Doa Sebelum/Sesudah Makan Sesuai Tuntunan Rasulullah

Doa Sebelum Makan – Aktifitas makan dan minum adalah kebutuhan bagi mahluk hidup yang ada dibumi, sebagai asupan nutrisi dan energi untuk menunjang aktifitas dan pertumbuhan. Menurut penelitian manusia bisa bertahan tanpa makan dan minum selama 4-7 hari, tapi jika manusia minum tanpa makan, maka ia mampu bertahan hingga 21 hari.

Seorang yang bernama Mahatma Gandhi dari India, diceritakan ia mampu bertahan hingga 21 hari hanya dengan minum saja atau menyerap air tanpa makan.

Manusia bertahan lebih lama dengan air, karena air merupakan cairan penting bagi tubuh manusia dan 65% tubuh manusia merupakan cairan. Sel-sel membutuhkan air untuk hidup dan berfungsi dengan baik.

Makan Dalam Tuntunan Islam

Tuntunan makan ala Rasulullah
Source: Pixabay

Dalam ajaran Islam ketika kita hendak makan, maka kita diharuskan untuk membaca doa, karena seorang muslim tidak sekedar makan untuk asupan energi dan nutrisi saja, tapi juga sebagai salah satu tanda kita bersukur kepada sang Khaliq yaitu Allah subhanahu wata’ala, yang menciptakan bumi yang kita tempati ini.

Dalam QS Al Baqarah ayat ke 29 :

Dialah Allah menciptakan segala apa yang ada di bumi untukmu, kemudia Dia (Allah) menuju ke langit. Dan Dia maha mengetahui segala sesuatu.”

Dalam ayat di atas bahwasanya bumi dan apa-apa yang ada didalamnya, entah itu makhluk hidup seperti tumbuhan, dan hewan, ladang, dan lainnya. Diciptakan untuk kamu (Manusia) untuk digunakan dan di manfaatkan.

Sebagaimana dalam QS Al An’am ayat 142

“Dan diantara hewan-hewan ternak itu ada yang dijadikan pengangkut beban dan ada (pula) untuk disembelih. Makanlah rezeki yang diberikan Allah kepadamu, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan, karena sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.”

Allah subhanahu wata’ala memberikan rezeki salah satunya hewan ternak yang bisa kita gunakan dan kita sembelih sebagai makanan, dan tentunya bagi seorang muslim makanan itu halal baginya.

Seorang muslim juga diperintahkan untuk menjauhi dari hal-hal yang haram salah satunya makanan haram, karena syaitan itu mengajak kita kepada hal-hal yang haram, yang menjauhi kita dari Allah.

Begitu pula dengan yang doa yang diajarkan sebelum kita makan itu adalah sebuah kesyukuran kita kepada Allah yang memberikan rezeki berupa makanan.

Dan jangan lah kita seperti orang-orang yang Allah sebutkan dalan QS Al An’am ayat 6:

“Tidakkah mereka memperhatikan berapa banyak generasi sebelum mereka yang telah Kami binasakan, padahal (mereka) telah kami teguhkan kedudukannya di bumi, yaitu keteguhan yang belum pernah Kami berikan kepadamu. Kami curahkan hujan, yang lebat utnuk mereka, dan Kami jadikan sungai-sungai mengalir di bawah mereka, lalu kami binasakan mereka karena dosa-dosa mereka, dan kami ciptakan generasi yang lain setelah mereka.”

Syukur atas nikmat Allah adalah Ibadah, dan hakikat dari Ibadah itu adalah doa yaitu meminta, memohon, dan tunduk kepada Allah subhanahu wata’ala.

Syaitan adalah musuh allah yang menjauhkan kita dari Allah dan menyuruh kita untuk melakukan perbuatan-perbuatan dosa, dan akhirnya akan membinasakan kita.

Doa Dalam Makan

ber-doa sebelum makan
Source: Pixabay

Doa Sebelum Makan atau Minum

Doa sebelum/mau makan adalah ibadah yang telah diajarkan Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasalam, untuk dikerjakan oleh kaum muslimin.

Kita bisa membaca:

Doa sebelum makan


Dengan dalil dari Aisyah radiyallahu ‘anha berkata, Rasulullah shalallahu ‘alihi wasalam bersabda:

… إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ طَعَامًا فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ

“Apabila seseorang diantara kalian makan, maka hendaklah ia mengucapkan Bismillahi…”

Doa ini bersifat umum, yaitu setiap kita mengerjakan perbuatan baik (ibadah) hendaknya kita mengucapkan Basmalah dan mengakhirinya perbuatan dengan Hamdalah. Dalam doa ini mengandung keberkahan dan keutamaan setiap kita mengucapkannya.

Rasulullah juga bersabda “Barangsiapa diberi rezeki makanan oleh Allah subhanahu wata’ala hendaknya ia mengucapkan:

اللّهمّ بَارِكْ لَنَا فِيهِ وأَطعِمنَا خَيرًا مِنهُ
“Ya Allah Berkahilah kami dengan makanan itu dan berilah kami makanan yang lebih baik lagi”

Apabila ada yang memberi rezeki berupa minuman susu, maka membaca:

اللّهمّ بَارِكْ لَنَا فِيهِ وزِدنَا مِنهُ
“Ya Allah berkahilah kami dengan susu ini dan tambahlah keberkahan darinya”

Adapun ketika kita lupa membaca doa sebelum makan, maka hendaknya kita membaca:

بِسْمِ اللهِ فِىِ أَوَّلِهِ وَآخِرِهِ
“Dengan menyebut nama Allah diawal dan diakhirnya”

Adapun doa yang umum kita gunakan yaitu:

Doa sebelum makan

Kita boleh membaca doa yang pertama yaitu basmalah dan juga yang kedua, yang penting sebelum kita beraktifitas atau melakukan seuatu perbuatan minimal kita membaca Basmalah.

Dengan kita berdoa, syaitan tidak akan ikut makan bersama kita, seperti yang di terangkan dalam hadits.

Doa Sesudah Makan

ber-doa setelah makan
Source: Google

Setelah makan juga ada doanya, sebagaimana yang diajarkan oleh Nabi Muhammad shalallahu ‘alihi wasalam.

Doa sesudah makan

Mungkin dari kita ada yang bertanya buat apa sih doa sebelum makan?? apa keutamaannya??. Allah subhanahu wata’ala menyuruh kita untuk berdoa karena disitu pasti ada manfaat dan kebaikan.

Kebaikan, Manfaat, dan Keutamaan Berdoa

keutamaan berdoa makan
Source: Muslim-Okezone

Diatara kebaikan atau pun manfaat dari doa serta keutamaannya yaitu:

  1. Mendapat keberkahan, yaitu bertambahnya kebaikan.
  2. Jika kita tidak membuka suatu perkara atau perbuatan dengan dzikir kepada Allah, dalam hadits di jelaskan bahwa keberkahannya akan terputus.
  3. syaitan tidak ikut makan jika kita membaca doa.
    Suatu ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sedang duduk bersama seseorang yang sedang makan. Orang itu belum menyebut nama Allah hingga makanan yang dia makan itu tinggal sesuap. Ketika dia mengangkat ke mulutnya, dia mengucapkan, ‘Bismillaahi fii awwalihii wa aakhirihi’. Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tertawa dibuatnya seraya bersabda, “Masih saja setan makan bersamanya, tetapi ketika dia menyebut nama Allah maka setan memuntahkan semua yang ada dalam perutnya.” (HR. Abu Dawud dan An-Nasa`i)
  4. Dalam doa sebelum dan setelah makan mengandung permohonan dan permintaan, dan Allah akan mengabulkannya.
    Sebagaimana dalam QS Al Baqarah ayat 186:
    “Dan apabila hamba-hambaku bertanya kepadamu (Muhammad) terntang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa jika ia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperolh kebenaran.”

Adab-adab ketika Makan

Adab ketika makan
Source: Google

Dalam islam ketika kita sedang makan, maka kita harus memperhatikan adab-adab. karena ketika kita malakukan adab-adab seperti yang diajarkan oleh Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasalam, pasti disitu ada manfaat, baik itu untuk kesehatan tubuh, dan juga kebaikan-kebaikan lainnya.

Diantara adab-adab dalam makan yaitu:

  • Makan makanan yang halal,
  • Tidak mencela makanan,
  • Mendahulukan makan daripada shalat, apabila makanan sudah dihidangkan,
  • Tidak menggunakan peralatan makan yang terbuat dari perak atau emas,
  • Disunnahkan menggunakan tiga jari ketika makan,
  • Sebaiknya tidak menyantap makanan yang masih panas atau sangan dingin yang dapat membahayakan tubuh, tunggu hingga makanan hingga layak dimakan,
  • Menyantap makanan dari yang terdekat,
  • Jika makanan jatuh maka Rasulullah mengajarkan untuk mengambilnya, membersihkannya, lalu memakannya,
  • Jika lalat hinggap di suatu minuman maka hendaklah ia mencelupkan lalatnya kemudian di buang. Karena salah satu sayap lalat ada penyakit dan sayap satu lagi ada penawarnya,
  • Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan,
  • Berdoa sebelum makan, seperti yang telah disinggung di atas,
  • Sunnah Rasulullah Menggunakan tangan kanan,
  • Duduk dan tidak bersandar ketika makan,
  • Keberkahan ketika kita makan bersama, atau makan dalam satu tempat,
  • Bersyukur, yaitu membaca doa setelah makan
  • Tidak bernafas ketika hendak meminum air, dan minum dalam 3 tegukan (tidak tergesa-gesa),
  • Berkumur-kumur setelah minum susu,
  • Tidak mubadzir (berlebih-lebihan/boros).

Baca juga : Pembahasan Tentang Najis

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: