Software Pengolah Kata Untuk Membantu Pekerjaanmu

Software pengolah kata atau disebut juga word processor adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah kata yang di dalamnya terdapat kegiatan seperti membuat, mengedit, memodifikasi, menyunting, atau mencetak dokumen.

Software ini diaplikasikan untuk pembuatan naskah laporan, brosur, artikel, karya tulis, surat menyurat, proposal, dan lainnya. Software ini juga disebut dengan office (kantor) karena sofware ini bisa melakukan pekerjaan kantor.

Macam Macam Software Pengolah Kata Dari Yang Gratis hingga Berbayar

Software Pengolah Kata
Source: Pxabay

Banyak sekali macam-macam software word processor dari yang free (gratis) hingga yang berbayar. Software pengolah kata ini sangat penting karena membantu kita dalam pekerjaan perkantoran.

Microsoft word merupakan salah satu software pengolah kata yang biasa kita lihat dan banyak orang yang menggunakannya, terutama pada sistem operasi windows. Meskipun pengguna MacOS juga bisa menginstall software ini.

Ada pun untuk para pengguna linux, aplikasi pengolah kata yang biasa digunakan adalah Open Office, WPS Writer atau yang lainnya. Adapun menginstall Microsoft Office di linux dengan wine sangat kurang compatible.

Berikutdaftar beberapa software pengolah kata dari yang gratis hingga berbayar, yang bisa kita gunakan untuk pekerjaan sehari-hari:

Baja JugaApa itu Javascript??

Microsoft Word

Software Pengolah Kata
Source: Yvar

Pasti kita tidak asing lagi dengan sofware pengolah kata ini, karena aplikasi paling banyak digunakan di Windows, MacOS, iOS, ataupun Android.

Bagi pengguna windows, jika kita ingin menggunakannya maka kita harus membayarnya, dan kita juga bisa mencobanya dengan dengan gratis pada pilihan (free to try).

Selain secara legal yaitu dengan membelinya, software ini juga bisa kita dapatkan dengan mudah di internet, namun ini pihak microsoft ini merupakan tidakan ilegal.

Dengan fitur-fitur perkantoran (office) yang lengkap, Microsoft office menjadi aplikasi yang terbaik di dunia. Adapun beberapa keunggulan dan fitur andalan dari microsoft office sebagai berikut:

  1. WYSIWYG (What You See Is What You Get) yaitu sebuah slogan Ms. Word yang berarti bahwa apa yang kamu lihat di layar monitor merupakan apa yang akan ditampilkan pada kertas seteah kita cetak.
  2. Spell Check, yaitu mengecek ejaan untuk menghindari typo.
  3. Text fitur yang terdiri dari jenis, ukuran, dan format huruf, serta fitur teks lainnya.
  4. Page fitur yang terdiri dari penomoran, paragraf, indent, dan lainnya.
  5. Add-ins, yaitu fitur dukunagan aplikasi lain seperti PDF atau Grammarly.

format ekstensi microsoft word adalah .doc (untuk versi 2007 dan di bawahnya) dan .docx (untuk versi 2010 dan di atasnya)

WPS Writer

Software Pengolah Kata

WPS Writer adalah aplikasi pengolah kata yang dikembangkan oleh perusahaan Kingsoft.inc. Aplikasi ini terdiri dari tiga versi yaitu free, premium, dan propesional.

WPS Writer bisa kita gunakan di berbagai operasi sistem seperti Windows, MacOS, Linux, bahkan bisa digunakan di Android.

WPS Writer mirp seperti Ms. Word, sehingga kita tidak membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi dengan pengolah kata ini.

Berikut fitur-fitur dan keunggulan dari WPS Office:

  1. Format file yang disimpan adalah .docx
  2. Fitur penggunaan bahasa (dictionary/spell check) yang bisa kita aktifkan atau di non-aktifkan.
  3. Fitur import seperti pdf to word dan picture to text
  4. Memiliki fitur-fitur yang mirip dengan Ms. Word.
  5. Ukuran file sebelum dan setelah diinstall sangat kecil.
  6. Lebih cepat ketika membuka file dibandingkan Ms. Word.
  7. Tampilan yang mirip dengan Ms. Word.
  8. Ringan untuk penggunaan CPU dan RAM.
  9. bisa terhubung dengan cloud storage.
  10. dan lainnya.

Apache Open Office Writer

Software Pengolah Kata

Software ini bisa menjadi alternatif dari microsoft word karena bersifat open source dan gratis, tidak sedikit orang menggunakan software ini untuk pekerjaan kantor.

Open Office Writer ini tidak sekaya fitur yang dimiliki Ms. Word seperti: grammer checker, word macro, dan animated text.

Namun fitur-fitur yang ada pada Open office writer ini sudah standar dalam pekerjaan perkantoran, selain itu software ini memiliki fitur dan kelebihan yaitu: sederhana, file lebih kecil, write macri, membuat html untuk web, atau membuat file PDF.

Libre Office Writer

Software Pengolah Kata

Libre Office Writer adalah aplikasi pengolah kata yang open source dan gratis, yang dikembangkan oleh The Document Foundation (TDF). Libre Office merupakan aplikasi turunan dari Open Office yang dikembangkan pada tahun 2010.

Akhirnya, Libre Office versi 1 resmi diluncurkan pada tahun 2011 oleh TDF, dan ini sudah diundung sekitar 7,5 juta kali dalam jangka waktu Jnuari – Oktober 2011.

Memiliki fungsi yang hampur sama dengan Ms. Word, dan juga Libre office bisa menyimpan file dengan berbagai format seperti: HTML, XHTML, XML, dan juga PDF.

Corel WordPerfect Office

Software Pengolah Kata
Source: Bia review

WordPerfect adalah aplikasi pengolah kata yang dikembangkan oleh perusahaan Corel Corporation. WordPerfect Office merupakan aplikasi berbayar, namun kita bisa mencobanya dengan free to try.

Seperti aplikasi office pada umumnya WordPerfect office bisa membuat berbagai jenis dokumen untuk pekerjaan kantor seperti surat-menyurat, tabel, laporan, bagan, selebaran, proposal, brosur, newsletter, daftar riwayat hidup, atau dokumen-dokumen hukum.

SoftMaker Office

Software Pengolah Kata
Source: Neowin

SoftMaker Office adalah aplikasi perkantoran yang memiliki tiga versi yaitu free, profesional, atau bisnis. Tentunya versi selain free memiliki fitur yang lebih lengkap.

FItur-fitur yang ada di SoftMaker Office diantaranya:

  1. partical document templates, yaitu untuk membuat kop surat pre-dsigned letterheads, fax forms, dan lain-lain.
  2. dokumen baru dengan automatic numbering, bullets, borders, shadows, dan fill patterns.
  3. dokumen menejer yang bisa mencari kata.
  4. spell checking, hyphenation, dan synonym dictionaries, yang tersedia di versi yang berbayar.
  5. edit dokumen seperti outline view, footnotes, table of contents dan indexes.
  6. terintegrasi dengan address book atau database.

Adobe acrobat 9 pro extended

Software Pengolah Kata
Source: System Requirements

Acrobat 9 Pro Extended adalah aplikasi word processor yang dikembangkan oleh perusahaan Adobe.inc. Aplikasi ini berbayar, sehingga untuk menggunakannya kita harus membeli lisensinya. Tentunya aplikasi ini memiliki segudang fitur-fitur yang disediakan.

Fitur-fitur keunggulan Acrobat 9 Pro extended, diantaranya

  1. Convert ke PDF dengan satu tombol mudah dari Microsoft Word, Excel, PowerPoint, Outlook, Internet Explorer, Proyek, Visio, Access, dan Publisher, serta Autodesk, AutoCAD, dan Lotus Notes
  2. Otomatis mengenali teks dengan teknologi pengenalan karakter optik (optical character recognition / OCR).
  3. Mengarsipkan folder surat atau e-mail dari Microsoft Outlook atau Lotus Notes dalam PDF.
  4. Menkonversi halaman web yang lengkap, Versi PDF dari halaman web mudah dicetak, diarsipkan, mark up, dan share.
  5. dan lainnya.

Atlantis Word Processor

Atlantis adalah aplikasi word processor yang mirip dengan MS.Word dengan dukungan format-format dokumen seperti: .doc, .rtf, .cod, .txt, dan lainnya.

Atlantis juga memiliki fitur-fitur yang kita butuhkan untuk pengolahan kata secara propesional. Selain free (gratis), software ini memiliki ukuran yang ringan dan bisa dibawa dalam USB.

AbiWord

Source: TechREpublic

AbiWord adalah aplikasi pengolah kata yang dikembangkan oleh perusahaan Abisource.inc, lalu diintegrasikan kepada Gnome Office. Software ini bersifat free alias gratis.

AbiWord mirip dengan sofware office Ms.Word dan OpenOffice Writer, sehingga kita bisa dengan mudah menggunakannya. Selain itu AbiWord juga bisa membaca format perkantoran seperti: .doc, .sxw, dan format dokumen umum lainnya.

AbiWord bisa berjalan di berbagai sistem operasi seperti: Windows, Linux, FreeBSD, QNX, atau Solaris, dengan desain yang terintegrasi penuh dengan sistem operasi.

AbiWord juga memiliki ukuran yang kecil dibandingkan dengan Ms.Word sehingga ringan dalam penggunaan RAM dan CPU, dan dapat digunakan dengan sumber daya yang terbatas.

SSuite WordGraph Editor

Source: SSuite Office

WordGraph Editor adalah aplikasi pengolah kata yang termasuk bagian dari software office dari SSuit Office. Selain itu kita bisa menginstall software ini secara terpisah tanpa harus menginstall aplikasi perkantoran SSuit Office.

WordGraph bisa berjalan di berbagai sistem operasi seperti: Windows, MacOS, Linux, dan lainnya, dengan ukuran layar 1024×768. Sedangkan bagi pengguna windows harus memiliki Microsoft Internet Explorer 11.

WordGhraph memiliki fitur standar pengolahan kata seperti seperti software lainnya, namun ia memiliki beberapa fitur khusus diantaranya:

  • PDF creator (membuat PDF)
  • Ilustrasi
  • Grafik
  • Chart
  • Tabel konten dan indeks
  • cloud storage seperti halnya dropbox atau onedrive.
  • Spell check untuk bahasa inggris yang bisa kita aktifkann.

Focus Writer

Source: Gott Code

Focus Writer adalah aplikasi pengolah kata yang dibuat dengan tujuan para penulis bisa fokus dalam menulis, karena aplikasi ini bisa menggunakan mode full screen serta menu yang bisa disembunyikan.

Focus writer memiliki fitur-fitur standar perkantoran seperti yang lainnya, dan juga fitur unggulan seperti: fitur alarm untuk waktu menulis, spell checker, tapi tidak otomatis.

Aplikasi ini bisa berjalan pada sistem operasi: Linux, Windows, atau MacOS.

Write Monkey

Write monkey adalah sofware office yang memiliki tampilan yang ringan, sederhana, dan simpel. Interface pada warna background-nya juga bisa kita sesuailkan terserah kita.

Sama seperti Focus Writer, software ini memiliki mode full screen untuk fokus dalam menulis.

Writer Monkey menyediakan versi berbeda untuk setiap sistem operasi baik itu Windows, MacOS, atau Linux.

Kword

Kword adalah sofware word processor bagian dari KOffice yang memiliki lisensi GPL (General Public License). KWord dikembangkan oleh KDE (K Desktop Environment) salah satu desktop yang digunakan oleh Linux.

KWord juga bisa kita gunakan di berbagai sistem operasi seperti: Linux, Windows, MacOS, dan lainnya.

Selain di atas ada juga software word processor yang bisa kita gunakan seperti: Jarte, AbleWord, RoughtDraft, WordPad, Kural Tamil Software, Typeit, Judoom, dan lainnya.

Baja JugaPerbedaa Antara Google Chrome dan Chromium [Lengkap]

Software Word Processor (pengolah kata) Yang Populer di MacOS:

  1. Microsoft Word
  2. Google Docs Suit
  3. OpenOffice
  4. Scrivener
  5. AbiWord
  6. LibreOffice
  7. Apple Page
  8. Simplenote
  9. Byword
  10. iA Writer
  11. EndNote
  12. FormulatePRo
  13. Final Draft
  14. AppleWork X
  15. Plain Text Editor
  16. Movie Magic Screenwriter

Software Word Processor (pengolah kata) Yang Populer di Android:

  1. Microsoft Word
  2. WPS Office Writer
  3. OfficeSuit
  4. AndOpen Office
  5. Quip: Docs
  6. Writer
  7. Spell Checker Pro
  8. On Notpad
  9. FlexNote
  10. Spell Checker Spelling Boost
  11. Jetcet PDF
  12. Business Card Reader

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: