6 Macam Macam Perangkat Jaringan Komputer

Kemajuan teknologi komputer berkembang pesat seiring dengan kebutuhan masyarakat yang semakin tinggi. Perkembangan tersebut mencakup perangkat jaringan komputer, internet, dan kebutuhan lain yang berhubungan dengan komputer.

Dengan adanya kemajuan dalam bidang perangkat jaringan ini, tentu akan memudahkan berbagai pihak untuk mendapatkan informasi secara real time. Namun perlu dicatat, bahwa harga pembuatan perangkat pada jaringan komputer ini tidaklah murah dan perlu menyiapkan dana lebih.

Cara dan teknik merakitnya juga membutuhkan seseorang yang memang ahli di bidangnya masing-masing agar dapat berjalan dengan baik. Proses merakitnya juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar karena harus memastikan semuanya bekerja dengan normal.

Pengertian Perangkat Jaringan Komputer

Pengertian Perangkat Jaringan Komputer
Source: Pixabay

Perangkat pada jaringan komputer dapat diterjemahkan sebagai sekumpulan komponen yang digunakan pada komputer agar terhubung satu sama lain. Dengan saling terkoneksi satu sama lain, maka akan memudahkan user dalam mengirim maupun menerima file.

Pada umumnya perangkat pada jaringan komputer terdiri atas beberapa perangkat keras dan lunak, hingga jaringan komputer dengan ISP. Seluruh komponen tersebut saling melengkapi satu sama lain sehingga jaringan terbentuk dan digunakan dengan baik.

Baca Juga: Contoh Alamat Email Lengkap Dengan Penjelasannya

Manfaat Perangkat Jaringan Komputer

Manfaat Perangkat Jaringan Komputer
Source: Pixabay

Manfaat yang didapatkan dengan adanya perangkat ini tidak lain adalah memudahkan pekerjaan dalam berbagai aspek. Namun perlu dicatat, bahwa kemudahan ini didukung dengan adanya jaringan komputer berupa koneksi internet dan sejenisnya.

Gabungan antara koneksi internet yang memadai dan perangkat jaringan komputer ini akan menghasilkan kolaborasi yang baik. Di bawah ini merupakan manfaat yang didapatkan dari kolaborasi antar keduanya:

1. Hemat Biaya

Dengan adanya kolaborasi antar keduanya, tentu akan menghemat biaya operasional suatu perusahaan atau tempat kerja. Meskipun di awal harus mengeluarkan biaya yang cukup tinggi di awal, namun akan sebanding dengan manfaat yang didapatkan dalam jangka waktu panjang.

Adanya perangkat jaringan ini akan membuat pekerjaan menjadi praktis, dimana kamu tidak perlu repot-repot mengambil dokumen dan sejenisnya. Di sini kamu tinggal mengandalkan jaringan internet yang memadai untuk menerima dokumen dalam bentuk softfile.

2. Kemudahan Berbagi Data

Tidak dapat dipungkiri bahwa adanya perangkat ini akan memudahkan berbagai pihak dalam berbagi data. Ini sangat penting untuk sebuah perusahaan yang membutuhkan data antara divisi satu dengan yang lainnya dan akan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah.

Agar proses berbagi data berjalan dengan lancar, dibutuhkan server untuk menyimpan macam-macam data tersebut. Nantinya masing-masing akan diberi akses ke server untuk mengunduh, melihat ataupun mengunggah data baru melalui jaringan internet.

3. Komunikasi Antar Divisi Lebih Praktis

Selain menghemat biaya dan kemudahan dalam berbagai data, ada juga manfaat lain yang didapatkan, yaitu mempermudah komunikasi antar divisi satu dengan yang lainnya. Nantinya setiap divisi dan personal bisa berkomunikasi dengan mudah dan efisien.

Kamu juga tidak perlu mendatangi tempat divisi lain untuk menanyakan data ataupun informasi lainnya karena bisa bertukar data sekaligus. Pengecualian jika kamu membutuhkan penjelasan lebih lanjut terkait data yang dirasa cukup mengganjal.

4. Meningkatkan Reliabilitas

Manfaat yang didapatkan selanjutnya berkaitan dengan reliabilitas data suatu perusahaan. Sebagian besar data akan tersimpan di dalam server komputer dan dapat digunakan oleh staff yang memang membutuhkan.

Data yang terdapat di server dapat disalin ke server lain atau server cadangan yang saling terhubung satu sama lain. Ini bertujuan agar jika satu server mengalami masalah, maka bisa mengakses data di server lain yang lebih stabil

5. Mempercepat Integrasi Data

Integrasi data dalam sebuah perusahaan sangatlah penting agar tidak terjadi kesalahan input ataupun output data. Dengan adanya perangkat jaringan komputer ini tentu akan mempermudah integrasi data satu dengan yang lainnya.

Jaringan komputer yang terdapat di perangkat akan memudahkan seseorang untuk terhubung satu sama lain dan mengakses data yang sama. Dengan demikian, perubahan data sedikitpun pasti akan tersinkronisasi dengan baik.

Baca Juga: 7 Manfaat Aplikasi Pengolah Kata Lengkap dengan Penjelasannya

Contoh/Jenis Perangkat Jaringan Komputer

Berikut ada 6 contoh/jenis perangkat jaringan komputer,diantaranya:

1. Server

Server
Source: Pixabay

Server diartikan sebagai perangkat khusus yang digunakan untuk menyimpan cadangan data dan berbagai macam layanan yang dibutuhkan client. Pada umumnya, sebuah server akan memiliki spesifikasi yang tinggi agar kinerjanya lebih maksimal ketika diakses oleh banyak orang.

Umumnya processor yang digunakan sekelas Intel Xeon dengan RAM sebesar 16GB atau lebih. Ini sangat wajar mengingat kegiatan multitasking yang dikerjakan lumayan berat. Adapun sistem operasi yang dijalankan hanya Linux Debian atau Windows Server.

2. Bridge

Bridge
Source: Google

Bridge menjadi perangkat pada jaringan komputer atau yang dikenal sebagai jembatan jaringan ini, umumnya digunakan untuk memperluas jangkauan jaringan dan membuat segmentasi jaringan. Cara kerjanya adalah pada mulanya akan memetakan alamat pada Ethernet yang masuk dari titik segment network.

Nantinya Bridge akan melakukan seleksi dan mengizinkan perpindahan data tertentu saja. Bridge bekerja secara otomatis ketika sudah mengenali alamat MAC yang terdapat pada transmisi jaringan, kemudian akan membuat tabel yang menentukan perizinan data tersebut.

3. Modem

perangkat jaringan komputer modem
Source: Google

Perangkat selanjutnya ada modem yang digunakan untuk mengubah sinyal digital ke sinyal analog atau bisa juga sebaliknya. Data yang terhubung pada komputer yang berasal dari modem biasanya berbentuk sinyal digital, maka harus diubah terlebih dahulu.

Setelah diubah, maka dapat diproses lebih lanjut oleh komputer. Hingga saat ini, sudah terdapat berbagai macam jenis modem yang beredar di pasaran, mulai dari modem USB, ADSL, Mifi, dan lain sebagainya.

4. Router

Router adalah perangkat jaringan komputer
Source: Google

Sekilas, bentuk dari perangkat hampir sama dengan Bridge, namun memiliki fungsi yang berbeda. Perangkat ini berfungsi untuk menghubungkan dua jaringan atau lebih agar proses pengiriman data bisa ke jaringan lain yang saling terhubung satu sama lain.

Adanya perangkat satu ini memungkinkan kamu bisa menghubungkan dua jaringan berbeda, contohnya jaringan 190.168.1.0/24 dengan jaringan 201.202.200.0/.24. Cara kerjanya tidak jauh berbeda dengan Bridge, namun Router ini berada di lapisan ketiga dari OSI.

5. NAS (Network Attached Storage)

NAS (Network Attached Storage)
Source: Google

NAS adalah komponen yang digunakan sebagai ruang penyimpanan yang terhubung dengan jaringan utama. Artinya adalah apabila komputer klien membutuhkan ruang penyimpanan lebih, maka NAS akan berfungsi sebagai penyimpanan tambahan.

Cara kerja NAS tidak jauh berbeda dengan layanan cloud storage, hanya saja kali ini bersifat pribadi. Dapat diterjemahkan bahwa hanya komputer klien dari perusahaan atau kantor yang terhubung dengan jaringan saja yang dapat mengaksesnya.

Baca Juga: 5 Peran Administrasi Infrastruktur Jaringan beserta Contoh dan Software

6. Wireless Card

wireless card
Source: Google

Perangkat satu ini berfungsi untuk menghubungkan dua perangkat berbeda secara nirkabel atau bisa juga tanpa kabel jaringan. Adanya WiFi Card ini memungkinkan dua komputer atau lebih dapat terhubung satu sama lain melalui WiFi.

Pada laptop, umumnya terdapat WiFi Card di dalamnya, sehingga tidak perlu menggunakannya. Namun jika yang tertanam di laptop mengalami masalah, maka kamu bisa menggunakan USB WiFi Adapter sebagai solusinya.

Selain perangkat jaringan komputer yang disebutkan di atas, masih ada lagi perangkat lain yang tidak kalah penting. Ada LAN card, Hub, Switch, dan lain sebagainya. Seluruh komponen tersebut saling terhubung satu sama lain untuk membentuk sebuah jaringan.

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: