Definisi Wirausaha dan Kewirausahaan

Apakah dari kita pernah mencari apa itu makna/definisi dari wirausaha, wirausahawan atau kewirausahaan? Banyak orang mengartikan makna wirausahawan adalah penjual.

Sebenarnya wirausahawan memiliki makna yang lebih luas lagi.

Kali ini kita akan membahas tentang definisi, fungsi, macam-macam, tujuan seorang berwirausaha, dan juga pembahasan tentang kewirausahaan.

Definisi dan Pengertian Wirausaha

definisi wirausaha
Source: Pixabay (definisi wirausaha & kewirausahaan)

Dalam KBBI, kata wirausaha memiliki definisi yang sama seperti wirasuasta yaitu orang yang memiliki bakat atau kepandaian mengenali produk, cara memproduksinya, menyusun operasi pengadaan produk, mengetahui pemasarannya, dan mengatur modal dari operasinya.

Istilah kata wirausaha merupakan gabungan dari beberapa kata yaitu Wira yang artinya (utama, teladan, gagah, berani, luhur, dan pejuang), dan Usaha berarti pencipta kegiatan, berbagi aktivitas bisnis, dan identik dengan Swasta (Swa = Sendiri, Sta = berdiri).

Adapun orang yang menjalankan wirausaha mereka disebut sebagai wirausahawan.

baca juga: Pengertian, Fungsi, Ciri dan Macam-Macam Model Pembelajaran

Berikut definisi atau pengertian dari wirausaha menurut para ahli:

Wirausaha adalah sikap dan kemampuan seseorang untuk menciptakan usaha/produk baru yang menguntungkan dirinya dan orang lain.

Ia juga berani dan mengerahkan sumber daya yang ada mulai dai mengenali produk baru, cara memproduksinya, hingga ahirnya bisa ia pasarkan dan bisa menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai tinggi.

Wirausaha adalah orang yang bisa mecurahkan keseimbangan pasar lalu ia membentuk sesuatu yang baru dan mengambil keuntukan atas perubahan-perubahan yang ia lakukan. (Joseph C. Schumpeter)

Wirausaha adalah orang yang mampu membuat dan merangkai suatu gagasan menjadi kenyataan. (Raymod W.Y. Kao)

Wirausaha merupakan seseorang yang bisa merubah dan mengkonversikan sumber daya ekonomi dan produktifitas dari tingkat rendah hingga tingkat yang lebih tinggi. (Richard Cantillon, 1755)

Menurut pak Syamsudin Suryana definisi wirausaha adalah seorang yang mempunyai karakter percaya diri, pemimpin, kreatif, inovatif, mempertimbangkan resiko, dan orientasinya pada masa depan yaitu tugas dan hasil.

Adapun menurut Prawirokusumo definisi wirausaha adalah mereka yang melakukan usaha-usaha kreatif dan inovatif, ia bisa mengembangkan ide dan meramu sumber daya untuk mendapatkan peluang dan perbaikan dalam hidup.

Orang yang bisa mengelola, mengatur, dan siap menerima resiko dala menciptakan usaha yang baru. (Dan Stein & Jhon F. Burges, 1993)

Seorang inovator yang bisa membuat kesempatan menjadi ide yang memberikan nilai dengan upaya-upaya baik itu berupa waktu, usaha, dan ahlian dalam mendapatkan keuntungan. (Mas’ud Mahfudz & Muhammad, 2004)

Macam-Macam Wirausaha

macam macam wirausaha
Source: Pixabay
  1. Kuliner merupakan wirausaha yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang karena berhubungan dengan makanan.
  2. Usaha fashion juga sama seperti kuliner yang tidak ada habis-habisnya, pakaian menjadi kebutuhan setiap orang, dan setiap hari kreatifitas dalam dunia fashion semakit tak terkontrol.
  3. Bisnis Properti adalah bisnis yang mendesain interior, atau yang berhubungan dengan properti, tentunya kita juga harus memiliki ilmu properti seperti lulusan teknik sipil ataupun lainnya.
  4. Usaha Argoindustri sangat cocok di negara ini karena Indonesia termasuk kedalam negara agraris dan menjadi negara penghasil pertanian ke-2 terbesar di Asia Tenggara. Prospek usaha agraris sangatlah bagus tergantung kreatifitas dan inofasi kita.
  5. Peternakan, usaha ini memiliki pengarung besar pada kehidupan karena menjadi salah satu  sumber konsumsi bagi manusia. Banyak macam-macam peternakan mulai dari  ternak hewan potong (ayam, sapi, kambing, dll), ternak hewan perah (sapi, kambing, dll), budi daya hewan perairan (ikan, alga, udang, tiram, dan hewan air lainnya), dan peternakan serangga (lebah, ulat sutra, jangkrik, ulat sagu, dll).
  6. Handycraft atau Hand Made, yaitu usaha yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, tidak membutuhkan waktu lama, dan kita bisa mengembangkan sumber daya imajinasi kita. Ada beberapa usaha handycraft/hand made yang laku dipasaran seperti: kerajinan dari tas, sepatu rajutan, wadah tisu fanel, bros kain perca, lampu tidur, wadah air, dan kerajinan-kerajinan lainnya.

Ciri Ciri Seorang Wirausahawan

definisi wirausaha
Source: Pixabay
  1. Memiliki sikap berani dalam mengambil resiko,
  2. Memiliki kreatifitas,
  3. Memiliki jiwa kepemimpinan,
  4. Memiliki kepercayaan dalam diri,
  5. Masa depan merupakan orientasi tujuannya,
  6. Memiliki kemauan dan keingintahuan yang tinggi,
  7. Analisis yang tepat,
  8. Terpusat pada tugas dan hasil,
  9. Disiplin.

Fungsi Wirausaha

Fungsi dari wirausaha dibagi menjadi dua bagian yaitu bagian pokok dan bagian tambahan.

Fungsi pokok wirausaha adalah membuat keputusan-keputusan, memutuskan tujuan dan sarana, menetapkan bidang usaha dan pasar, mengatur modal, menentukan pegawai/karyawan, menciptakan trobosan atau cara baru, memasarkan barang atau jasa kita.

Fungsi tambahan wirausaha adalah menciptakan peluang usaha, mengendalikan dan menjaga lingkungan, peduli serta meluangkan atas CSR.

Definisi dan Pengertian Kewirausahaan

pengertian kewirausahaan
Source: Pixabay

Secara umum pengertian/definisi dari kewirausahaan adalah kemampuan risk manager (seorang manajer resiko) dalam mengoptimalkan sumber-sumber yang ada, seperti materi,waktu, itelektual, kreatifitas, dan usaha diri, untuk memberikan nilai padanya.

Kewirausahaan adalah kreatifitas yang menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai setelah sumber-sumber yang ada sudah dioptimalkan. (Robert D.Hisrich)

menurut Peter F. Drucker definisi/pengertian dari kewirausahaan adalah kemampuan dalam menciptakan hal-hal baru dan berbeda.

Kewirausahaan juga merupakan proses mencapai peluang dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan. (Stephen Robins)

Definisi dari pak Salim Siagian tentang kewirausahaan yaitu semangat, kemampuan, dan prilaku yang memberikan dampak positif pada keuntungan diri sendiri atau pelanggan/orang lain. Serta bisa menciptakan dan menyediakan produk yang bermanfaat dengan cara kerja yang berani, kreatif, efektif dan efisien.

Definisi kewirausahaan menurut Drs. Joko Untoro adalah keberanian dalam mengerjakan upaya-upaya dalam memenuhi kebutuhan hidup seseorang. Ia memanfaatkan segala potensi untuk hasil yang lebih baik bagi dirinya ataupun orang lain.

Dalam buku yang berjudul Entrepreneurial Finance (finansial kewirausahaan) yang ditulis oleh J.Leach Ronald Melicher dijelaskan bahwasanya definisi dari kewirausahaan adalah suatu proses dalam sebuah ide yang menjadikan kesempatan komersil dan memiliki nilai (harga) yang harus dibayar.

“Process of changing ideas into commercial opportunities and creating value”

Dalam buku lain yang berjudul Entrepreneurship: Determinant and Policy in European-Us Comparison juga menjelaskan tentang definisi dari kewirausahaan, yaitu proses menguasai, menciptakan, dan mengejar sebuah peluang ekonomi.

“process of perceiving, creating, and pursuing economic opportunities“

Namun dalam buku ini juga mengatakan bahwasanya proses dari kewirausahaan sangat sulit untuk diukur.

Bapak Eddy Soeryanto Soegoto juga mengatakan bahwa sewirausahaan atau dalam bahasa inggrisnya entrepreneurship adalah suatu usaha kreatif yang diciptakan berdasarkan inovasi dalam menghasilkan sesuatu yang baru, dimana ia memiliki nilai, manfaat, dan lapangan kerja yang berguna bagi orang lain.

Tujuan Seseorang Berwirausaha

definisi kewirausahaan
Source: Pixabay

Seorang wirausahawan pastinya memiliki tujuan ketika ia memulai berwirausaha baik itu tujuan untuk dirinya sendiri atau ia berwirausaha untuk kepentingan orang lain.

Secara umum para wirausahawan memiliki tujuan sebagai berikut:

  1. Ia menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi orang lain, menyediakan peluang bagi mereka, dan membantu agar mendapatkan penghasilan sendiri.
  2. Menciptakan jaringan dalam berbisnis dan ia bisa menambah wawasan, dan menyerap banyak keuntungan darinya.
  3. meningkatkan kesejahteraan baik untuk pribadi atau orang lain dengan adanya peluang-peluang usaha dan lapangan kerja yang sudah kita ciptakan.
  4.  memberikan efek penularan dan perkembangan jiwa berwirausaha kepada orang lain.
  5. membantu pengusaha muda untuk mengembangkan kreatifitas dan berinovasi.
Default image
Nabil Tedjamaja
Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: