam jumlah kecil dan diperuntukkan bagi orang-orang yang mampu membeli (membuat, merakit, serta mengoperasikannya sendiri.

Karena waktu itu mikrokomputer masih berkemampuan rendah, dan kurang cakap dalam pengoperasiannya dibandingkan komputer bisnis pada waktu itu.

Sehingga mikrokomputer biasa digunakan oleh para insinyur, orang bidang elektronika, dan para peminat komputer atau orang yang membeli hanya untuk bermain-main dan mengotak-atik dengan mikrokomputer.

Namun begitu mikrokomputer ini tidak berkemampuan tinggi, dan kurang cakap dibandingkan dengan komputer bisnis (Business Computer) pada waktu itu, sehingga hanya digunakan oleh peminat komputer, atau hanya untuk permainan elektronik serta penggunaan bulletin board system.

Seperti pada komputer modern di era chip silikon PC menggunakan mikrokomputer sebagai Unit Pemroses Pusat . Mikroprosesor yang pertama dipakai pada PC IBM adalah Intel4004 yang dikeluarkan pada 15 November 1971.

pengertian PC
Source: Pengertian PC

Pada era komputer menggunakan chip silikon PC yang menggunakan microkomputer sebagai unit pemroses pusat (processor). Microprocessor yang pertama kali digunakan pada PC IBM adalah intel4004, tahun 15 November 1971.

Adapun mikrokomputer generasi kedua yang diproduksi dan juga lebih dikenal sebagai komputer rumah (home computer), PC ini bisa digunakan oleh semua person (perorangan).

Mikrokomputer menjadi sebuah alat untuk perniagaan, PC IBM ini juga menjadi populer tahun 1980an. Salah satu faktor kepopulerannya ialah harga yang rendah, sebagai komputer pribadi rumahan serta untuk bisnis juga.

Mikrokomputer juga sudah memakai program seperti spreadsheet VisiCalc dimana program ini diluncurkan untuk mesin Apple II, dan permainan yang bernama Atari untuk kelompok 8-bit, dan meluncurkan PC yang bernama Commodore PET.

Komponen penting PC (Personal Computer):

Source: Lasbon Technology Indonesia

Berikut ada 3 komponen penting dalam perangkat personal computer (PC):

Hardware

pengertian personal computer
Source: Syntegro

Dalam bahasa Indonesia hardware berarti perangkat keras, yaitu merupakan salah satu komponen dalam sebuah PC. Hardware juga disebut sebagai segala piranti atau komponen penyusun dari sebuah komputer.

Ia memiliki sifat dimana kita bisa melihat komponen secara langsung dengan kasat mata dan bisa diraba secara langsung, hardware yang ada di Laptop seperti layar, keyboard, touchpad, dll.

Fungsi dari hardware ini adalah sebagai pendukung dalam segala proses komputerisasi dan bekerja sesuai perintah oleh Brainware.

Hardware juga dibagi menjadi 3 jenis yakni:

  • Perangkat masukan (Input), yaitu perangkat keras (hardware) masukan yang memberikan perintah langsung untuk perangkat output pada sebuah komputer sebagai pemberi data atau informasi kepada pengguna. Macam-macam perangkat input diantaranya: keyboard, Mouse, Scanner, Joystick, Webcam, Flash drive, CD (Compact Disk) dan lainnya.
  • Perangkat keluaran (Output), yaitu perangkat keras (hardware) yang digunakan untuk menampilkan hasil pengolahan data oleh komputer yang selanjutnya diberikan kepada pengguna. Macam-macam perngkat output diantaranya: monitor, proyektor, VGA adapter, network card, printer, cutting plotter dan lainnya.
  • Perangkat Pemroses, yaitu perangkat keras (hardware) yang berfungsi untuk memproses dan mengolah data masukan yang telah diberikan oleh pengguna. Macam-macam perangkat pemroses (Process Device) diantaranya: CPU, processor, memory, hardisk, motherboard, dan lainnya.

Software

Pengertian software
Source: symmetry magazine

Software adalah kumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, yang berfungsi sebagai pemroses data dan perintah atau intruksi sehingga mendapatkan hasil menjalankan sebagai perintah.

Berbeda halnya dengan hardware, perangkat lunai (software) ini tidak bisa dipegang alias tidak nyata.

Perangkat lunak ini terbagi menjadi beberapa jenis diantaranya:

  • Sistem operasi, yaitu software yang berfungsi untuk mengorganisasikan semua komponen mesin yang ada pada komputer. Contoh : Linux, Windows, Macinthos, dan Unix.
  • Program aplikasi, yaitu suatu software yang ditulis dalam bahasa pemrogramman tertentu dan diterapkan kepada suatu bidang. Contohnya: microsoft Word, microsoft Excel, microsoft Powerpoint, dan lainnya.
  • Utility, yaitu software yang berfungsi sebagai perangkat pembantu dalam sistemoperasi. Contohnya: Google chrome, Mozila firefox, Corel draw, Anti virus, pemutar video/musik, dan linnya.
  • Bahasa pemrograman, yaitu software yang berfungsi sebagai bahasa atau intruksi standar untuk memerintahkan komputer. Contohnya: Java script, PHP, C, C++, Visual basic, Pascal, Phyton, dan bahasa-bahasa lainnya.

Baca juga: Cara Mudah Dual Boot OS Windows Dan OS Linux

Brainware

pengertian Personal Computer
Source: Pixabay

Brainware adalah setiap orang yang menggunakan dan memanfaatkan antara hardware dan software komputer, untuk mengoperasikan atau memberi perintah pada sebuah komputer.

Jika tidak ada brainware atau orang yang menggunakannya maka komputer tidak bisa beroperasi.

Brainware dibagi menjadi beberapa macam diantaranya:

  • Operator, yaitu pengguna yang tugasnya menjalankan dan melayani sistem maupun peralatan yang ada hubungannya dengan perangkat komputer. Contohnya seperti menyiapkan data untuk diakses, merawat sistem komputer, dan lainlainnya.
  • Programmer, yaitu pengguna komputer yang menguasai bahasa pemrograman. Programer juga bisa disebut sebagai orang yang membuat dan petugas yang mempersiapkan program-program yang diperlukan pada sistem komputerisasi yang akan dirancang.
  • Administrator, yaitu pengguna yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem komputer atau jaringan komputer, dan lain-lain.

[1] sebuah kelas komputer yang menggunakan mikroprosesor sebagai CPU utamanya,komputer ini juga dikenal sebagai PC (Personal Computer), Home Computer, atau Small Business Computer.

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: