TEKNOLOGI

Cara Menghindari Kejahatan Cyber saat Bermain Game Online

Menghindari Kejahatan Cyber – Game merupakan salah satu cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu sambil bersosialisasi secara virtual. Namun, bermain game dalam dunia maya juga dapat menjadi gerbang masuknya penjahat. Meski hanya permainan, namun melindungi akun dan diri Anda saat terkoneksi dengan internet tetaplah penting. Ini karena para pemain game merupakan penyumbang korban kejahatan internet terbesar.

Di Negara Tiongkok, kasus penipuan online pada bulan Januari – Maret tahun 2020 tercatat sebanyak 3.243 kasus. 550 kasus diantaranya berasal dari para pemain game online.

Serangan Saat Bermain Game Online

Serangan Saat Bermain Game Online
Source: Google

Anda pasti pernah menyalakan akses mikrofon dan kamera saat bermain game online. Namun tahukah Anda, hal ini dapat dimanfaatkan oleh peretas. Mereka dapat memata-matai Anda dari percakapan yang Anda lakukan di sela-sela permainan dan membaca riwayat obrolan.

Tentu ini berbahaya, terlebih jika Anda tidak melindungi alamat IP saat online. Tetapi apakah peretas dapat menemukan informasi pribadi hanya dari IP saya?

Ya, melalui game online peretas dapat menargetkan alamat IP pemain dengan mudah. Alamat IP merupakan informasi lokasi internet yang menandakan keberadaan Anda. Alamat IP merupakan kode unik yang berbeda pada setiap lokasi. Apabila peretas mengetahui alamat IP asli, mereka dapat dengan mudah menemukan kota atau daerah tempat Anda mengakses internet.

Kemudian, setelah peretas berhasil mendapatkan akun, mereka dapat memanfaatkan detail informasi pada akun tersebut untuk membobol akun lainnya. Akun media sosial adalah akun yang sering mereka ambil setelah berhasil mendapatkan akun game.

Detail informasi tersebut juga dapat digunakan untuk menjadikan Anda target serangan Phising. Mereka juga dapat mengarahkan Anda untuk masuk ke situs web pihak ketiga. Situs tersebut biasanya terlihat seperti situs yang sah dan bertujuan untuk mengelabui pengguna agar membayar transaksi palsu.

Ada pula serangan DDoS yang sering menghantui para pemain game profesional. Serangan DDoS (Distributed Denial of Service memanfaatkan ratusan bahkan ribuan perangkat yang telah terinfeksi Botnet untuk membanjiri Router Anda atau server tempat Anda terhubung dengan permainan. Tentu ini akan merugikan Anda karena menyebabkan terganggu atau terputusnya koneksi saat bermain.

Selain itu, sama seperti kejahatan cyber lainnya, Malware juga dapat menginfeksi perangkat lunak Anda. Ini terjadi saat Anda mengunduh game dari situs P2P secara langsung dan ketika Anda menggunakan software untuk mencurangi permainan.

Para peretas mengetahui game yang sedang populer dan sering kali mereka menaruh umpan agar Anda tertipu dan mengunduh Malware.

Baca Juga: Jenis Jenis Lampu

Celah-celah Peretas Masuk Ke Akun Game

Celah-celah Peretas Masuk Ke Akun Game
Source: Google

Lalu, dari celah mana saja peretas dapat masuk? Berikut daftarnya.

1. Password Yang Lemah

Ini merupakan keteledoran yang sering kali dilakukan para pemain game. Para peretas memiliki kumpulan data berisi kata sandi yang kerap digunakan pengguna internet. Mereka menggunakan data tersebut untuk melakukan serangan Brute Force.

Brute Force adalah percobaan Login secara terus-menerus yang dilakukan oleh ‘bot’ untuk mengambil alih akun korban. Untuk melakukan serangan ini, peretas hanya membutuhkan alamat email Anda. kemudian mereka menggunakan sebuah ‘bot’ untuk mencari kata sandi yang cocok dengan akun Anda.

2. Data dari akun lain

Apabila Anda menggunakan kata sandi yang sama untuk banyak akun, kemungkinan besar Anda akan menjadi korban serangan peretas. Dengan bocornya satu detail akun, maka peretas akan dengan mudah mengambil alih akun yang lain.

3. Kebocoran data (Data breach)

Platform besar pun masih rentan akan kebocoran data. Data-data tersebut biasanya dijual ke Dark Web dan kemudian digunakan oleh peretas lainnya. Maka dari itu, penting untuk mengenkripsi data asli Anda meski sedang bermain game pada Platform besar.

4. Pembuatan Skrip Lalu Lintas Situs (Cross-site scripting)

Ini merupakan jenis serangan yang banyak digunakan oleh peretas untuk mencuri detail Login Anda. Beberapa server web tidak mengkonfirmasi ulang otentikasi data saat bertukar informasi. Celah inilah yang kemudian dimanfaatkan peretas. Mereka memasukkan skrip ke User Interface dan dapat menyalin informasi yang Anda ketik.

Cara Menghindar Dan Melindungi Diri Dari Kejahatan Cyber

menghindari kejahatan cyber
Source : Google

Anda dapat melakukan langkah pencegahan sederhana untuk menghindari dan melindungi diri dari serangan yang dilancarkan para peretas. Dibawah ini diantaranya:

  1. Hanya bermain di situs web resmi termasuk jika Anda membeli apa pun yang terkait dengan permainan. Jangan pernah klik atau mengunduh tautan yang mengarah pada situs web pihak ketiga.
  2. Jangan pernah menanggapi email atau permintaan pesan langsung yang menanyakan atau meminta informasi perbankan, keuangan atau data sensitif lainnya. Meskipun pesan tersebut tampak seperti Platform game yang Anda mainkan.
  3. Gunakan kata sandi yang kuat dan berbeda untuk setiap akun. Selalu biasakan diri Anda menggunakan kata sandi dari gabungan angka, huruf kecil dan kapital pada setiap akun.
  4. Aktifkan faktor otentikasi dua arah untuk memastikan hanya Anda yang memiliki otoritas untuk masuk akun game.
  5. Gunakan VPN setiap kali bermain game online. Sangat penting untuk mengenkripsi data asli Anda saat berselancar di internet termasuk bermain game. Dengan begitu, apabila Platform gim mengalami kebocoran data, maka informasi pribadi Anda tetap aman karena terenkripsi otomatis. Selain itu, cara ini juga dapat melindungi Anda dari serangan DDoS.
  6. Gunakan antivirus dan perbarui secara berkala. Antivirus dapat memberikan perlindungan keamanan untuk mencegah masuknya virus sebelum menginfeksi perangkat.
  7. Jangan menggunakan kartu kredit saat berbelanja merchandise game. Kartu kredit merupakan sasaran yang empuk bagi peretas untuk menghabiskan uang Anda.

Baca Juga: Pengertian, Fungsi, dan Jenis Jenis Sensor Proximity

Kesimpulan

Meski hanya permainan, namun game online merupakan wadah yang nyaman bagi peretas dan botnet untuk bersarang. Ini terbukti dengan banyaknya korban kejahatan cyber yang didominasi oleh pemain game. Kata sandi lemah, masuk dalam jebakan Phising dan menggunakan software untuk mencurangi permainan adalah gerbang untuk masuknya peretas.

Selalu lindungi diri Anda dengan langkah sederhana seperti membuat Password unik, tidak menanggapi umpan peretas dan menambah lapisan keamanan. Jangan biarkan hobi Anda justru menjadi pintu masuk bagi peretas untuk masuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: